ANALISA KELAYAKAN SIMPANG EMPAT TAK BERSINYAL MENGGUNAKAN MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA

Authors

  • Sugeng Yani Widodo Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Yosef Cahyo Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Sigit Winarto Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Agata Iwan Candra Fakultas Teknik Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/jurmateks.v3i1.900

Keywords:

Analysis, DMA, DMI, Unsigned Four Intersection, MKJI

Abstract

The transportation problem is one of the main issues that are difficult to solve in several big cities. When congestion occurs, it can disrupt community activities. We already know that "congestion will cause various negative impacts, both on the driver and in terms of the economy and environment. The intersection of four highways, Blitar City, East Java, has the intensity of a dependable vehicle. This is because around the area, and there are markets, residential areas, public force terminals, and squares. Besides that, the place is accessible to public transportation from Blitar City to Malang City. In this study, the authors conducted a field survey of traffic flow, road geometry, and side barriers during rush hour during sunny weather for seven days at the intersection. From the results of the analysis, minor paths have disrupted major pathways and caused delays of 35%. This figure has exceeded the requirements recommended by MKJI 1997. From the results of this study, it can also be an evaluation material so that in the future, the intersection of four Highway, Blitar City, East Java, can be functioned better.


Masalah transportasi adalah salah satu masalah utama yang tidak mudah dipecahkan di beberapa kota besar. Pada saat kemacetan terjadi bisa menggangu aktifitas masyarakat. Telah kita ketahui, bahwa kemacetan akan menimbulkan berbagai dampak negatif, baik terhadap pengemudi maupun ditinjau dari segi ekonomi dan lingkungan. Simpang empat Jl. Raya Barat, Kota Blitar, Jawa Timur merupakan salah satu persimpangan dengan intensitas kendaraan yang cukup padat. Hal ini disebabkan karena disekitar simpang empat tersebut terdapat pasar, pemukiman penduduk, terminal angkot, alun – alun. Selain itu, simpang empat tersebut merupakan akses untuk angkutan umum dari Kota Blitar menuju Kota Malang. Pada penelitian ini penulis melakukan survey lapangan terhadap arus lalulintas, geometri jalan, dan hambatan samping pada jam sibuk saat cuaca cerah selama 7 hari pada simpang empat tersebut. Dari hasil analisa, jalur minor sudah mengganggu jalur mayor dan menyebabkan tundaan sebesar 35%. Angka ini sudah melampaui syarat yang dianjurkan oleh MKJI 1997. Dari hasil penelitian ini juga dapat menjadi bahan evaluasi agar kedepannya simpang empat Jl. Raya Barat, Kota Blitar, Jawa Timur, bisa difungsikan dengan lebih baik.

References

B. L. Suparna, T. W. Panggabean, and S. Mude, “Potensi Penggunaan Limbah Kelapa Sawit sebagai Agregat Pengisi Pada Campuran Hot Rolled Sheet-Base,†Univ. Gajah Mada, vol. 14, no. 2, pp. 87–96, 2014.

S. Sunarjono, “Evaluasi Engineering Bahan Perkerasan Jalan Menggunakan Rap Dan Foamed Bitumen,†J. Eco Rekayasa, vol. 2, no. 2, pp. 65–71, 2006.

A. L. Toruan, O. H. Kaseke, L. F. Kereh, and T. K. Sendow, “Jenis Maksimum Campuran,†J. Sipil Statik, vol. 1, no. 3, pp. 190–195, 2013.

B. Edison, “Karakteristik Campuran Aspal Panas (Asphalt Concrete-Binder Course) Menggunakan Aspal Polimer,†J. Aptek, vol. 2, no. 1, pp. 60–71, 2014.

A. Muldiyanto, “Uji Stabilitas Terhadap Flow Campuran Aspal Dengan Marshall Test (Kadar Aspal 5 % , Penetrasi 60/70),†J. Pengemb. Rekayasa dan Teknol., vol. 13, no. 1, p. 11, 2011, doi: 10.26623/jprt.v14i1.535.

F. A. Yusuf, A. Ridwan, and Y. C. S. P, “PENELITIAN PENAMBAHAN BAHAN SERBUK DOLOMITE DAN PASIR BRANTAS PADA CAMPURAN ASPAL BETON,†Jurmateks, vol. 2, no. 2, pp. 205–214, 2019.

T. Kinerja and C. Hrs, “PENGARUH PENGGUNAAN SERBUK GENTENG SEBAGAI FILLER TERHADAP KINERJA CAMPURAN HRS WC 1 Imam Darmawan 2 , Roeswan Soediro, Djoko Purwanto 3,†vol. 12, no. April, pp. 17–24, 2003.

A. I. Candra, S. W. Mudjanarko, and P. Vitasmoro, “Analysis of the Ratio of Coarse Aggregate to Porous Asphalt Mixture ANALYSIS of THE RATIO of COARSE AGGREGATE to POROUS ASPHALT MIXTURE,†J. Phys. Conf. Ser., pp. 1–6, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1569/4/042029.

F. Nursandah, “Laston Ac-Wc Terhadap Karakteristik Marshall,†vol. 4, no. 2, pp. 262–267, 2019.

A. I. Candra et al., “PENGECEKAN KELAYAKAN BANGUNAN GEDUNG SMA NEGERI 1 KOTA KEDIRI YANG DIGUNAKAN UNTUK AKTIFITAS BELAJAR BELAJAR,†Ukarst J. Univ. Kadiri Ris. Tek. Sipil, vol. 2, no. 2, pp. 108–116, 2019.

C. Khairani, S. M. Saleh, and S. Sugiarto, “Uji Marshall Pada Campuran Asphalt Concrete Binder Course (Ac-Bc) Dengan Tambahan Parutan Ban Bekas,†J. Tek. Sipil, vol. 1, no. 3, pp. 559–570, 2018, doi: 10.24815/jts.v1i3.9995.

A. Tahir, “Karakteristik campuran beton aspal (ACWC) dengan menggunakan variasi kadar filler abu terbang batu bara,†J. SMARTek, vol. 7, no. 4, pp. 256–278, 2009, doi: 10.1016/j.gie.2010.04.009.

A. Guncoro, A. Ridwan, Y. C. S. P, and A. I. Candra, “PREBANDINGAN STABILITAS ASPAL MENGGUNAKAN AGREGAT KASAR BATU BELAH DAN BATU GAMPING,†Jurmateks, vol. 2, no. 2, pp. 310–321, 2019.

Supriadi, Y. C. S. P, A. Ridwan, and A. I. Candra, “PENELITIAN PENAMBAHAN BAHAN BATU PADAS PADA CAMPURAN ASPAL BETON,†Jurmateks, vol. 2, no. 1, pp. 154–163, 2019.

N. Suaryana, I. Susanto, Y. Ronny, and I. R. Sembayang, “Evaluasi Kinerja Campuran Beraspal dengan Bitumen Hasil Ekstraksi Penuh dari Asbuton,†Media Komun. Tek. Sipil, vol. 24, no. 1, p. 62, 2018, doi: 10.14710/mkts.v24i1.18175.

B. Afriyanto, I. E. Wahyu, and P. Hardini, “Pengaruh Limbah Plastik Low Density Polyethylene,†J. Transp., vol. Vol.19 No., no. 1, pp. 59–66, 2019.

R. A. Hamzah, O. H. Kaseke, and M. M. Manoppo, “Kriteria Marshall Pada Campuran Beraspal Panas Jenis Lapis Tipis Aspal Beton – Lapis Aus Gradasi,†J. Sipil Statik, vol. 4, no. 7, pp. 447–452, 2016.

P. C. Ator et al., “Kriteria Marshall Pada Campuran Lapis Aspal Beton-Lapis Antara Bergradasi Halus,†vol. 3, no. 12, pp. 813–820, 2015.

S. Subekti, “Pengolahan limbah cair tahu menjadi biogas sebagai bahan bakar alternatif,†Pros. Semin. Nas. Sains dan Teknol. ke-2, no. 1, pp. 61–66, 2011.

C. Bearing, “Optimasi Kadar Aspal pada Stabilisasi Tanah Pasir Menggunakan Aspal dengan,†vol. 14, no. 2, pp. 127–132, 2011.

M. Zaenuri, R. Romadhon, and A. Gunarto, “Penelitian Penggunaan Batu Gamping Sebagai Agregat Kasar Dan Filler Pada Aspal Campuran Ac-Bc,†UKaRsT, vol. 2, no. 1, p. 26, 2018, doi: 10.30737/ukarst.v2i1.357.

A. Kurniawan, S. Winarto, and Y. C. S. P, “STUDI PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN PADA RUAS JALAN JALUR LINTAS SELATAN GIRIWOYO – DUWET STA. 10+000 – STA. 15+000,†Jurmateks, vol. 2, no. 1, pp. 39–50, 2019.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles