IMPLEMENTASI PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA DI KABUPATEN TRENGGALEK

Authors

  • Berlian Tyasotyaningarum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri
  • Arsita Putri Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v5i2.2076

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penelitian ini digambarkan secara jelas dan mendetail terkait implementasi (PTSP) dalam mewujudkan pelayanan prima di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Trenggalek. Data diperoleh dari sumber primer dan sekunder. Informan dalam penelitian ini terdiri dari empat (4) informan kunci, tiga (3) informan pendukung, dan adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan secara keseluruhan Implementasi PTSP di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu untuk kepengurusan pelayanan perizinan sudah dilakukan sesuai dengan SOP dan regulasi yang ada. Komunikasi yang dilakukan antar atasan dan bawahan tentang implementasi juga sudah sesuai dengan aturan, dan komukasi yang dilakukan dengan masyarkat pun juga sudah menyeluruh. Serta untuk waktu penyelesaian, dan biaya terkait pelayanan perizinan juga sudah diatur sesuai dengan SOP yang sudah berlaku. Dilengkapi juga berbagai fasilitas yang lengkap yang ada di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu sebagai penunjang kepuasan dan kenyamanan masyarakat.

 

Kata Kunci: Implementasi Progam, PTSP, Pelayanan Prima.

 

Abstract

This study uses a qualitative method, this research is described clearly and in detail related to the implementation (PTSP) in realizing excellent service at the Office of Investment and One Stop Integrated Services, Trenggalek Regency. Data obtained from primary and secondary sources. The informants in this study consisted of four (4) key informants, three (3) supporting informants, and the data collection techniques in this study were observation, interviews, and documentation. The results of the study show that the overall implementation of PTSP in the Office of Investment and One Stop Integrated Services for the management of licensing services has been carried out in accordance with existing SOPs and regulations. Communication between superiors and subordinates regarding implementation is also in accordance with the rules, and communication with the community is also comprehensive. As well as for the completion time, and costs related to licensing services have also been regulated in accordance with the SOP that is already in effect. It is also equipped with various complete facilities available at the Investment Service and One-Stop Integrated Service as a support for community satisfaction and comfort.

 

Keywords: Program Implementation, PTSP, Excellent Service.

References

Afriansah . (2016). Penggunaan Software ATLAS.ti Sebagai Alat Bantu Proses Analisis Data Kualtatif. Pendidikan Matematika , 56.

Agustino. (2006). Analisis Kebijakan Publik. Jakarta: Rineka Cipta.

Akib. (2010). Implementasi Kebijakan. Administrasi Publik, 2.

Alfiyani. (2020).

Dwiyanto. (2017). Manajemen Pelayanan Publik (2nd ed.).

Yogyakarta: Gadjah Mada University Press , Anggota IKAPI, Anggota APPTI.

Ginting dkk. (2018). IMPLEMENTASI PELAYANAN TERPADU SATU PINTU NON-PERIZINAN DIUKUR DARI KEPUASAN MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT. Responsive, I, 45-55.

Kamarni. (2011). Analisis pelayanan publik terhadap masyarakat. Manajemen dan Kewirausahaan, III, 89.

kanedi dkk. (2017). sistem untuk peningkatan kepuasan pengunjung pada perpustakan arsip dan dokumentasi kota Bengkulu. Pseudocode, IV, 38.

Kurniawan . (2016). Tantangan kualitas publik pada pemerintah daerah. Adminitrasi Publik dan pembangunan , VII, 16.

Moenir. (2001). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia (5nd ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

PERBUP. (2017).

Sabatier. (1986). Top-Down and Bottom-Up Approaches to Implementation Research: a Critical Analysis and Suggested Synthesis. Public Policy, 21-48.

Sugiyono . (2017). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Supriyatno. (2020). Kabupaten Trenggalek Raih Empat Penghargaan. Retrieved Februari Jum'at, 2021

Wahab. (2012). Analisis Kebijakan dari formulasi ke penyusunan model-model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo. (2020). Lomba Inovasi Tatanan Normal Baru, Trenggalek Borong 4 Penghargaan. Trenggalek: KOMPAS.com.

Downloads

PlumX Metrics

Published

29-09-2021

How to Cite

Tyasotyaningarum, B., & Putri, A. (2021). IMPLEMENTASI PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA DI KABUPATEN TRENGGALEK. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 5(2), 201–213. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v5i2.2076