PARTISIPASI KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 7 KEDIRI DALAM PERSPEKTIF PELAYANAN PUBLIK

Djoko Susanto(1*), Mashuri Mashuri(2), Fauziah Hanum(3),

(1) Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri Indonesia
(2) Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri Indonesia
(3) Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Keberadaan Komite  sebagai wakil masyarakat, oleh karena itu keanggotaanya terdiri dari berbagai unsur masyarakat yang diharapkan dapat berpartisipasi dalam pengelolaan sekolah (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2016). Komite mempunyai tugas dan fungsi sebagai pemberi pertimbangan, membantu penggalangan dana dan melakukan kontrol terhadap sekolah. Memahami karakter permasalahan sebagaimana tersebut diatas, yang menuntut data dan jawaban deskriptif dan maka untuk dapat menjawabnya digunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu pendekatan penelitian yang mengedepankan datanya diperoleh dari observasi dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian diuji dengan uji validasi data (keabsahan data/triangulasi), yang kemudian dianalisis dengan analisis interaktif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : a. Memberikan pertimbangan kepada kepala sekolah melalui rapat-rapat atau pertemuan komite, b. melakukan penggalangan dana guna untuk kepentingan sekolah sepanjang yang menjadi kewenangan komiite, c. menampung dan meneruskan saran atau kritik yang membangun kepada pihak sekolah, dan d. melaksanakan fungsi kontrol terhadap pengelolaan.  

 

Kata Kunci: Komite Sekolah; Tugas dan fungsi; Partisipasi


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 2017. Kebijakan Pendidikan dan Menengah dalam Perspektif Government di Indonesia, Malang : CCB. Press.

Baedowi, Ahmad. 2015. Manajemen Sekolah Efektif : Pengalaman Sekolah Sukma Bangsa, Jakarta : PT. Pustaka Alvabeta.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2004). Acuan Operasional dan Indikator Kinerja Komite Sekolah. Jakarta: Depdiknas Dikdasmen.

Direktorat Tenaga Kependudukan. 2008. Pendekatan, Jenis dan Penelitian, Pendidikan, Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.

Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik, Jakarta : Bumi Aksara.

Heru Sukoco. 2009. Peran Manajerial Komite Sekolah dalam Penyelenggaraan Pendidikan di SMA Negeri 2 Biak Kota Provinsi Papua. Tesis Magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kemendiknas Nomar 044 / U / 2002 tentang Komite Sekolah.

Muzaqi, A. H., Pratama, M. R., & Widodo, S. (2020). Strategi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Penyandang Disabilitas Netra Melalui Kebijakan Ingklusif. Journal Publicuho, 3(3), 381–393.

Pramono, T., Suwarno, S., & Widodo, S. (2020). Strategi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Untuk Mencapai Program Kerja Organisasi Di Universitas Kadiri. Mediasosian, 4(1).

Suwarno, S., Widodo, S., Pramono, T., & Bramantyo, R. Y. (2020). Peningkatan Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Kediri dalam Perspektif Ujian Nasional. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 43–50.

Tambunan, T. T. H. (2011). ‘Indonesia: Building an Inclusive Development Mode’, in Zhang, Y., F. Kimura and S. Oum (eds.), Moving Toward a New Development Model for East Asia- The Role of Domestic Policy and Regional Cooperation. In ERIA Research Project Report. ERIA.

Thieme, C., Prior, D., & Tortosa-Ausina, E. (2013). A multilevel decomposition of school performance using robust nonparametric frontier techniques. Economics of Education Review, 32, 104–121.

Yulianti. 2006. Partisipasi Masyarakat dalam Perbaikan dan Pemeliharaan Lingkungan Permukiman di Kelurahan Batu Sembilan Kecamatan Tanjungpinang Timur




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/mediasosian.v4i2.1204

Article Metrics

Abstract view : 253 times
PDF - 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Mediasosian licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.