PENGARUH PEMBERDAYAAN DAN PEMBINAAN TERKEMUKA TERHADAP KERJA KARYAWAN DI SATUAN SABHARA POLRES BATU

Authors

  • Heylen Amildha Yanuarita FISIP Universitas Kadiri
  • Hariyanto Hariyanto FISIP Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v3i1.544

Abstract

Abstract

 

Police performance that is professional, modern, moral and law-abiding is an aspect that can be improved through leadership development factors, namely, coaching, training and development, empowerment and participation. For this reason, the Indonesian National Police must be able to apply the leadership development factors above in order to improve the performance of the police that are professional, modern, moral and law-abiding. The purpose of this research is: to find out and analyze the influence of leadership coaching and empowerment on the performance of subordinates in the Batu Sabara Police Unit. This type of research is a descriptive study with a qualitative research approach. The informants who will be interviewed by the researchers are those who are involved in guiding, empowering the leadership and the performance of subordinates in the Sabhara Unit of the Batu Police Resort. The results showed that the Guidance and empowerment of leaders greatly affected the performance of subordinates in the BatuSabhara Police Unit. Create a steady and controlled kamtibmas situation due to a coaching program and leadership empowerment carried out properly, routinely and continuously.

 

Keywords: Coaching; Empowerment; Performance


Abstrak

Kinerja polisi yang profesional, modern, bermoral dan patuh hukum merupakan aspek yang dapat ditingkatkan melalui faktor-faktor pengembangan kepemimpinan yakni, pembinaan, pelatihan dan pengembangan,pemberdayaan dan partisipasi. Untuk itu POLRI harus dapat menerapkan faktor-faktor pengembangan kepemimpinan diatas dalam rangka meningkatkan kinerja polisi yang profesional, modern, bermoral dan patuh hukum.Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pembinaan dan pemberdayaan pimpinan terhadap kinerja bawahan di Satuan Sabhara Polres Batu. Tipe penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Informan yang akan peneliti wawancarai adalah pihak-pihak yang terlibat dalam pembinaan, pemberdayaan pimpinan dan kinerja bawahan di Satuan Sabhara Polres Batu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembinaan dan pemberdayaan pimpinan sangat berpengaruh terhadap kinerja bawahan di satuan Sabhara Polres Batu hal ini terlihat Pelaksanaan tugas Satuan Sabhara Polresta Batu sebagian besar telah terlaksana dengan baik, dan telah berupaya meningkatkan pelaksanaan tugas fungsi Sabhara yang berwibawa di tengah-tengah masyarakat untuk menciptakan situasi kamtibmas yang mantap dan terkendali dikarenakan adanya program pembinaan dan pemberdayaan pimpinan dilaksanakan secara baik, rutin dan terus menerus.

 

Kata Kunci: Pembinaan; Pemberdayaan; Kinerja


References

Anggreny, D. E. 2018. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Petugas Kesehatan Pada Program Tb Paru. Jurnal’Aisyiyah Medika, 2(1).

Ardiana, I., Brahmayanti, I. A., & Subaedi, S. 2010. Kompetensi SDM UKM dan pengaruhnya terhadap kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(1), pp-42.

Gunawan, I. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.

Hadi, A. P. 2010. Konsep pemberdayaan, partisipasi dan kelembagaan dalam pembangunan. Yayasan Agribisnis/Pusat Pengembangan Masyarakat Agrikarya (PPMA).

Hendayady, A. 2011. PEMBERDAYAAN APARATUR DAERAH. Jurnal Ilmu Politik Dan Ilmu Pemerintahan, 1(1), 61.

Kusumawati, N., & Maruti, E. S. 2019. Strategi belajar mengajar di sekolah dasar. CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Machmud, M. 2014. Analisis Kinerja Keuangan Daerah Di Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2007-2012. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 14(2).

Nurohman, A. (n.d.). Perpustakaan Sebagai Teropong Profesionalisme Pustakawan.

Putri, H. R. 2016. Pengaruh pendidikan, pengalaman kerja, dan jenis kelamin terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi CV. Karunia Abadi Wonosobo. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 5(4), 292–300.

Rosita, T., & Yuniati, T. 2016. Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dengan komitmen organisasional sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(1).

Savitri, R. 2018. Pemenuhan Hak Anak Untuk Tidak Dipublikasikan Identitasnya Dalam Proses Peradilan Pidana Anak (Studi Di Polrestabes Semarang). Unika Soegijapranata Semarang.

Semiawan, C. R. 2010. Metode penelitian kualitatif. Grasindo.

Siswahyudi, A. 2018. Kebijakan Pemberian Tambahan Perbaikan Penghasilan Pemerintah Kabupaten Kediri. Mediasosian, Vol. 2(2), hal. 10-14.

Soendari, T. 2012. Metode Penelitian Deskriptif. Bandung, UPI. Stuss, Magdalena & Herdan, Agnieszka, 17.

Sudiyatno, B., & Puspitasari, E. 2010. Tobin’s q dan altman z-score sebagai indikator pengukuran kinerja perusahaan. Kajian Akuntansi, 2(1).

Sugiono, S. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Thoha, M. 2017. Ilmu administrasi publik kontemporer. Kencana.

Downloads

PlumX Metrics

How to Cite

Yanuarita, H. A., & Hariyanto, H. (2019). PENGARUH PEMBERDAYAAN DAN PEMBINAAN TERKEMUKA TERHADAP KERJA KARYAWAN DI SATUAN SABHARA POLRES BATU. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 3(1). https://doi.org/10.30737/mediasosian.v3i1.544

Issue

Section

Articles