HUBUNGAN KERJA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DENGAN PEMERINTAH DESA GURAH KABUPATEN KEDIRI (Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Kediri Nomor 9 Pasal 35 Tahun 2006)

Fauziah Hanum

Abstract


Hubungan kerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan Pemerintah Desa  Gurah, merupakan Hubungan kemitraan yang meliputi Penyeleggaraan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan. Hubungan kemitraan ini diatur dalam pasal 35 Perda Kabupaten Kediri Nomor 9 tahun 2006. Kedua lembaga tersebut memiliki tugasnya masing-masing, Namun dalam menjalankan Fungsinya terdapat Keterkaitan yang Erat satu Dengan lainnya.

Tujuan penelitian adalah Mendiskripsikan Hubungan kerja BPD dengan Pemerintah Desa serta mendiskripsikan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat implementasi Perda Kabupaten Kediri tentang Hubungan kerja BPD dengan Pemerintah Desa Gurah. Dalam mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan kualitatif, sehingga penelitian ini diharapkan mampu menggali informasi yang lebih luas, mendesain, dan mendalami fenomena yang terjadi di obyek studi. Selain itu penelitian diskriptif kualitatif dapat menjelaskan dan mendiskripsikan kondsi yang sedang terjadi di lapangan. Pengumpulan data dengaan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara.  Penentuan informan dengan teknik purposive sampling.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : Hubungan kerja BPD dengan Pemerintah Desa dapat berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya masingmasing, Hubungan baik Ini tidak Hanya terjalin Pada hubungan Antar lembaga Tetapi juga hubungan antar individu, yang memiliki dampak positif terhadap kinerja dua lembaga ini. Hasil dari hubungan kemitran dan fungsional dari kedua lembaga tinggi di pedesaan tersebut dengan terbentuknya peraturan desa (Perdes) yang aspiratif.

 

Kata Kunci: Hubungan Kerja dan Implementasi


Full Text:

PDF

References


Stefani Manganang, 2013, Jurnal Judul Kemitraan Pemerintah Desa Dengan BPD Dalam Pemerintahan, Minahasa.

Lincoln dan Y Vonna,S dan Egon Guba, 1985, Naturakistik Inguiry, 1 st Edition, Beverly Hills, Sage Publication.

Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Moleong, Lexy, 2000, Metodologi PenelitianKualitatif, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Widjaja, H.A.W, 2008, Otonomi Desa Merupakan Otonomi yang Asli, Bulat dan Utuh, Jakarta, Rajawali Press.

Peraturan Daerah Kabupaten Kediri Nomor 5 tahun 2006 tentang Pemerintahan Desa.

Peraturan Daerah Kabupaten Kediri Nomor 9 tahun 2006 tentang Badan Permusyawaratan Desa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.