STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA KEDIRI

Authors

  • Silvirgin Latisia Magister Ilmu Administrasi Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v1i2.202

Abstract

This study aimed to describe the strategy DinKop UMKM in empowering Micro, Small, and Medium Enterprises ( UMKM) which focused on the trade sector. In this case, the marketing mechanism which became one of the benchmarks in the development of UMKM. Moreover, empowerment conducted by DinKop UMKM should be maximized to increase the capacity of human resources in order to produce innovative products. In empowering micro, small, and medium-needed three phases which initials, participators phase, and phase emancipatory. This research method is descriptive qualitative. Data collection instruments are interviews and observations on location and also based on documents/ records/reports and legislation relating to the matter being investigated. The focus of this research is based on the initial phase, the phase of the participatory, emancipatory phase. These results indicate that the empowerment strategy DinKop UMKM in empowering Small, Mikro, and Medium Enterprises is not running optimally. Empowerment undertaken by the government in the initial phase is quite a role in providing training and counseling. The next step of participatory society and government have collaborated in developing UMKM. While the government is still constrained emancipatory phase of the provision of facilities and infrastructure in the development of UMKM.

References

Arsyad, L, 2007, Petani Desa dan Kemiskinan. BPFE, Yogyakarta

Badan Pengembangan Indistri Kecil, 2004, Program Lima Tahun Pengembangan

Industri Kecil dan Menengah pada PELITA VI

Bank Indonesia. 2011. Five Finger Philosophy:Upaya Memberdayakan UMKM,

(online),(http://www.bi.go.id/web/id/UMKMBI/Koordinasi/Filosofi+Lima+Jari/,diakses 3 oktober 2011)

Certo, Samuel & Peter, Paul, 2000, Strategi Managemen. Mc Graw Hill,

New York.

Diskop Jatim. 2010. Sinkronisasi Pembangungan KUMKM. (online),

(http://lensa.diskopjatim.go.id/liputan-khusus/23-liputan-khusus/175-sinkronisasipembangunan-kumkm.html, diakses 10 oktober 2011)

Drucker, Peter F, 2002, Managing for the Future. Truman Talley Books,

New York

Ermawati, E, 2004, Subkontrak dan Implikasinya Terhadap Pekerja Perempuan.

Akatiga, Bandung

Fred, David, 2005, Concept of Strategi Management. Macmilan Publishing Co,

New York

Galeri UKM. 2011. Kriteria Usaha Mikro Kecil dan Menengah, (Online),

(http://galeriukm.web.id/news/kriteria-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-umkm,diakses 1 oktober 2011)

Harsono, 2010, Manajemen Pabrik. Balai Aksara, Jakarta

Hidayat, Hamid, 2011, Masalah Struktur Agraria dan Kedudukan Sosial Ekonomi

Masyarakat di Desa Pujon. Thesis IPB, Bogor

Kotler, P, 2010, Manajemen Pemasaran Analisa, Perencanaan dan Pengendalian.

Erlangga, Jakarta

Kuncoro, M, 2007, Ekonomi Pembangunan. AMP YKPN, Yogyakarta

Kusnadi, M, 2011, Penggunaan Sumber Daya dan Partisipasi Masyarakat

Terhadap Lembaga Pelayanan di Pedesaan DAS Kunto. Thesis IPB, Bogor

Sabirin, S. 2001. Pemanfaatan Kredit Mikro untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Rakyat di dalam Era Otonomi Daerah. Orasi Ilmiah Lustrum IX Universitas Andalas, Padang, 13 September2001.

Setyobudi, Andang. 2007. Peran serta Bank Indonesia dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Buletin Hukum Perbankan dan Kebanksentralan, Volume 5, nomor 2, Agustus 2007. Jakarta: Bank Indonesia.

Sudaryanto dan Hanim,Anifatul. 2002. Evaluasi kesiapan UKM Menyongsong Pasar Bebas Asean(AFTA) : Analisis Perspektif dan Tinjauan Teoritis. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, Vol 1 No 2, Desember 2002

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, Bandung : Alfabeta.

Suwarsono, 2004, Management Strategik, Pengantar Proses Berfikir Strategik.

Bina Aksara, Jakarta

Suyanto, M. 2005. Artikel, Aplikasi IT untuk UKM Menghadapi Persaingan Global. Yogyakarta

Umar, Husen, 2009, Riset Strategi Perusahaan. Pt. Gramedia Pustaka, Jakarta

Vredenberg, J, 1984, Metode dan Teknik Penelitian Masyarakat, Jakarta : PT Gramedia

Undang-undangRepublik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah

Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian (Lembaga Negara Tahun 1992 Nomor 116, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3611)

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1998 tentang Pembinaan dan pengembangan Usaha Kecil

Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2005 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah

Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 1 Tahun 2007 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2007

Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Modal Penyertaan Melalui Program Pemberdayaan Kepada Koperasi, Usaha Mikro, Kecin Dan Menengah

Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 6 Tahun 2008 tentang Struktur Organisasi Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah;

Peraturan Walikota Kediri Nomor 51 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Walikota Kediri Nomor 72 Tahun 2008 tentang uraian Tugas Pokok dan Fungsi dan Tata Kerja Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kota Kediri.

Soekanto, Sarjono. 1983. Teori Sosiologi Tentang Interaksi Sosial. Jakarta: Gahlia.

Downloads

PlumX Metrics

How to Cite

Latisia, S. (2019). STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA KEDIRI. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 1(2). https://doi.org/10.30737/mediasosian.v1i2.202