Penjadwalan Pengiriman Produk Minuman Kemasan Dengan Menggunakan Metode Shipping Operation Diagram Pada PT.XYZ

Authors

  • Ashry Amalia Hidayanti Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Widyatama
  • Fadhil Hafidz Fauzan Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Widyatama
  • M. Farhan Algifari Damanik Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Widyatama
  • Muchammad Fauzi Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.30737/jurmatis.v4i1.1882

Keywords:

Cycle Issue, Delivery, Kanban, Shipping Operation Diagram

Abstract

Companies in serving consumers must comply with the requested orders such as timeliness in delivery and product quality is very important. PT. XYZ has problems in scheduling deliveries to avoid delays. Delays in product delivery will cause consumers to feel disadvantaged and will experience a buildup of goods in the storage area, this can happen because the delivery schedule has not been well structured. The purpose of this study is expected to be an initial solution in handling product delivery cases so that there are no delays in the delivery process. The method used in this research to overcome problems in scheduling is the Shipping Operation Diagram method in determining the arrival pattern of goods transport vehicles arrive at a predetermined time, calculating the length of time delays in delivery, and improving information tools so that the delivery schedule is on time. Based on the results obtained, deliveries will be made from 08.00 to 16.00, with a break time of only one hour from 12.00 – 13.00. The truck carrying capacity is 2261. There are 4 shipments of products to each destination for 1 day. Subsequent deliveries will be made at 08.30 the next day. The expected results using the Shipping Operation Diagram method can be used to adjust the arrival time of goods transport vehicles and arrange so that there is no buildup in the storage area.

Perusahaan dalam melayani konsumen harus sesuai berdasarkan pesanan yang diminta seperti ketepatan waktu dalam pengiriman dan kualitas produk sangatlah penting. PT. XYZ mengalami permasalahan dalam penjadwalan pengiriman untuk menghindari adanya keterlambatan. Keterlambatan dalam pengiriman produk akan menyebabkan konsumen merasa dirugikan serta akan mengalami penumpukan barang didalam area penyimpanan, hal itu bisa terjadi dikarenakan jadwal pengiriman belum tersusun dengan baik. Tujuan penelitian ini diharapkan bisa menjadi solusi awal dalam menangani kasus pengiriman produk agar tidak terjadinya keterlambatan dalam 

proses pengiriman. Metode yang digunakan dalam penilitian ini untuk mengatasi permasalan dalam penjadwalan yaitu metode Shipping Operation Diagram dalam menentukan pola kedatangan kendaraan angkutan barang untuk tiba pada waktu yang telah ditentukan, menghitung lama waktu keterlambatan dalam pengiriman, dan memperbaiki alat informasi agar jadwal pengiriman tepat waktu. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh pengiriman akan dilakukan pada pukul 08.00 hingga pukul 16.00, dengan break time hanya satu jam pada pukul 12.00 – 13.00. Kapasitas angkut truknya sebanyak 2261. Pengiriman produk ke masing-masing tujuan selama 1 hari terdapat 4 kali pengiriman. Pengiriman selanjutnya dilakukan pada pukul 08.30 keesokan harinya. Hasil yang diharapkan dengan menggunakan metode Shipping Operation Diagram bisa dijadikan untuk mengatur waktu kedatangan kendaraan angkutan barang dan mengatur agar tidak terjadi penumpukan didalam area penyimpanan.

References

D. V. Arista, “Penjadwalan Pengiriman Produk Jadi dengan Menggunakan Model Binary Integer Programming di PT.XYZ,†pp. 1–102, 2009.

A. Sutoni and D. Agustian (Universitas Suryakancana), “Penjadwalan Pengiriman Produk Kaos Oleh C.V. Chronicle Mart Kepada Sub Distributor Cianjur Dengan Mengunakan Metoda Drp (Distribution Requirement Planning),†J. Manaj. Ind. Dan Logistik, vol. 1, no. 2, p. 137, 2017, doi: 10.30988/jmil.v1i2.24.

M. Servqual, D. A. N. Qfd, and D. I. Pt, “Konsumen Pemasar Gap 1 Gap 3,†J. Tekmapro, 2009.

A. N. Lubis, “Peranan Saluran Distribusi Dalam Pemasaran Produk Dan Jasa,†e-USU Repos., pp. 1–14, 2004.

A. R. Nasution et al., “PENGIRIMAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA J & T EXPRESS DI KOTA MEDAN ( Studi Pada Cabang Besar / Drop Point Krakatau Medan ),†2020.

A. R. Onny Setyono, “PERANCANGAN SISTEM RUTE DAN PENJADWALAN PENGIRIMAN BARANG di PT. Karya Mandiri Kencana Surabaya,†Pros. Semin. Nas. Manaj. Teknol. III, 2006.

A. G. Wibowo and A. P. Wicaksono, “Rancang Bangun Aplikasi untuk Menentukan Jalur Terpendek Rumah Sakit di Purbalingga dengan Metode Algoritma Dijkstra ( An Application Design for Determining the Shortest Path of Hospital in Purbalingga Using Dijkstra Algorithm Method ),†Juita, vol. II, no. 1, pp. 21–35, 2012.

H. Hendro, I. A. Imdam, and J. Anjarsari, “Pengaturan Jam Kedatangan Truk Dengan Menggunakan Shipping Operation Diagram Di Pt Xyz,†J. Integr., vol. 11, no. 2, pp. 119–124, 2019, doi: 10.30871/ji.v11i2.1664.

R. Pambudi, “Sistem Informasi Jasa Pengiriman Barang CV. Duta Twin Abadi,†2015.

C. Studies, O. Cv, and K. Abadi, “Analisis Saluran Distribusi Kayu (Studi Kasus Di Cv. Karya Abadi, Manado),†J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 6, no. 3, pp. 1748–1757, 2018, doi: 10.35794/emba.v6i3.20444.

S. Rohman and F. W. Abdul, “Pengaruh Pelayanan Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Ninja Express Di Masa Pandemi Covid-19,†J. Logistik Indones., vol. 5, no. 1, pp. 73–85, 2021.

M. Rizki, “Upaya Menghindari Demurage Dalam Kegiatanpelaksanaan Bongkar Muat Kapal Pada PT. Samudra Indonesia Jakarta,†2021.

N. A. Saputri, “Laporan Tugas Akhir,†Univ. Muhamhmadiyah Gersik, vol. 01, pp. 1–7, 2017.

I. N. Azizah, R. N. Lestari, and H. H. Purba, “Penerapan Metode Quality Function Deployment dalam Memenuhi Kepuasan Konsumen pada Industri Komponen Otomotif,†J. Tek. Ind., vol. 19, no. 2, p. 127, 2018, doi: 10.22219/jtiumm.vol19.no2.127-136.

F. TSAMARATUL, “Metode Milkrun Delivery untuk Mengurangi Frekuensi Kedatangan Kendaraan dalam Proses Pengiriman Barang ke Customer oleh PT. Sumisho Global Logistics†2019.

F. A. Yasin and R. P. Sari, “Perancangan Sistem Informasi Pergudangan dengan Metode Framework for The Application System Thinking (Fast) Berbasis VBA Macro Excel (Studi Kasus PT. Meidoh Indonesia),†STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 5, no. 2, p. 191, 2020, doi: 10.30998/string.v5i2.7803.

C. G. Tombeg, “Perancangan dan Penerapan Kanban di PT . X,†vol. 5, no. 2, pp. 165–172, 2017.

Herlina, “Universitas Indonesia Universitas Indonesia Jakarta,†Fmipa Ui, no. 1990, pp. 39–58, 2012.

F. T. Industri, “Peningkatan Service Level dan Penurunan Waktu Siklus Truk Angkutan Semen dengan Pertimbangan Stock Criticality dan Segmentasi Jam Berangkat,†2016.

M. B. Nugroho, “Optimasi Jumlah Tenaga Kerja Berdasarkan Waktu Standard,†J. Sstem Tek. Ind., vol. 53, no. 9, pp. 10–14, 2017, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-01-01

How to Cite

[1]
A. A. Hidayanti, F. H. Fauzan, M. F. A. Damanik, and M. Fauzi, “Penjadwalan Pengiriman Produk Minuman Kemasan Dengan Menggunakan Metode Shipping Operation Diagram Pada PT.XYZ”, JURMATIS, vol. 4, no. 1, pp. 14–25, Jan. 2022.

Issue

Section

Articles