ANALISIS PELAKSANAAN PERATURAN WALIKOTA NO.40 TH. 2014 TENTANG PEDOMAN PROGRAM FASILITASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI

hanum fauziah(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 Program Pemberdayaan Masyarakat (Prodamas) adalah satu kegiatan Pemerintah Kota Kediri untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam program ini adalah pendekatan pemberdayaan masyarakat, tujuan dari program ini adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sasaran program adalah masyarakat di wilayah Rukun Tetangga seluruh wilayah Kota Kediri. Dengan adanya program pemberdayaan masyarakat tersebut program jenis kegiatan telah dilakukan melalui program pemberdayaan masyarakat (PRODAMAS). Antara lain penguatan kelembagaan, Pelatihan, ketrampilan dan kegiatan sosial untuk menambahkan respon akan kesadaran berpartisipasi dalam perencanaan adalah sebuah kesulitan tersendiri.

          Pada waktu melakukan pembangunan sarana dan prasarana dasar lingkungan yang seharusnya melibatkan seluruh warga masyarakat sering terjadi hal sebaliknya yaitu timbulnya rasa enggan dari warga karena mereka merasa bahwa kegiatan itu hanya akan memberikan manfaat bagi kelompok tertentu. Hasilnya adalah pelaksanaan pembangunan dasar lingkungan kurang memuaskan disebabkan tidak sesuai dengan keinginan warga. Sehingga manfaatnya kurang begitu terasa secara langsung oleh masyarakat. Pengawasan yang di harapkan timbul dengan sendirinya tidak efektif karena pembuatan perencanaan pembangunan serta kegiatan pelaksanaan pembangunan yang seharusnya dilakukan oleh masyarakat sedikitpun tampaknya masih jauh dari harapan karena adanya anggapan bahwa yang bertugas melakukan pengawasan adalah pihak panitia atau pemerintah yang telah dibentuk sehingga cenderung masyarakat tidak melakukan pengawasan.

          Dari sinilah dapat dikatakan ada sikap masyarakat yang dualisme yaitu sikap masyarakat yang cukup aktif mendukung program tersebut. Disisi masyarakat yang lain  ada sikap masyarakat yang kurang mendukung. Dengan alasan itulah peneliti tertarik untuk menganalisis pelaksanaan peraturan Walikota Kediri  No 40 Tahun 2014 di Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.

          Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan peraturan Walikota No. 40 Tahun 2014 di Kecamatan Mojoroto. Analisis yang digunakan dalam penelitian ni adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian dan fokus penelitian adalah tahapan perencanaan telah dilaksanakan sesuai dengan pedoman pelaksanaan tahapan pelaksana. Tahap evaluasi telah dilaksanakan sesuai dengan pedoman pelaksanaan.

Kata Kunci : Prodamas, Pelaksanaan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

M. Irfan Islamy, Prinsip-Prinsip Perumusan KebijaksaNegara, Bumi Aksara, Jakarta, 1994

Erwan Agus Purwanto, dkk, Implementasi Kebijakan Public, konsep dan aplikasinya di Indonesia, Gava Media, Yogyakarta, 2012

Siswanto, 1997, Melalui Pembangunan Komunitas Membangun Sector Perumahan dan Permukiman, Makalah Pada Loka Karya Penerapan Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembangunan Perumahan dan Permukiman, 16-17 Juli 1997, BK4N, Jakarta.

Gunawan Sumodiningrat, Membangun Perekonomian Rakyat, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1998

Arni Muhammad, Komunikasi Organisasi, Bumi Aksara, Jakarta, 1995

Leo Agustino, Dasar-Dasar Kebijakan Public, CV Alfabeta Bandung, 2014

Solichin A Wahab, Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara, Bumi Aksara, Jakarta, 1997

Pal, Leslie A., Public Policy Analysis :An Introduction, Methoen, Toronto, 1987

Peraturan Walikota Kediri, Nomor 40, tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Fasilitasi Pemberdayaan Masyarakat (PRODAMAS).




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/mediasosian.v3i1.545

Article Metrics

Abstract view : 71 times
PDF - 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL MEDIASOSIAN is still in preparation to be indexed in:
"

Copyright of JURNAL MEDIASOSIAN (Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara) ISSN 2579-342X (print), ISSN 2620-5149 (online)

Gedung B UNIVERSITAS KADIRI, FISIP

Jl. Selomangleng No.1 Mojoroto, Kota Kediri, 64115,

Phone: 085736964063

Email: mediasosian@unik-kediri.ac.id