Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung

Authors

  • Budi Susanto Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri
  • Puji Astutik Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/risk.v1i1.874

Abstract

This study aims to determine the relationship of semester achievement index with student achievement and the relationship of cumulative achievement index with student achievement at the Faculty of Economics, Kadiri University. The technique of taking in the form of distributing questionnaires to students who were sampled by the method of purposive sampling was taken 100 respondents. In analyzing the data using the Chi-Square test to determine the relationship between variables. The results show that the Semester Achievement Index has a close relationship with student achievement with Cramer's V value of 0.556 and Contingency of 0.806 as evidenced by the value in Approx. Sig <0.05. Then the Cumulative Achievement Index has a close relationship with student achievement with Cramer's V value of 0.810 and Contingency of 0.893 as evidenced by the value in Approx. Sig <0.05

 

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh promosi media sosial dan daya tarik wisata terhadap minat berkunjung kembali di obyek wisata edukasi Manyung. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan pengunjung atau wisatan di obyek wisata edukasi Manyung. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi media sosial berpengaruh positif dan signifikan dan daya tarik wisata juga berpengaruh secara signifikan terhadap minat berkunjung kembali di obyek wisata edukasi Manyung.

References

Ajeng Fitri N. (2016). Penelitian ini memiliki beberapa tujuan , pertama untuk mengetahui pengaruh daya tarik wisata terhadap kepuasan wisatawan , tujuan kedua untuk mengetahui pengaruh kepuasan wisatawan terhadap niat kunjungan ulang dan tujuan yang ketiga untuk mengetahui pen. (2), 1–9.

Aliyah, K. A. (2017). Pengaruh promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian dengan viral marketing sebagai variabe intervening. ی, ی(ی), ی.

Amalia, E., & Sunarti, S. (2019). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERKUNJUNG FOLLOWERS (Survei Pada Followers Akun Instagram @batuflowergarden.Cobanrais). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 70(1), 11–18.

Arhisondha, A. T. (2012). Pengaruh Media Sosial terhadap Minat Berkunjung Ulang wisatawan di taman Geopark Kabupaten Merangin. Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Ulang Wisatawan Di Taman Geopark Kabupaten Merangin, 13–14.

Basiya, R., Abdul, H., & Rozak, A. (2012). Kualitas dayatarik wisata, kepuasan dan niat kunjungan kembali wisatawan mancanegara di jawa tengah. Dinamika Kepariwisataan, 2(XI), 1–12.

Christian, T. L. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata , Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Ulang dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Mediasi pada Objek Wisata Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara.

Diniyah, F. (2019). PENGARUH DAYA TARIK WISATA TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG WISATAWAN (Studi di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta).

Halimah&Hilmi. (2018). PENGARUH DAYA TARIK DAN AKSESIBILITAS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN KE AIR TERJUN PONOT DI DESA TANGGA KECAMATAN AEK SONGSONGAN KABUPATEN ASAHAN.

Hermawan, H., & Ghani, A. Y. (2018). GEOWISATA Solusi Pemanfaatan Kekayaan Geologi yang Berwawasan Lingkungan.

Kuncoro, M. (2014). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi (4th ed.). jakarta: Erlangga.

Rambe, O. I. (2012). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Minat Berkunjung Kembali ke Wonders Water Word Waterpark CBD Polonia Medan. 7–37.

Setiyorini, A., Farida, U., & Kristiyana, N. (2018). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial, Word of Mouth, Dan Daya Tarik Wista Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Obyek Wisata Gunung Beruk Karangpatihan Balong. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 12. https://doi.org/10.24269/iso.v2i2.185

Sugiyono. (2014). Teknik Pengumpulan Data. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 137. https://doi.org/10.3354/dao02420

Tantriana, D., & Widiartanto. (2017). PENGARUH AKSESIBILITAS , EXPERIENTIAL MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH ( eWOM ) TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KEMBALI MELALUI CUSTOMER SATISFACTION. 1–11.

Yolanda Fanny. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Objek Wisata Alahan Panjang Resort Danau Diatas Kabupaten Solok. (September).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-05-16

How to Cite

Susanto, B., & Astutik, P. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung. RISK : Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 1(1), 36–46. https://doi.org/10.30737/risk.v1i1.874

Issue

Section

Articles