EFEKTIVITAS CUSTOMER SERVICE (CS) DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PENABUNG PADA BANK MUAMALAT CABANG PALANGKA RAYA

Yenni Octavia(1*), Rinto Alexandro(2),

(1) FKIP Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Palangka Raya
(2) FKIP Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena pesatnya pertumbuhan perbankan yang saling berkompetisi untuk mencari nasabah ataupun membuat nasabah loyal dengan bank. Ketertarikan masyarakat dan tingkat loyalitas mereka dalam dunia perbankan dilatarbelakangi oleh kualitas pelayanan dan kunci dari pelayanan bank adalah customer service. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana efektivitas customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah penabung dan pengguna jasa pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Palangka Raya. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode deskriptif kualitatif. Metode yang penulis gunakan dalam menganalisis data pada penelitian ini adalah induktif dimana data yang berhasil peneliti kumpulkan dari lokasi penelitian, selanjutnya dianalisa dan kemudian disajikan secara tertulis dalam laporan tersebut. Hasil penelitian yang dilakukan di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya ini mengenai efektivitas customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah penabung sangatlah penting, hal ini ditunjukkan dengan hasil wawancara yang telah peneliti lakukan yaitu mayoritas sebagian besar kepuasan mereka dan membuat mereka loyal terhadap Bank Maumalat Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya. Dengan begitu kualitas pelayanan yang sudah baik dari customer service ini ditingkatkan lagi menjadi taraf yang lebih baik lagi agar nasabah tetap loyal.

 

Kata Kunci: Efektifitas; Loyalitas Nasabah; Customer Service.

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pesatnya pertumbuhan perbankan yang saling berkompetisi untuk mencari nasabah ataupun membuat nasabah loyal dengan bank. Ketertarikan masyarakat dan tingkat loyalitas mereka dalam dunia perbankan dilatarbelakangi oleh kualitas pelayanan dan kunci dari pelayanan bank adalah customer service. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana efektivitas customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah penabung dan pengguna jasa pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Palangka Raya. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode deskriptif kualitatif. Metode yang penulis gunakan dalam menganalisis data pada penelitian ini adalah induktif dimana data yang berhasil peneliti kumpulkan dari lokasi penelitian, selanjutnya dianalisa dan kemudian disajikan secara tertulis dalam laporan tersebut. Hasil penelitian yang dilakukan di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya ini mengenai efektivitas customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah penabung sangatlah penting, hal ini ditunjukkan dengan hasil wawancara yang telah peneliti lakukan yaitu mayoritas sebagian besar kepuasan mereka dan membuat mereka loyal terhadap Bank Maumalat Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya. Dengan begitu kualitas pelayanan yang sudah baik dari customer service ini ditingkatkan lagi menjadi taraf yang lebih baik lagi agar nasabah tetap loyal.

 

Kata Kunci: Efektifitas, Loyalitas Nasabah, Customer Service


Full Text:

PDF

References


Antonio, Muhammad Syafi’i. 2001. Bank Syariah Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Hanum, F. 2018. Akuntabilitas Keuangan Desa (Studi Kasus Desa Ngentrong Kecamatan Karangan Kabupaten Nganjuk). Mediasosian, Vol. 2(1), hal. 51-56.

Hurriyati, Ratih. 2014. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETA.

Kasmir. 2005. Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana.

Mujiarto, M., Susanto, D., & Bramantyo, R. Y. 2019. Strategi Pelayanan Kesehatan Untuk Kepuasan Pasien Di UPT Puskesmas Pandean Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Jurnal Mediasosian: Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 3(1).

Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. UI-Press.

Suwarno, S., & Bramantyo, R. Y. 2019. Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Masyarakat Sekitar Hutan Lindung dan Hutan Produksi di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Mediasosian, Vol. 3(2).

Taylor, S. A., Celuch, K., & Goodwin, S. 2004. The importance of brand equity to customer loyalty. Journal of Product & Brand Management.

Tan, Inggrid. Bisnis dan Investasi Sistem Syariah. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Undang-Undang No. 10 Tahun 1998

Taylor, S.A., Celuch, K. dan Goodwin, S. 2004, “The importance of brand equity tocustomer loyalty”, Journal of Product and Brand Management , Vol. 13 No. 4, pp. 217-227




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/mediasosian.v4i1.816

Article Metrics

Abstract view : 453 times
PDF - 848 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Mediasosian licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.