ANALISA UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN POTENSI BAHAYA KEBAKARAN STUDI KASUS DI RSUD GAMBIRAN KOTA KEDIRI TAHUN 2016

Ary Firman Sanjoto(1*), Ana Komari(2), Sri Rahayuningsih(3),

(1) Jurusan Teknik Industri, Universitas Kadiri
(2) Jurusan Teknik Industri, Universitas Kadiri
(3) Jurusan Teknik Industri, Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian semi-kuantitatif dengan desain observasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah upaya pencegahan dan penanggulangan terhadap bahaya kebakaran yang ada di RSUD Gambiran Kediri. Kebakaran merupakan sesuatu bencana yang disebabkan oleh api atau pembakaran tidak sesuai prosedur yang dapat membahayakan nyawa manusia, bangunan atau ekologi yang bisa terjadi secara sengaja ataupun tidak sengaja. Terjadinya api dapat disebabkan oleh adanya sumber panas yang berasal dari berbagai bentuk energi yang dapat mejadi sumber penyulutan. Variabel yang diteliti adalah sistem deteksi dan alarm kebakaran, sistem sprinkler, APAR, sistem hidran, sistem proteksi pasif, sarana penyelamatan jiwa, akses pemadam kebakaran, manajemen keselamatan dan kebakaran gedung. Cara ukur yang digunakan untuk semua variabel adalah dengan observasi, alat ukur yang digunakan adalah ceklist, dan hasil ukurnya adalah menunjukkan ada/tidak ada ataupun sesuai/tidak sesuai. Untuk variabel sistem deteksi dan alarm kebakaran 100% sesuai standar, variabel sistem sprinkler 60% sesuai standar, variabel APAR 87,5% sesuai standar, variabel sistem hidran 75% sesuai standar, variabel sistem proteksi pasif 80% sesuai standar, variabel sarana penyelamatan jiwa 100% sesuai standar, variabel akses pemadam kebakaran 50% sesuai standar, dan variabel MKKG 100% sesuai standar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata sebesar 84,4% sudah sesuai dengan standar dan 15,6% belum sesuai dengan standar. Standar yang digunakan adalah PerMen PU No.26/PRT/M/2008.

 

Kata Kunci: APAR, kebakaran, Rumah Sakit


Full Text:

PDF

References


Anonymous. (2016), Definisi, Tugas Dan Fungsi Rumah Sakit Menurut WHO [Online]. Available : https://kedaiobatcocc.wordpress.com/2010/05/24/definisi-tugas-danfungsi-rumah-sakit-menurut-who/ [Accesed 27 Maret 2016].

Anonymous. (2016), Kebakaran [Online]. Available: https://ms.wikipedia.org/wiki/Kebakaran 2016 [Accesed 27 Maret 2016].

Anonymous. (2016), Sistem Penanggulangan Bancana Kebakaran 2016 [Online]. Available : http://www.rumahsakitislam.com/news/102.html [Accesed 27 Maret 2016].

Departemen Pekerjaan Umum. (2008). Persyaratan Teknis Sistem Proteksi

Kebakaran Pada Bangunan Gedung dan Lingkungan. Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Iswara, I. (2011), Analisis Risiko Kebakaran Di Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre Tahun 2011. Universitas Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI. (2012), Pedoman Teknis Prasarana Rumah Sakit Sistem Proteksi Kebakaran Aktif. Direktorat Bina Pelayanan Penunjang Medik dan Sarana Kesehatan.

Kementerian Kesehatan RI. (2012), Pedoman Teknis Prasarana Rumah Sakit Sistem Proteksi Kebakaran Aktif,”APAR”. Direktorat Bina Pelayanan Penunjang Medik dan Sarana Kesehatan.

Kementerian Kesehatan RI. (2012), Pedoman Teknis Prasarana Rumah Sakit Sistem Proteksi Kebakaran Aktif,’’Pengertian Api”. Direktorat Bina Pelayanan Penunjang Medik dan Sarana Kesehatan.

Kementerian Kesehatan RI. (2012), Pedoman Teknis Prasarana Rumah Sakit Sistem Proteksi Kebakaran Aktif, “Pengertian Kebakaran”. Direktorat Bina Pelayanan Penunjang Medik dan Sarana Kesehatan.


Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.