PENGEMBANGAN MODEL SERVICE QUALITY PADA INDUSTRI JASA OTOMOTIF DI ”EIFISIENSI TOUR AND TRAVEL” TULUNGAGUNG

tali roso susilo(1*), sri rahayuningsih(2), heribertus budi santoso(3),

(1) Fakultas Teknik Program Studi Teknik Industri Universitas Kadiri.
(2) Fakultas Teknik Program Studi Teknik Industri,Universitas Kadiri.
(3) Fakultas Teknik Program Studi Teknik Industri,Universitas Kadiri.
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam penelitian ini dilakukan analisis pengembangan model service kualiti pada penyedia jasa transportasi darat yaitu Eifisiensi Tour and Travel yang berkedudukan di desa Wajak Kidul Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung, yang menggunakan strategi pemasaran jasa terutama berkaitan dengan kualitas pelayanan agar dalam persaingan bisnis tidak mengalami kegagalan. Tetapi dalam kenyataannya di lapangan masih banyak hal-hal yang berkaitan dengan kualitas pelayanan diabaikan oleh Eifisiensi Tour and Travel hal tersebut terbukti dengan peristiwa yang terjadi pada daftar keluhan pelanggang yang cukup banyak. Tanggapan konsumen tentang pelayanan Eifisiensi Tour and Trafel menilai kebersihan dan kenyamanan memang bisa di unggulkan seperti kelas bisnis dan eksekutif, tetapi kelemahan Eifisiensi Tour and Trafel masalah quality control, terdapat pada kondisi pengendara yang kurang memenuhi tingkat keselamatan penumpang serta kurang rapihnya jadwal perjalanan yang dilakukan dan sering kali molor dari jadwal yang telah disepakati.

Dalam penelitian ini mengacu pada metode survei dilakukan dengan cara menghimpun informasi dari sampel yang diperoleh dari suatu tempat dengan tujuan untuk melakukan generalisasi sejauh populasi darimana sampel tersebut diambil. Dalam penelitian tugas akhir ini, penulis melakukan penelitian di perusahaan penyedia jasa transportasi”Eifisiensi Tour and Travel” desa Wajak Kidul Tulungagung mengacu pada pengembangan model servis quality. Proses penelitian menggunakan wawancara, dokumentasi dan kuesioner, dengan jumlah 35 responden.

Penelitian ini lebih efektif dengan hasil dari perhitungan t hitung > t table: maka Ho di tolak, artinya berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. hasil 4.927 . 2.021: maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan CV. Eifisiensi Jaya kepuasan pelanggan sebagai bentuk penggunaan model Service Quality.

 

Kata Kunci: Service Quality, Jasa Otomotif, kepuasan pelanggan


Full Text:

PDF

References


A, Usmara. 2003. Strategi Baru Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Amoro Book.

Amirullah, 2002, Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit: Graha Ilmu, Yogyakarta.

Brown, A.S. 1995. What Customers Value Most. John Wiley & Sons. Denver, Colorado.

Buchari Alma, 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: CV. Alfabeta.

Fandy Tjiptono. 2002. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi.

Fandy Tjiptono. 2004. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi.

Fandy Tjiptono. 2006. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi.

Jonathan, Sarwono. 2004. Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS. Andi, Yogyakarta.

Kotler dan Keller, 2006, Marketing Management. New Jersey: Pearson Prentice Hall Inc.

Kotler, P., J. Bowen dan J. Makens. 1996. Marketing for Hospitality and Tourism. Prentice Hall, New York.

Kotler, Phillip dan Gary Amstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran, jilid 2, edisi ke-8, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : PT. Salemba Empat.


Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.