PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA ORGANISASI

Authors

  • Suwarno Suwarno Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri
  • Rizki Yudha Bramantyo Fakultas Hukum Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/transparansi.v2i1.338

Abstract

Gaya kepemimpnan (leadership style ) merupakan suatu model atau strategi dalam memimpin suatu organisasi atau lembaga. Style tersebut ada yang memang bisa dipelajari sebagai suatu ilmu kepemimpinan, namun dalam pelaksanannya biasanya sedikit banyak dipengaruhi oleh karakter atau kebiasaan yang dimiliki oleh orang tersebut. Oleh karena itu walaupun dipelajari secara bersama-sama namun dalam pelaksanaannya setiap orang cenderung tidak sama satu sama lain, tergantung pada kecerdasan dan kedalaman dalam memahaminya. Banyak macam gaya kepemimpinan, semuanya baik namun dalam pelaksanannya tergantung pada kepribadian pimpinan. Satu sama lain dari gaya kepemimpinan memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung pada pimpinan bagaimana pemimpin memaksimalkan apa yang menjadi kelebihan dan meminimalisir apa yaang menjadi kekurangan. Banyak faktor yang berpengaruh dalam keberhasilan kepemimpinan, antara lain keteladanan, nilai-nilai kemanusiaan dari pimpinan sendiri, penegakan aturan dan sanksi (norma ) yang ada di organisasi. Gaya kepemimpinan (leadership style ) berpengaruh terhadap keberhasilan dan peningkatan kinerja. Melalui gaya kepemimpinan seorang pemimpin mengelola lembaga dan memotivasi karyawan guna untuk dapat meningkatkan kinerjanya. Gaya kepemimpinan yang berhasil adalah (1). Gaya kepemimpinan yang dilakukan bersumber pada hati nurani, nilai-nilai norma, etika, kebebasan, pemberian kepercayaan, pengawasan, siap menerima kritik, saran yang bersifat membangun, tegas dan menghormati kreativitas, inovasi dan motivasi. (2). Gaya kepemimpinan tersebut berdampak  pada peningkatan kinerja yang meliputi peningkatan kompetensi profesional, peningkatan kompetensi kepribadian dan peningkatan kompetensi sosial. Adapun Gaya kepemimpinan yang tidak berdampak pada kinerja adalah gaya kepemimpinan yang tidak punya rencana kerja, sulit menerima masukan, tidak memahami atau mengerti apa yang harus dikerjakan, sering terjadi ketidakjelasan pekerjaan, menimbulkan disharmoni, iklim kerja yang kurang kondusif, kurang disiplin, dan tidak ada pemberian motivasi, kurang adanya kontrol atau pengawasan.

References

Danim Sudarwan. 2008. Visi Baru Manajemen Sekolah dari Unit Birokrat ke Lembaga Akademik. Bumi Aksara. Jakarta.

Luthans, F. 2005. Organizational Behavior. New York: McGraw-hill.

Mathis, R.L. & J.H. Jackson. 2006. Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyasa. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Rivai, Vethzal & Basri. 2005. Peformance Appraisal: Sistem yang tepat untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahan.

Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.Robbins, Stephen P. dan Timothy A.

Judge. 2015. Perilaku Organisasi. Salemba Empat. Jakarta.

Suwarno. 2013. Memahami Ilmu Sosial. Jenggala Pustaka. Surabaya.

Downloads

PlumX Metrics

How to Cite

Suwarno, S., & Bramantyo, R. Y. (2019). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA ORGANISASI. Transparansi Hukum, 2(1). https://doi.org/10.30737/transparansi.v2i1.338

Most read articles by the same author(s)