PELAKSANAAN PELAYANAN PRIMA DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN KEDIRI

Authors

  • Teguh Pramono Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri
  • Djoko Susanto Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri
  • Elly Widiarti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v5i2.2069

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pelayanan prima di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kediri, serta mendeskripsikan dan menganalisis faktor yang mendukung atau menghambat pelaksanaan pelayanan prima di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kediri. Fokus dalam penelitian ini meliputi sikap (attitude), kemampuan (ability), perhatian (attention), tindakan (action), tanggung jawab (accountability), dan penampilan (appearance). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara dan observasi yang ditulis dalam catatan lapangan. Keabsahan data dikaji dengan 2 metode yakni trianggulasi dan ketekunan pengamatan. Sementara itu, teknik analisis data mengacu pada Miles dan Huberman (2018). Kesimpulan yang dapat ditarik yaitu pelaksanaan pelayanan prima di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kediri belum sepenuhnya 100% baik , masih ada beberapa yang perlu diperbaiki dan dievaluasi. Hambatan yang ditemui adalah sumber daya manusia yang tidak sebanding dengan pemohon dan sarana dan prasarana.

 

Kata Kunci: Pelayanan Prima, Disdukcapil, Hambatan, Sikap, Penampilan

 

Abstract

 

This study aims to describe and analyze the implementation of excellent service at the Kediri Regency Population and Civil Registry Office, as well as describe and analyze the factors that support or hinder the implementation of excellent service at the Kediri Regency Population and Civil Registry Office. The focus in this study includes attitude, ability, attention, action, accountability, and appearance. The approach used in this study is qualitative. Data collection techniques in this study include interviews and observations written in field notes. The validity of the data was assessed by 2 methods, namely triangulation, and persistence of observation. Meanwhile, the data analysis technique refers to Miles and Huberman (2018). The conclusion that can be drawn is that the implementation of excellent service at the Kediri Regency Population and Civil Registry Office is not yet 100% good, there are still some that need to be improved and evaluated. The obstacles encountered are human resources that are not comparable to the applicant and facilities and infrastructure.

 

Keywords: Excellent Service, Department of Population and Civil Registry, Barriers, Attitudes, Appearance.

References

Ahdhan, R. D. 2017. Implementasi Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser. Jurnal Universitas Mulawarman, 2185-2199.

Dwimawanti, I. H. 2004. Kualitas Pelayanan Publik (Salah Satu Parameter Keberhasilan Otonomi Daerah).

Dwiyanto, A. 2018. Manajemen Pelayanan Publik: Peduli Inklusif Dan Kolaborasi.

Ibrahim, H. 2019. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya.

Miles, M. B. 2014. Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd.

Moleong, L. J. 2004. Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya,

N. Hisbani, M. K. 2015. Penerapan Inovasi Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Enrekang. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik,

Rahardjo, M. 2011. Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.

Rukayat, Y. 2018. Kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di kecamatan pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Administrasi.

S. Saggaf, R. S. 2014. Pelayanan Fungsi Administrasi Perkantoran Modern. Jurnal Ad'ministrare, 20-27.

Semil, N. 2018. Pelayanan prima instansi pemerintah: kajian kritis pada sistem pelayanan publik di Indonesia. -: Prenada Media.

Sofyan, A. 2013. Kinerja Pelayanan Kependudukan Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Uniyap, 141890.

Taufan, A. 2020. KEGIATAN PELAYANAN DI KANTOR KESYAHBANDARAN DAN OTORITAS PELABUHAN PELAYARAN KELAS II CILACAP. Karya Tulis.

Downloads

PlumX Metrics

Published

29-09-2021

How to Cite

Pramono, T., Susanto, D., & Widiarti, E. (2021). PELAKSANAAN PELAYANAN PRIMA DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN KEDIRI. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 5(2), 177–185. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v5i2.2069

Most read articles by the same author(s)