HUBUNGAN MOTIVASI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU (Studi Di Kantor SDN Ngronggo 2 Kecamatan Kota Kediri)

Syahadzan Muhammad Iqbal(1), Achmad Ashar Bakar(2*),

(1) Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri
(2) Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu variabel penentu kemajuan suatu bangsa. Pendidikan yang maju maju pula bangsanya, pendidikan yang terbelakang maka terbelakang pula bangsanya. Sementara itu guru merupakan variabel penentu maju dan mundurnya bangsa di kanca internasional. Guru merupakan barisan terdepan dalam terlibat langsung untuk proses pendidikan. Bicara maju mundurnya bangsa maka biara juga maju mundurnya pendidikan. Oleh karena itu guru harus tetap memiliki motivasi yang tinggi manakala menjalankan tugas, yaitu mengajar, membimbing, dan membina anak didik. Menyadari tugasnya yang sangat menentukan bagi generasi mendatang, maka seorang guru harus memiliki bekal yang cukup. Beberapa hal yang sangat krusial harus dimiliki seorang guru dalam menjalankan tugasnya adalah motivasi, kepemimpinan dan disiplin kerja, Permasalahannya adalah apakah  apakah factor motivasi dan kepemimpinan memiliki hubungan yang signifikan dengan disiplin kerja. Pendekatan yang digunakan dalam melaksanakan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan analisis statistik dengan rumus Korelasi Product moment. Adapun sampel dan populasi sama yaitu 19 responden (sampel total). Variabel bebasnya adalah motivasi dan kepemimpinan adapun variabel terikatnya adalah disiplin kerja guru. Teknik pengumpulan data dengan teknik pengisian kuesioner, interview, observasi dan dokumentasi.  

Kata Kunci: Motivasi; Kepemimpinan; Disiplin Kerja


Full Text:

PDF

References


Basuki, A. T., & Prawoto, N. 2016. Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Depok: Raja Grafindo Persada.

Brahmasari, I. A., & Suprayetno, A. 2008. Pengaruh motivasi kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan serta dampaknya pada kinerja perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 10(2), 124–135.

Firmansyah, H. 2009. Hubungan motivasi berprestasi siswa dengan hasil belajar pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(1), 41–42.

Mahmud, A. 2008. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi. Dinamika Pendidikan, 3(1).

Potu, A. 2013. Kepemimpinan, motivasi, dan lingkungan kerja pengaruhnya terhadap kinerja karyawan pada Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Suluttenggo dan Maluku Utara di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).

REZA, R. A., & Dirgantara, I. 2010. Pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan PT Sinar Santosa Perkasa Banjarnegara. Universitas Diponegoro.

Sriwidodo, U., & Haryanto, A. B. 2010. Pengaruh kompetensi, motivasi, komunikasi dan kesejahteraan Terhadap kinerja pegawai dinas pendidikan. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 4(1), 47–57.

Yanuarita, H. A., Hariyanto, & Hanum, F. 2019. Pengaruh Pemberdayaan Dan Pembinaan Terkemuka Terhadap Kerja Karyawan Di Satuan Sabhara Polres Batu. Mediasosian, Vol. 3(2).

Yudiaatmaja, F. 2013. Analisis Regresi dengan Menggunakan Aplikasi Komputer Statistik. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/mediasosian.v4i1.823

Article Metrics

Abstract view : 258 times
PDF - 206 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Mediasosian licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.