EFEKTIVITAS CUSTOMER SERVICE (CS) DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PENABUNG PADA BANK MUAMALAT CABANG PALANGKA RAYA

Yenni Octavia(1*), Rinto Alexandro(2),

(1) FKIP Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Palangka Raya
(2) FKIP Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi karena pesatnya pertumbuhan perbankan yang saling berkompetisi untuk mencari nasabah ataupun membuat nasabah loyal dengan bank. Ketertarikan masyarakat dan tingkat loyalitas mereka dalam dunia perbankan salah satunya dilatarbelakangi oleh kualitas pelayanan dan kunci dari pelayanan bank adalah seorang customer service. Karena kita tahu bahwa customer service adalah jembatan penghubung antara nasabah dengan bank. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana efektivitas customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah penabung dan pengguna jasa pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Palangka Raya. Fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah, 1) Bagaimanakah efektivitas Customer Service dalam meningkatkan loyalitas nasabah penabung di Bank Muamalat Indonesia Cabang Palangka Raya. 2) Bagaimanakah loyalitas nasabah penabung di Bank Muamalat Indonesia Cabang Palangka Raya.Penelitian ini dilakukan terhadap Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya dan proses pengumpulan data dalam pengumpulan ini adalah melalui metode deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan hasil wawancara dengan para pengelola dan data-data lainnya yang kemudian menganalisisnya dengan teori. Metode yang penulis gunakan dalam menganalisis data pada penelitian ini adalah induktif dimana data yang berhasil peneliti kumpulkan dari lokasi penelitian, selanjutnya dianalisa dan kemudian disajikan secara tertulis dalam laporan tersebut, yaitu berupa data yang ditemukan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya ini mengenai efektivitas customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah penabung sangatlah penting, hal ini ditunjukkan dengan hasil wawancara yang telah peneliti lakukan yaitu mayoritas sebagian besar kepuasan mereka dan membuat mereka loyal terhadap Bank Maumalat Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya dengan adanya pelayanan yang membuat mereka nyaman bertransaksi dan tetap menggunakan jasa dari bank tersebut tanpa beralih ke bank yang lain. Dengan begitu kualitas pelayanan yang sudah baik dari customer service ini ditingkatkan lagi menjadi taraf yang lebih baik lagi agar nasabah tetap loyal.

Kata Kunci: Efektifitas, Loyalitas Nasabah


Full Text:

PDF

References


F. REFERENSI

Antonio, Muhammad Syafi’i. 2001. Bank Syariah Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Djajasudarma, T. Fatimah. 2006. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Reflika Aditama.

Doyo, P. (1998). Perilaku Konsumen dan Loyalitas. Penerbit Andi, Yogyakarta

Eddy dan Helmuth.2013.Metodologi Penelitian Kualitatif.Surabaya:Jenggala Pustaka Utama.

Effendy, Onong Uchjana. 1989. KAMUS KOMUNIKASI. Bandung : PT. Mandar Maju.

Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers. 2010

Griffin, Jill 2002, Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Memepertahankan Kesetiaan Pelanggan, edisi revisi dan terbaru, Erl;angga , Jakarta

Hanum, F. (2018). Akuntabilitas Keuangan Desa (Studi Kasus Desa Ngentrong Kecamatan Karangan Kabupaten Nganjuk). Mediasosian, Vol. 2(1), hal. 51-56.

Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Administrasi Negara Vol.4 No.1

Hurriyati, Ratih. 2014. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETA.

Husaini Usman, M.Pd dan Purnama Setiady Akbar, S, M.Pd. 1995. “Pengantar Statistik ”. Yogyakarta : Bumi Aksara.

James L. Gibson. (1996). Organisasi: Perilaku, Struktur dan Proses. Jakarta: Bina Rupa Aksara

Kasmir. 2005. Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana.

_______. 2005. Etika Customer Service. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

_______. 2007. Kewirausahaan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

_______. 2010. Manajemen Perbankan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kurniawan, Agung. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: PEMBARUAN.

Kristian , D., Nyalung, Y. I., & Alexandro, R. (2018). Efektivitas Pelayanan Pada Minimarket Bossmart Di Jalan Sisingamangaraja Kota Palangka Raya. Jurnal Hasien, 3(1), 49-64.

Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Miles, Mathew B, dan Huberman, A, Michael.1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Pres

Moleong J Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moenir, H.A.S. (2006). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mujiarto, Susanto, D., & Bramantyo, R. Y. (2019). Strategi Pelayanan Kesehatan Untuk Kepuasan Pasien Di UPT Puskesmas Pandean Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Mediasosian, Vol. 3(1), hal. 51-66.

Nasution, S. 1992. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung, Tarsito

Nugroho Adi. (2005). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek.Informatika.Bandung.

Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Administrasi Negara Vol.4 No.1

Priyanto Doyo Utomo. (2006) Analisis Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Pada Operator Telepon Selular. Thesis : Universitas Gadjah Mada.

Riyadi, Joko. 1999. Gerbang Pemasaran. Jakarta : Penerbit Gramedia.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Susanto, Astrid S. (1975). Pendapat Umum.Bandung:Bina Cipta.

Steers, M Richard. (1985). Efektivitas Organisasi Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Sutisna. (2001) Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, Cetakan I.

Suryani, Tatik, 2008, Perilaku Konsumen, Implikasi Pada Strategi Pemasaran: Graha Ilmu, Yogyakarta

Suwarno, S., & Bramantyo, R. Y. (2019). Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Masyarakat Sekitar Hutan Lindung dan Hutan Produksi di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Mediasosian, Vol. 3(2).

Tan, Inggrid. Bisnis dan Investasi Sistem Syariah. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Undang-Undang No. 10 Tahun 1998

Taylor, S.A., Celuch, K. dan Goodwin, S. (2004), “The importance of brand equity tocustomer loyalty”, Journal of Product and Brand Management , Vol. 13 No. 4, pp. 217-227

Timm, Paul R 2005, 50 Ideas To Keep Your Customer, PT. Buana Ilmu Populer, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/mediasosian.v4i1.816

Article Metrics

Abstract view : 84 times
PDF - 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL MEDIASOSIAN is still in preparation to be indexed in:
"

Copyright of JURNAL MEDIASOSIAN (Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara) ISSN 2579-342X (print), ISSN 2620-5149 (online)

Gedung B UNIVERSITAS KADIRI, FISIP

Jl. Selomangleng No.1 Mojoroto, Kota Kediri, 64115,

Phone: 085736964063

Email: mediasosian@unik-kediri.ac.id