Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Tm Group Travel

Authors

  • Putri Mawar Sari
  • Ariadi Santoso
  • Djunaidi Djunaidi

DOI:

https://doi.org/10.30737/risk.v1i2.1323

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh atribut produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk Eiger studi kasus pada UKM Mahasiswa Pecinta Alam Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian produk Eiger studi kasus pada UKM Mahasiswa Pecinta Alam Kota Kediri. (2) Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian produk eiger studi kasus pada UKM Mahasiswa Pecinta Alam Kota Kediri. (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan secara simultan antara atribut produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk Eiger studi kasus pada UKM Mahasiswa Pecinta Alam Kota Kediri. Dalam menganalisa menggunakan analisa deskriptif, kemudian menggunakan analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Dari hasil pengujian dengan regresi linier berganda, Uji validitas, Uji reliabilitas, Uji t, Uji F, dan Uji Determinasi menunjukan variabel atribut produk (X1) dan WoM (X2) berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian (Y) yang ditunjukan oleh nilai R Square. Angka ini menunjukan bahwa variabel atribut produk (X1) dan WoM (X2) yang digunakan dalam persamaan regresi linier berganda ini memberikan kontribusi terhadap Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Atribut Produk dan WoM terhadap Keputusan Pembelian berpengaruh signifikan dan positif secara parsial terhadap keputusan pembelian produk Eiger studi kasus pada UKM Mahasiswa Pecinta Alam Kota Kediri.

References

Arikunto, Suharsimi.(2003). Prosedur Penelitian. Edisi Revisi V.jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Dwi, Suhartanto.(2001) kepuasan pelanggan: di Indonesia.jakarta:Usahawan

Fandy, Tjiptono. (2000). Manajemen jasa. (Edisi Kedua). Yogyakarta: Andi Offiset

Gujarati.(1997). Ekonomika Dasar. Alih Bahasa Sumarsono Zain.Cetakan Kelima. Jakarta : Penerbit Erlangga

Husein, Umar, Drs.SE, MM, MBA.(2001). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Cetakan Keempat, Jakarta Penerbit PT. Raja Grafindo Persada

Kotler, Philip (2000).marketing Management. The Millenium Edisiton. Prentice Hall International,Inc

Kurniawan Adi.( 2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pos Exspress di PT. Pos indonesia (persero) Kantor pos cukir †Jurnal Manajemen Bisnis, Vol 3 No 6

Murfisin, Haming. (2001). Poke Yoke: Metode Untuk Meningkatkan Mutu Jasa Yang Diserahkan Kepada Konsumen. Jakarta: Usahawan

Nurgiantoro, Burhan. (2002) Statistik Terapan. Cetakan Kedua (revisi). Yogyakarta : Penerbit Gajah Mada University Preaa

Payne, Adrian. (1999). Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Penerbit Andi

Prabowo Muhammad Ismail, ( 2015). Pengaruh Kualitas, Citra Perusahaan, Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah( Studi Kasus pada Nasabah Bank BRI Cabang Sragen). (Online). Tersedia https://digilib.uns.ac.id. Diakses pada 12 mei 2018

Rajagukguk Resti Julia, Kasmiruddin kasmiruddin, (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Pelanggan Industri Jasa Bengkel (Kasus PT.Mewah Kencana Motor Pekanbaru). (Online) Tersedia https://www.e-jurnal.com. Diakses pada 11 Mei 2018

Sunarto, (2003).Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Penerbit Amus

Sugiono, (2008), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D

( Cetakan ke – 17) Bandung : Alfabeta

Wahid Sulaiman. (2002) Riset Bisnis. Edisi Pertama ( Cetakan Pertama), Penerbit Graha Ilmu Yogyakarta

Yazid. (2001) Pemasaran Jasa: Konsep dan mplementasi. ( Edisi Kedua). Cetakan Pertama, Juli 2001. Penerbit Ekonosia Fakultas Ekonomi UI, Yogyakarta

Yoeti, Oka. (2003). Manajemen Pemasaran Hotel.Cetakan Pertama, Jakarta : Penerbit PT.Persada

Rahmadi, A. N. (2015). Analisis Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Sport Center (Studi Kasus Mensana Sport Center Futsal Kediri). Jurnal Kompilek, 7(1).

Yunanto, Y. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Disiplin Kerja Karyawan Terhadap Kepuasan Pasien Askes Di Pt Askes Kediri. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(1), 26–37. https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i1.3

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-11-30

How to Cite

Mawar Sari, P., Santoso, A., & Djunaidi, D. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Tm Group Travel. RISK : Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 1(2), 21–34. https://doi.org/10.30737/risk.v1i2.1323

Issue

Section

Articles