PELAKSANAAN ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS DI KABUPATEN TRENGGALEK (STUDI IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN TRENGGALEK NO 18 TAHUN 2013 TENTANG ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS DAN PRASARANA PERLENGKAPAN JALAN)

Authors

  • Heri Prasetyo Prodi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kadiri, Indonesia
  • Teguh Pramono Prodi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kadiri, Indonesia
  • Fendy Artha Prissando Prodi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kadiri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v6i1.2465

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan Andalalin Di Kabupaten Trenggalek sebagai dampak diberlakukannya Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Trenggalek No 18 Tahun 2013 Tentang Analisis Dampak Lalu Lintas dan Prasarana Perlengkapan Jalan. Pendekatan penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang terdiri dari Pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek serta instansi terkait yang terlibat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan, penarikan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini kurangnya sosialisasi yang diberikan mengenai perihal kebijakan Andalalin, terbatasnya SDM yang memiliki kualifikasi Penilai Andalalin yang dimiliki oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek maupun instansi terkait, yang menjadikan pelaksanaan tidak efektif dan tidak efisien, belum adanya monetoring dan evaluasi di lapangan terhadap pelaksanaan rekomendasi andalalin, lemahnya pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek, serta tidak adanya sanksi yang tegas diberikan oleh Dinas Perhubungan kepada Pengembang/ Pembangun yang tidak patuh melaksanakan izin andalalin.

 

Kata Kunci: Implementasi; Kebijakan Publik; Peraturan Daerah; Andalalin

References

Agustino, L. (2008). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Alfabeta.

Ashary, R. (2013). Implementasi Kebijakan Parkir Kota Surabaya (Study pada Dinas Perhubungan Kota Surabaya terhadap Pelaksanaan Tempat Parkir di Jalan Blauran). Universitas Brawijaya.

Gibson, James. , L., J. M. , Ivancevich., & H., Donnelly. , Jr. (2008). Organisasi dan Manajemen, Perilaku, Struktur, dan proses, terjemahan oleh Joerban Wahid. Erlangga.

Hamzah, A. (2008). Azas-Azas Hukum Pidana. Rineka Cipta.

Helnanda, P. (2018). Efektivitas Penyelenggaraan Analisis Dampak Lalu Lintas (Studi Izin Usaha Hotel Di Kota Dumai).

Kotler, P., & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, . PT. Indeks .

Larastiti, S., & Yulianto, B. (2015). Kinerja Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) di Kota Surakarta. Jurnal Teknik Sipil.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Johnny Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publication.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Bupati Trenggalek Nomor 20 Tahun 2015 Tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Bupati Trenggalek Nomor 74 Tahun 2014 Tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2015, (2015).

Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Trenggalek No 18 Tahun 2013 Tentang Analisis Dampak Lalu Lintas dan Prasarana Perlengkapan Jalan.

Styawan, A., SP, Y. C., & Ridwan, A. (2019). Analisis Dampak Lalu Lintas Revitalisasi Pasar Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Jurnal Manajemen Teknologi & Teknik Sipil, 2(2), 190–202.

Sumajouw, J., Sompie, B. F., & Timboeleng, J. A. (2013). Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) Kawasan Kampus Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 3(2).

Downloads

PlumX Metrics

Published

03-04-2022

How to Cite

Prasetyo, H., Pramono, T., & Prissando, F. A. (2022). PELAKSANAAN ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS DI KABUPATEN TRENGGALEK (STUDI IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN TRENGGALEK NO 18 TAHUN 2013 TENTANG ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS DAN PRASARANA PERLENGKAPAN JALAN). Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 6(1), 188–202. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v6i1.2465

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>