PRAKTIK PELAYANAN PUBLIK DI DAERAH : OPTIMALISASI PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN KINERJA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH DI KABUPATEN NGANJUK

Berlian Tyasotyaningarum(1*), Ajie Hanif Muzaqi(2),

(1) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri
(2) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Reformasi pelayanan publik di Kabupaten Nganjuk dilakukan dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang efektif dan efisien. Pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat secara esensial menunjang implementasi pelaksanaan otonomi daerah yang dilandasi oleh budaya kerja yang tinggi. Oleh karena itu penting sekali untuk dianalisis terkait bagaimana optimalisasi penyelenggaraan pelayanan publik dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang efektif dan efisien berdasarkan kinerja OPD di Kabupaten Nganjuk.  Analisis menggunakan indikator kinerja yang berorientasi pada hasil. Indikator kinerja berorientasi pada hasil dipilih karena kawasan prioritas berisi kinerjadan hasil kualitas pelayanan pubik. Aspek indikator kerja yang dipilih adalah efektivitas dan kepuasan. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan kualitatif berdasarkan kajian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa teori-teori relevan diperoleh dengan metode telaah pustaka. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa teori-teori relevan diperoleh dengan metode telaah pustaka. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja pemerintah daerah Kabupaten Nganjuk dalam peningkatan pelayanan publik sudah dilakukan secara optimal. Dimana target dalam rencana kerja semua terpenuhi. Selain itu program peningkatan pelayanan publik sudah sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran di Kabupaten Nganjuk. Dengan demikian, program capaian kinerja pada peningkatan pelayanan masyarakat dapat dikatakan efektif

 

Kata Kunci: Pelayanan Publik; Kinerja; Kabupaten Nganjuk

 

Abstract

Public service reform in Nganjuk Regency is carried out in realizing effective and efficient government governance. The implementation of services to the community essentially supports the implementation of regional autonomy which is based on a high work culture. Therefore, it is very important to analyze in relation to how to optimize the implementation of public services in realizing effective and efficient government governance based on the performance of OPD in Nganjuk Regency. The analysis uses performance indicators that are results-oriented. Results-oriented performance indicators were chosen because the priority area contains the performance and results of the quality of public services. Aspects of the selected work indicators are effectiveness and satisfaction. The approach used in this paper is a qualitative approach based on literature review. The data collection method used is secondary data in the form of relevant theories obtained by the literature review method. The data collection method used is secondary data in the form of relevant theories obtained by the literature review method. Based on the results of the analysis, it shows that the performance of the local government of Nganjuk Regency in improving public services has been done optimally. Where the targets in the work plan are all met. In addition, the public service improvement program is in accordance with the vision, mission, goals and objectives in Nganjuk Regency. Thus, the performance achievement program in improving community services can be said to be effective

 

Keywords: Public service; Performance; Nganjuk Regency


Full Text:

PDF

References


Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.

Inspektorat Daerah. (2019). Laporan Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pemerintah Kabupaten Nganjuk Tahun 2019. 284.

Keban, Y. T. (2004). Enam dimensi strategis administrasi publik. Konsep, Teori Dan Isu, Jakarta: Gava Media.

Kurniawan, R. C. (2016). Tantangan Kualitas Pelayanan Publik Pada Pemerintah Daerah. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik Dan Pembangunan, 7(1), 15.

Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Akademi Manajemen Perusahaan YKPN, Yogyakarta.

Mahsun, M. (2006). Pengukuran kinerja sektor publik. Yogyakarta: BPFE.

Menpan. (2004). Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Jakarta.

Oliver, R. L., & Rust, R. T. (1994). Service quality: Insights and managerial implication from the frontier. Journal of Service Quality, 15(4), 32–43.

Osborne, D. (1993). Reinventing government. Public Productivity & Management Review, 349–356.

Pemerintah Kabupaten Nganjuk. (2018). RENCANA STRATEGIS SEKERTARIAT DAERAH KABUPATEN NGANJUK TAHUN 2018-2023. 1–26.

Puspitasari, F. F. (2019). Implementasi Pelayanan Prima Sebagai Upaya Meningkatkan Marketing Sekolah. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 4(1).

Ratminto, & Winarsih, A. S. (2007). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta.

Sedarmayanti. (2004). Good governance (kepemerintahan yang baik): bagian kedua: membangun sistem manajemen kinerja guna meningkatkan produktivitas menuju good governance (kepemerintahan yang baik). Mandar Maju.

Sekertariat Daerah Kabupaten Nganjuk. (2019). Rencana Kerja Sekertariat Daerah Tahun 2020. 7(26).

Sudarmanto, K. (2009). Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sulistiyani, A. T., & Rosidah. (2003). Manajemen sumber daya manusia: konsep, teori dan pengembangan dalam konteks organisasi publik. Graha Ilmu.

Sutopo, A. S. (2003). Pelayanan Prima, Modul Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan I dan II. Lembaga Administrasi Negara.

Wood, J. A. (2008). The effect of buyers’ perceptions of environmental uncertainty on satisfaction and loyalty. Journal of Marketing Theory and Practice, 16(4), 309–320.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/mediasosian.v5i1.1701

Article Metrics

Abstract view : 356 times
PDF - 317 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Mediasosian licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.