PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT TK. IV 05.07.02 KEDIRI

Authors

  • Is Prihatiningsih FISIP Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v1i1.180

Abstract

Seluruh organ tubuh manusia dapat menjalankan aktivitasnya sehari-hari
tanpa adanya keluhan yang berarti kesehatan harus senantiasa dijaga dan diperhatikan oleh setiap individu. Bentuk kesadaran masyarakat terhadap kesehatan yang terus meningkat dari hari ke hari, menuntut institusi dan insan kesehatan untuk mengimbanginya melalui cara peningkatan sarana prasarana, pelayanan kesehatan baik fisik maupun non fisik, peningkatan kualitas sumber daya tenaga medis dan paramedis. Sejalan dengan keinginan dan tuntutan masyarakat tersebut, rumah sakit memiliki peran yang sangat strategic dalam
upaya, mempecepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Paradigma baru pelayanan kesehatan mensyaratkan rumah sakit memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai kebutuhan dan keinginan pasien dengan tetap berpedoman pada kode etik profesi dan medis. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Tingkat IV 05.07.02 Kediri dengan pendekatan kuanititatif, dan untuk mengetahui pengaruh antara variabel pelayanan dan kepuasan pelayanan, digunakan analisis Korelasi Product Moment, dengan tingkat kesalahan 5 %, Ada pengaruh yang positip antara Kualitas Pelayanan yang berpedoman pada akuntabilitas, citra positif, pengendalian terhadap Kepuasan Pasien Pegawai atas dasar Hubungan, Kenyamanan dan Keterjangkauan di Rumah Sakit IV 05.07.02 Kediri.

Downloads

PlumX Metrics

Published

01-04-2017

How to Cite

Prihatiningsih, I. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT TK. IV 05.07.02 KEDIRI. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 1(1). https://doi.org/10.30737/mediasosian.v1i1.180

Issue

Section

Articles