UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEFEKTIFKAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI SMA NEGERI 2 PARE KABUPATEN KEDIRI

Muhammad Tamyiz(1*), Suko Susilo(2),

(1) Pascasarjana IAI Tribakti Kediri
(2) Pascasarjana IAI Tribakti Kediri
(*) Corresponding Author

Abstract


Fokus penelitian ini adalah 1) upaya kepala sekolah dalam mengefektifkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan di SMA Negeri 2 Pare Kabupaten Kediri; 2) Sejumlah faktor pendukung dan penghambat dalam upaya Kepala Sekolah mengefektifkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan di SMA Negeri 2 Pare Kabupaten Kediri, dan 3) hasil yang dicapai dari upaya-upaya kepala sekolah dalam mengefektifkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan di SMA Negeri 2 Pare Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan sejumlah fenomena yang ada di lapangan. Hasil dan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Kepala Sekolah berperan sebagai Educator (pendidik), Manajer, Administrator, Supervisor, pemimpin (Leader), Innovator, dan Motivator (2) Faktor pendukung: Jumlah tenaga pendidik dan kependidikan yang besar, Jumlah siswa yang besar, Sarana dan prasarana yang lengkap, Status sekolah negeri. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi adanya konflik antar anggota organisasi sekolah, kompleksitas permasalahan layanan, administrasi inventarisasi barang, dan lemahnya dukungan masyarakat (3) Hasil dari upaya kepala sekolah mengefektifkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan adalah Jumlah siswa yang terus meningkat, Pemenuhan sarana dan prasarana yang lengkap, Peningkatan jenjang taraf pendidikan para tenaga pendidik dan kependidikan, Peningkatan prestasi tenaga pendidik dan kependidikan akademik dan non akademik baik ditingkat daerah maupun ditingkat Nasional.  

 

Kata Kunci: Efektifitas Kinerja; Tenaga Pendidik; Sekolah.

 

Abstract

The focus of this research is 1) the principal's efforts to streamline the performance of teaching and education staff in Senior High School 2 Pare; 2) A number of supporting and inhibiting factors in the efforts of the Principal to streamline the performance of teaching and education personnel at Senior High School 2 Pare, and 3) the results achieved from the efforts of the principal in making the performance of teachers and education personnel effective at Senior High School 2 Pare. This research was conducted using a qualitative approach in order to describe or describe a number of phenomena that exist in the field. The results and data analysis can be concluded that (1) the principal acts as an educator (educator), manager, administrator, supervisor, leader (leader), innovator, and motivator (2) supporting factors: large number of educators and education personnel, number of students large, complete facilities and infrastructure, status of public schools. While the inhibiting factors include the existence of conflicts between members of the school organization, the complexity of service problems, the administration of inventory of goods, and weak community support. , Increasing the level of education of teaching staff and education, Increasing the achievement of teaching staff and academic and non-academic both at the regional and national levels.

 

Keywords: Performance Effectiveness; Teacher; School.


Full Text:

PDF

References


Ayuni, F. N. (2015). Pemahaman guru terhadap pendekatan saintifik (scientific approach) dalam pembelajaran geografi. Jurnal Geografi Gea, 15(2).

Fajrin, I. Q., & Susilo, H. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Karyawan Pabrik Gula Kebon Agung Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 61(4), 117–124.

Fattah, N. (2019). Landasan manajemen pendidikan.

Manullang, M. (2006). Manajemen Personalia. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Nuryandini, L. (2013). PENGARUH PEMBERIAN INSENTIF BERDASARKAN PRESTASI KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN DI LINGKUNGAN DIREKTORAT PRODUKSI DIVISI OPERASI DEPARTEMEN FINAL ASSEMBLY PT. DIRGANTARA INDONESIA. Universitas Pendidikan Indonesia.

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.

Rusli, W. (2013). Sistem Pendidikan Islam Menurut Hos Cokroaminoto (Konsep Muslim Nasional Onderwijs, Historis Dan Globalisasi). Jurnal Kependidikan, 1(1), 45–63.

Saat, S. (2014). Guru: status dan kedudukannya di sekolah dan dalam masyarakat. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 102–113.

Samsudin, S. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia, CV. Pustaka Setia, Bandung.

Sarimaya, F. (2008). Sertifikasi Guru, Apa, mengapa dan bagaimana. Bandung: Yrama Widya.

Sisdiknas, U. U. (2008). Himpunan Perundang-undangan RI tentang sistem pendidikan nasional (SISDIKNAS) undang-undang RI No. 20 tahun 2003 beserta penjelasannya. Bandung: Nuansa Aulia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. PT. Alfabet.

Sumiati, E. S. (2018). Manajemen tenaga kependidikan madrasah: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/mediasosian.v5i1.1675

Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF - 168 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Mediasosian licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.