HUBUNGAN KAMPANYE PENCEGAHAN HIV AIDS TERHADAP SIKAP PADA PENDERITA HIV/AIDS (ODHA) DI PANGANDARAN (STUDI PADA PELAJAR SMA DI PANGANDARAN)

Ikhsan Fuady(1*), Ditha Prasanti(2),

(1) Universitas Padjadjaran
(2) Universitas Padjadjaran
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Pangandaran sebagai kawasan destinasi wisata menjadi tempat yang rentan penyebaran HIV AIDS. Kegiatan kampanye pencegahan HIV AIDS menjadi hal yng sangat penting dilakukan. Berbagai fihak telah melakukan kegiatan kampenye penceghn penyebaran HIV AIDS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara terpaan kampanye pencegahan HIV AIDS dengan pembentukan sikap kepedulian terhadap penderita HIV AIDS. Pendelitian ini didesan dengan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi dan sampel peneitian ini adalah siswa SMA di Pangandaran. Adapun analsis data dilakukan dengan uji korelasi pearson.  Hasil penelitian diketahui bahwa Siswa atau pelajar sebahagian besar relatif sering terkena terpaan kampanye melalui speanduk, poster dan whatapps, sedangkan media elektronik tv dan radio relatif jarang.Adanya hubungan yang kuat antara terpaan kampanye dengan sikap peduli terhdap penderita HIV AIDS.Disarankan diperlukan peningkatan edukasi atau pendampingan bagi remaja tentang pencegahan HIV AIDS banik dalam kampanye langsung ataupun bermedia dalam upaya membangun sikap yang positif dan akhirnya akan memiliki perilaku yang dapat menghindari dari HIV AIDS. Selain itu sikap yang positif juga dapat membangun kepedulian terhadap penderita HIV AIDS.

Kata Kunci:kampanye, HIV AIDS, sikap


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30737/mediasosian.v3i1.643

Article Metrics

Abstract view : 132 times
PDF - 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL MEDIASOSIAN is still in preparation to be indexed in:
"

Copyright of JURNAL MEDIASOSIAN (Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara) ISSN 2579-342X (print), ISSN 2620-5149 (online)

Gedung B UNIVERSITAS KADIRI, FISIP

Jl. Selomangleng No.1 Mojoroto, Kota Kediri, 64115,

Phone: 085736964063

Email: mediasosian@unik-kediri.ac.id