STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI DI BAGIAN UMUM DAN PERLENGKAPAN SUB BAGIAN TATA USAHA DAN KEPEGAWAIAN PEMERINTAH KABUPATEN TRENGGALEK

Authors

  • Erna Fatmawati Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri
  • Mashuri Mashuri Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/mediasosian.v3i1.573

Abstract

Abstract

 

To build the quality of government performance that is effective and efficient, it is necessary to have unity in working together to increase public trust. Therefore, autonomy and freedom in making decisions that are useful for allocating resources, making service guidelines, budgets, goals, and performance targets are clear and measurable are needed. This research was conducted to determine the strategy for improving the performance of employees in the general division and equipment for administration and government personnel in Trenggalek. By using qualitative research methods with interactive analysis which is useful for presenting the facts of the field as a basis for analysis in concluding. Purposive sampling technique is a technique used in data collection in this study, where cross-check data will be carried out to see the truth of the data. Based on the research conducted, the results of the strategy to improve employee performance in the general subdivision and equipment in Trenggalek Regency were carried out properly by expectations and all processes can be fulfilled where the facts are obtained from the results of the field that the leader can provide an example and role model and the strength of employee discipline, lively and developing communication and high motivation as a result of giving rewards and punishments.

 

Keywords: Strategy; Performance; State Civil Apparatus

 

Abstrak

Dalam rangka membangun kualitas kinerja pemerintahan yang efektif dan efisien, diperlukan kesatuan dalam bekerja sama untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat. Oleh sebab itu, diperlukan otonomi serta kebebasan dalam mengambil keputusan yang berguna untuk mengalokasikan sumber daya, membuat pedoman pelayanan, anggaran, tujuan, serta target kinerja yang jelas dan terukur. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi peningkatan kinerja pegawai bagian umum dan perlengkapan sub bagian tata usaha dan kepegawaian pemerintah di Kabupaten Trenggalek. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisa interaktif yang berguna untuk memaparkan fakta-fakta lapangan sebagai dasar analisis dalam mengambil kesimpulan. Teknik purposive sampling merupakan teknik yang digunakan dalam pengambilan data pada penelitian ini, dimana akan dilakukan cross csheck data guna untuk melihat kebenaran data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil strategi peningkatan kinerja pegawai di lingkungan sub bagian umum dan perlengkapan di Kabupaten Trenggalek dilaksanakan dengan baik sesuai dengan harapan dan segala prosesnya dapat terpenuhi dimana fakta tersebut didapatkan dari hasil lapangan bahwa pimpinannya dapat memberikan contoh dan teladan serta kuatnya disiplin pegawai, komunikasi yang hidup dan berkembang serta motivasi yang tinggi sebagai akibat dari pemberian reward dan punishment.

 

Kata Kunci: Strategi; Kinerja; Aparatur Sipil Negara

References

Bungin, B. 2019. Metodologi penelitian kualitatif: Aktualisasi metodologis ke arah ragam varian kontemporer.

Hadiyanti, R. R. 2017. Implementasi peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2003 tentang pedoman organisasi perangkat daerah pemerintah kota samarinda. Jurnal Universitas Mulawarman, 1(3), 985–997.

Hermoyo, P. 2015. Membentuk komunikasi yang efektif pada masa perkembangan anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Imran, H. A. 2013. Fenomena Komunikasi Dan Ilmu Komunikasi (Telaah Filsafat Ilmu Berbasis Elemen Epistemologi). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 17(2), 197–218.

Kusmaningtyas, A. 2018. Kinerja Aparatur Sipil Negara (Asn) Pemerintah Kota Mataram. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 18(4), 487–506.

Mustafid, H. 2017. Peningkatan Kinerja Aparatur Sipil Negara melalui Budaya Organisasi. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(01), 1–14.

Paisa, L., Gosal, R., & Monintja, D. 2019. Etika Pemerinthan Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Sipil Negara. Jurnal Eksekutif, 3(3).

Sabrina, A. N. 2009. Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Aparat Pemerintah Daerah: Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating (Survey Pada Pemerintah Daerah Se-Eks Karisidenan Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Saraswati, N. T. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Subbagian Tata Usaha Dan Kepegawaian Pada Biro Umum Setda Provinsi Jawa Barat. Universitas Widyatama.

Sembiring, M., Turnip, K., & Hardjo, S. 2015. Hubungan Kepemimpinan Transformasional dan Semangat Kerja dengan Keterlibatan Kerja. Analitika, 7(1), 39–49.

Setiyanto, W. A. N. 2019. Implementasi Aturan Hukum Terkait Pekerja Kontrak Di Instansi Pemerintah Daerah. Universitas Airlangga.

Sugiono, S. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tresnawati, R. 2012. Pengaruh Efektifitas Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Instansi Pemerintah Di Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung.

Tupti, Z. 2019. Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 31–44.

Downloads

PlumX Metrics

How to Cite

Fatmawati, E., & Mashuri, M. (2019). STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI DI BAGIAN UMUM DAN PERLENGKAPAN SUB BAGIAN TATA USAHA DAN KEPEGAWAIAN PEMERINTAH KABUPATEN TRENGGALEK. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 3(1). https://doi.org/10.30737/mediasosian.v3i1.573

Issue

Section

Articles