Pengaruh E-Service Quality Dan Review Content Untuk Meningkatkan Penjualan Dan Peran Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Moderator Pada Produk Tas Native Indonesia

Authors

  • Mohammad Arifin
  • Nur Samsu

DOI:

https://doi.org/10.30737/risk.v2i2.2531

Abstract

Produk tas Native Indonesia saat ini banyak menjadi sorotan publik. Penyebab yang timbul adalah jenis tas slingbag yang banyak diminati oleh pelanggan dari semua kalangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan dari e-service quality dan review content terhadap peningkatan penjualan produk tas Native indonesia. Selain itu, menambah aspek kepuasan pelanggan sebagai variabel moderasi dalam penelitian ini. Metode penelitian menggunakan uji statistik. Uji yang dilakukan dengan puncak multiple linear regression analysis dan moderate regression analysis. Sampel yang digunakan sejumlah 300 responden dengan inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kepuasan pelanggan sebagai moderasi dapat memperkuat aspek e-service quality dan review content dalam meningkatkan penjualan dengan jenis quasi moderator. Nilai meningkat dari e-service quality menjadi 3,273 dan review content menjadi 5,800 dengan prediksi determinasi sebesar 65,5%. Dengan kata lain, peran moderasi sangat penting dalam penelitian ini, serta kajian ini dapat menjadi parameter bagi penelitian selanjutnya.

References

Alzate, M., Arce-Urriza, M., & Cebollada, J. (2021). Online Reviews and Product Sales: The Role of Review Visibility. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 16(1), 638–669. https://doi.org/10.3390/jtaer16010038

Andaç, A., Akbıyık, F., & Karkar, A. (2016). Customer Satisfaction Factor in Digital Content Marketing: Isparta Province as an Example. International Journal of Social Science Studies, 4(5), 124–135. https://doi.org/10.11114/ijsss.v4i5.1471

Barrera, R. B., García, A. N., & Moreno, M. R. (2014). Evaluation of the e-service quality in service encounters with incidents: Differences according to the socio-demographic profile of the online consumer. Revista Europea de Direccion y Economia de La Empresa, 23(4), 184–193. https://doi.org/10.1016/j.redee.2014.09.004

Berliana, M., & Zulestiana, D. A. (2020). Pengaruh E-Service Quality terhadap Customer Satisfaction dan Loyalty pada Pengguna Gopay di Indonesia. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(3), 1–13. https://doi.org/10.33395/remik.v4i2.10532

Chena, Y., & Umali, M. C. V. (2020). Harnessing Digital Disruption Toward Strategic Innovation: Customer Satisfaction and Online Reviews of Apex Car Rental. New Zealand Journal of Business & Technology, 2(2), 9–25.

Dai, Q., & Zhang, J. (2020). Interaction between satisfaction and incentives on online reviews. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 32(4), 899–921. https://doi.org/10.1108/APJML-04-2019-0238

Dewanti, R., Nabila, S., Simanjuntak, D., & Mohamed Zainal, S. R. (2021). The Role of Personality as A Trigger For the Satisfaction of Valuable Bag. Social Economics and Ecology International Journal (SEEIJ), 4(2), 61–72. https://doi.org/10.21512/seeij.v4i2.7359

Dewi, L., & Alfredo, W. (2019). Peningkatan Penjualan Dengan Media Online Dan Offline Bagi Perusahaan Ez Denim Totebag. EKSEKUTIF, 16(1), 1–15.

Djunaedi, H. P. (2017). Product Advantage , Customer Relationship Marketing , and Service Quality on Customer Satisfaction of Bank Syariah Mandiri in Surabaya. International Review of Management and Marketing, 7(4), 122–130.

Doloksaribu, S., & Agung Wibowo, E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Tingkat Penjualan Jig Di Pt. Mitra Global Bersama. Program Studi Manajemen Universitas Riau Kepulauan, 4, 1–18.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23, Edisi 8. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hariyono, P. A., Laely, N., & Prastiti, E. (2019). Analisis Pengaruh Variabel Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kedai Ice Cream Gubuk Bambu Kab. Kediri. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), 189. https://doi.org/10.30737/jimek.v1i2.314

Hasniaty, Asran, & Basmar, E. (2019). Marketing Performance In Improving Competitive Advantages Of Macro Business South Sulawesi Province. Advances in Economics, Business and Management Research, 75, 250–254. https://doi.org/10.2991/icmemm-18.2019.33

Heryana, A. (2015). Kerangka Teori, Kerangka Konsep, Variabel Penelitian, Dan Hipotesis Penelitian (Dalam Penelitian Kuantitatif). Metodologi Penelitian.

Khandelwal, M., Sharma, A., Deepika Varshney, D., & Arti Dagur, A. (2018). To analyze Consumer Satisfaction level in Digital Content Marketing with Emphasis on Shopping Websites. International Journal of Engineering & Technology, 7(3.12), 637. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i3.12.16444

Kim, D., & Conlon, S. (2013). Impact of users’ cognitive responses on user satisfaction in online community: Content analysis of online reviews. 19th Americas Conference on Information Systems, AMCIS 2013 - Hyperconnected World: Anything, Anywhere, Anytime, 3, 1918–1925.

Laili Hidayati, N. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Riviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3), 77–84.

Nahil Abdallah, Alyafai, H., & Ibrahim, A. (2021). Customer Satisfaction towards Online Shopping. International Journal of Current Science Research and Review, 04(07), 692–696. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/v4-i7-11

Omar, M. S., Ariffin, H. F., & Ahmad, R. (2016). Service Quality, Customers’ Satisfaction and the Moderating Effects of Gender: A Study of Arabic Restaurants. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 224(August 2015), 384–392. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.393

Panjaitan, H., & Djunaedi. (2017). Product Advantage , Customer Relationship Marketing , and Service Quality on Customer Satisfaction of Bank Syariah Mandiri in Surabaya. International Review of Management and Marketing, 7(4), 122–130.

Panjaitan, H., & Laely, N. (2017). The Role of Relationship Marketing, and Satisfaction As Variable Mediation: Study at Bank BPR UMKM East Java in Surabaya. International Review of Management and Marketing, 7(5), 105–112.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Prateek Kalia, Dr Richa Arora, & Sibongiseni Kumalo. (2016). E-service quality, consumer satisfaction and future purchase intentions in e-retail. E-Service Journal, 10(1), 24. https://doi.org/10.2979/eservicej.10.1.02

Purwaningsih, R., & Kusuma Damar, P. (2015). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Metode Structural Equation Modeling (Studi kasus UKM berbasis Industri Kreatif Kota Semarang). E-Journal Undip.

Rachmayani., D., Kurniawati., Y., & Hikmiah, Z. (2020). THE EFFECT PRODUCT AND PROMOTION ON THE SALES VOLUME OF WOVEN BAGS AT UMKM IN SOUTH TANGERANG. Prosiding Senantias 2020, 1(1), 607–614.

Rita, P., Oliveira, T., & Farisa, A. (2019). The impact of e-service quality and customer satisfaction on customer behavior in online shopping. Heliyon, 5(10), e02690. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02690

Riza, S., & Sutopo. (2017). Analisis Pengaruh E-Service Quality , Kualitas Informasi Dan Persepsi Kemudahan Terhadap E- Intervening. Diponegoro Journal Of Management, 6, 1–13.

Rostami, A., Hossein, A., Khani, A., & Soltani, G. (2016). The Impact of E-service Quality on the Improvement of the Level of Communication with Customers of Bank Melli Branches in South Tehran Affairs Office. Procedia Economics and Finance, 36(16), 448–455. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(16)30063-6

Rudi Suprianto Ahmadi, Nining, H., & Luthfi, S. (2020). Peningkatan Volume Penjualan Pada Umkm Industri Kreatif Makanan, Minuman Melalui E-Commerce Di Kota Bandung. Jurnal Ilmu -Ilmu Sosial Dan Humaniora, 22(2), 172–180. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v22i2.24537

Saraswati, A., & Indriani, F. (2021). Effect E-Service Quality on Customer Satisfaction and Impact on Repurchasein Lazada Indonesia’S Online Selling in the City of Semarang. Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 5(3), 1203–1215.

Satriyo, B., Indriana, Y., & Ridlo, M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, E-Service Quality, dan Review Content terhadap Minat Beli pada UMKM Produk Organik. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1563–1571. https://doi.org/10.26740/jim.v9n4.p1563-1571

Semuel, H., & Sutanto, A. (2020). Pengaruh E-service Quality Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Experience Sebagai Variabel Moderasi Pada Penggunaan Aplikasi Go-jek Di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1).

Solimun, Armanu, & Fernandes, A. A. R. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Perspektif Sistem (W. Wiranata (ed.); 3rd ed.). Universitas Brawijaya.

Suherli, W. O., & Keni. (2019). Prediksi E-Service Quality dan Trust Terhadap Kepuasan Pengguna: Word of Mouth Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, I(4), 736–747.

Susilawati, L. K. P. A., Supriyadi, Widiasavitri, P. N., Tobing, D. H., Astiti, D. P., & Rustika, I. M. (2017). Bahan Ajar Teori Dan Konsep Dasar Statistika Dan Lanjut. 1–66.

Topaloglu, O., & Dass, M. (2021). The Impact of Online Review Content and Linguistic Style Matching on New Product Sales: The Moderating Role of Review Helpfulness. Decision Sciences, 52(3), 749–775. https://doi.org/10.1111/deci.12378

Wisnuwardhani, L. (2015). UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN BAJU BEKAS MELALUI MEDIA FACEBOOK (Studi Pada Viee Second Kalla). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 18(1), 85271.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-11-30

How to Cite

Arifin, M., & Samsu, N. (2021). Pengaruh E-Service Quality Dan Review Content Untuk Meningkatkan Penjualan Dan Peran Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Moderator Pada Produk Tas Native Indonesia. RISK : Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 2(2), 79–94. https://doi.org/10.30737/risk.v2i2.2531

Issue

Section

Articles