PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT TK. IV 05.07.02 KEDIRI

Is Prihatiningsih

Abstract


Kesehatan adalah merupakan bagian yang dipandang urgen bagi manusia, karena itu kesehatan seluruh organ tubuh manusia dapat menjalankan aktivitasnya sehari-hari tanpa adanya keluhan yang berarti kesehatan harus senantiasa dijaga dan diperhatikan oleh setiap individu.  Bentuk kesadaran masyarakat terhadap kesehatan yang terus meningkat

dari hari ke hari, menuntut institusi dan insan kesehatan untuk mengimbanginya melalui cara peningkatan sarana prasarana, pelayanan kesehatan baik fisik maupun non fisik, peningkatan kualitas sumber daya tenaga medis dan paramedis. Sejalan dengan keinginan dan tuntutan masyarakat tersebut, rumah sakit memiliki peran yang sangat strategic dalam upaya, mempecepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Paradigma baru pelayanan kesehatan mensyaratkan rumah sakit memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai kebutuhan dan keinginan pasien dengan tetap berpedoman pada kode etik profesi dan medis. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Tingkat IV 05.07.02 Kediri  dengan pendekatan kuanititatif, dan untuk mengetahui pengaruh antara variabel pelayanan dan kepuasan pelayanan, digunakan analisis Korelasi Product Moment, dengan tingkat kesalahan 5 %,   Ada pengaruh yang positip antara Kualitas Pelayanan yang berpedoman pada akuntabilitas, citra positif, pengendalian terhadap Kepuasan Pasien Pegawai atas dasar Hubungan, Kenyamanan dan Keterjangkauan di Rumah Sakit IV 05.07.02 Kediri.

 

Kata KunciKualitas Pelayanan, kepuasan pasien


Full Text:

PDF

References


Agung Kurniawan, Transformasi Pelayanan Publik Tantangan Birokrasi Netral& Profesional, LAN-RI, Jakarta, 1999

Assauri, S. Customer Service Yang baik Landasan Pencapaian Customersatisfaction Dalam Usahawan, No.01. Tahun XXXII, Jakarta, Januari 2003

Jacobais, S. Liberalisasi Bisnis Jasa Kesehatan dan Dampaknya Bagi Rumah Sakit Indonesia, Jakarta: IRSJAM XXXVII, 1995

Kotler, P. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, di Indonesiakan oleh Ancella Aniwati Hermawan,Salemba Empat : Prentice Hall Edisi Indonesia

LAN-RI, Pelayanan Prima, Bahan Diklat Adum, Jakarta, 1999

LAN-BPKP, Manajemen Aparatur Publik, Modul I AKIP, Jakarta, 2000

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, Metode Penelitian Masyarakat, Gramedia,Jakarta,1985

M. Manulang, Drs., ManagementPersonalia, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1982

STIA-LAN, Strategi Kebijakan Pelayanan Publik, Jakarta, 1999

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pengantar Praktik, PT. Bina Aksara,Jakakarta, 1983

Sutrisno Hadi,Prof. Drs., Metodologi Research Untuk Penulisan Paper, Skripsi, Tesis dan Disertasi, Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta, 1978

……….., Metodologi Research, Jilid I, Fakultas Psikologi UGK Yogyakarta, 1981

……….., Metodologi Research, Jilid II, Fakultas Psikologi UGK Yogyakarta, 1981

……….., Metodologi Research, Jilid III, Fakultas Psikologi UGK Yogyakarta, 1981

Thoha, M. Perilaku Organisasi, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2002.

Winarno Surakhmad,Prof, DR, Med., Dasar dan Teknik Research, CV. Tarsito, Bandung, 1982

W.J.S. Poewodarminto,Kamus Umum Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 1978

Yacob Vredenberg, Metode dan Teknik Penelitian Masyarakat, Gramedia, Jakarta,1984


Refbacks

  • There are currently no refbacks.