PENGARUH REBUSAN DAUN SIRSAK TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL PADA PENDERITA HIPERKOLESTEROL DI KELURAHAN NANGA BULIK KECAMATAN BULIK KABUPATEN LAMANDAU

Authors

  • ISWADI ISWADI Mahasiswa Program studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu KUniversitas Kadiri
  • SRI HARYUNI UNIVERSITAS KADIRI
  • INDAH JAYANI UNIVERSITAS KADIRI

DOI:

https://doi.org/10.30737/nsj.v3i2.636

Keywords:

Kadar kolesterol, rebusan daun sirsak

Abstract

Hiperkolesterolemia adalah suatu kondisi dimana meningkatnya konsentrasi kolesterol dalam darah yang melebihi nilai normal. Kolesterol telah terbukti mengganggu dan mengubah struktur pembuluh darah yang mengakibatkan gangguan fungsi endotel yang menyebabkan lesi, plak, dan emboli. Tingginya angka kejadian hiperkolesterol di Kelurahan Nanga Bulik dengan meningkatnya penderita hiperkolesterol sebanyak 66,03 % pada tahun 2016 sampai dengan tahun 2017 merupakan masalah  yang harus segera ditangani. Kadar kolesterol yang tinggi perlu di lakukan pengobatan,  salah satunya dengan pengobatan non farmakologi  menggunakan rebusan daun sirsak.

Tujuan penelitian mengetahui pengaruh pemberian rebusan daun sirsak terhadap penderita hiperkolestrol di Kelurahan Nanga Bulik kecamatan Bulik Kabupaten Lamandau tahun 2019. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pre ekspriment dengan One group pretest-posttest dengan  penelitian termasuk jenis kuantitatif. Populasi semua penderita hiperkolesterol yang mempunyai kadar kolesterol 200-239 md/dl. Besar sampel 19 responden. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan adanya penurunan rerata kadar kolesterol dengan nilai  pretest 220,74 mg/dl dan nilai Posttest 197,05 mg/dl. Berdasarkan analisa uji Wilcoxon menunjukan P Value < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, pemberian rebusan daun sirsak dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga disarankan bagi penderita kolesterol dapat menggunakan rebusan daun sirsak

References

Adjie. (2011). Daun Sirsak dan sejuta Manfaatnya. Jakarta: Rineka Cipta

Ardiansyah, 2007. Antioksidan dan Peranannya Bagi Kesehatan. Berita iptek.com. Diakses 28 Februari 2007.

Asprey, dkk. (2000). Daun Sirsak dan manfaat terhadap kadar kolesterol. Jakarta: EGC

Guyton, dkk. (2008). Hiperkolesterol yang terjadi pada manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Harian Rakyat Merdeka, 2013. Kolesterol terjadi pada usia Produktif. Jakarta

Mursito (2012). Obat-obat Penting: Khasiat, Penggunaan dan

Efek Sampingnya, Edisi 6, 570-573, PT Elex Media Komputindo, Jakarta

Rahardjo (2010). Efek samping daun sirsak. Jakarta: EGC

Sari (2016). Herbal penurun kolesterol. Jakarta: Rineka Cipta

Sunarjono. (2015). Morfologi Daun Sirsak. Jakarta: EGC

Uneputty, J.P., Yamlean, P.V.Y., dan Kojong, N.S., 2013, Potensi Infusa Daun

Wurdianing, I., Nugraheni, S. A., dan Rahfiludin, Z. 2014. Efek ekstrak daun sirsak (Annona muricata Linn.) terhadap profil lipid tikus putih jantan (Rattus Norvegicus). Jurnal Gizi Indonesia, 3 (1): 7 – 12.

Zarrabal, C.O., Waliszewski, S.M., Barradas dermitz D.M., Nolascohipolito Z.C., Rican, S., dan Trujillo, P.R.L., 2005, The Consumption Of Hibiscus Sabdariffa Dried Calyx Ethanolic Extract Reduced Lipid Profile In Rats, 60, Journal Plant Foods for Human Nutrition, 153-159.

Zuhud. (2011). Bukti kedahsyatan sirsak menumpas penyakit. Yogyakarta: Arta

PlumX Metrics