PENELITIAN CAMPURAN ASPAL BETON DENGAN MENGGUNAKAN FILLER BUNGA PINUS

Authors

  • April Gunarto Fakultas Teknik Universitas Kadiri
  • Agata Iwan Candra Fakultas Teknik Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30737/ukarst.v3i1.351

Abstract

This study aims to determine the mixture of Pine Flowers using the Marshall method, and to determine the optimum asphalt content produced in concrete asphalt mixture with Pine Flower fillers, reviewed from the Marshall reserves, flow, VIM (voids In Mix), VMA (Void In Mineral ) Aggregate), VFB (Void Filled Bitumen), and Marshall quotient (MQ). The concrete asphalt mixture method in this study used AC 60/70 oil asphalt. This study consisted of 5 samples, each using different asphalt levels, namely: 5%, 5.5%, 6%, 6.5%, 7%. With each sample consisting of 3 variants of sample specimens. This research was conducted at the Technical Laboratory, the university attended. The stages of the study included a coarse aggregate of the solid rock held by filter no. 8 (2.36mm), fine aggregate with brantas river sand passes the no. 8 (2.36mm), and fillers use pine ashes bypassing filter no. 200 (0.075mm).The results of this study about Marshall characteristics obtained Optimal Asphalt levels of 6.5% with a mean Stability value of 1417, a mean Flow value of 3.6 mm, a mean value of VIM (voids In Mix) 4.11%, a mean value of VMA (Void In Mineral Aggregate 16.69%, VFB (Void Filled Bitumen) mean value 73.57%, and Marshall quotient (MQ) mean value 314 kg / mm

Keywords: Concrete Asphalt, Marshall Method, Pine Flowers


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan campuran Bunga Pinus menggunakan metode Marshall, dan untuk menentukan kadar aspal optimal yang dihasilkan dalam campuran aspal beton dengan pengisi Bunga Pinus, ditinjau dari cadangan Marshall, aliran, VIM (rongga Dalam Campuran), VMA (Void) Dalam Mineral) Agregat), VFB (Void Filled Bitumen), dan Marshall quotient (MQ). Metode campuran aspal beton dalam penelitian ini menggunakan aspal minyak AC 60/70. Penelitian ini terdiri dari 5 sampel, masing-masing menggunakan kadar aspal yang berbeda, yaitu: 5%, 5,5%, 6%, 6,5%, 7%. Dengan masing-masing sampel terdiri dari 3 varian spesimen sampel. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Teknis, universitas hadir. Tahapan penelitian termasuk agregat kasar dari batuan padat yang dipegang dengan filter no. 8 (2.36mm), agregat halus dengan pasir sungai brantas melewati no. 8 (2.36mm), dan pengisi menggunakan abu pinus melewati filter no. 200 (0,075mm) .Hasil penelitian ini tentang karakteristik Marshall diperoleh tingkat Asphalt Optimal 6,5% dengan nilai Stabilitas rata-rata 1417, nilai rata-rata Arus 3,6 mm, nilai rata-rata VIM (void Dalam Campuran) 4,11%, nilai rata-rata VMA (Void Dalam Mineral Agregat 16,69%, VFB (Void Filled Bitumen) nilai rata-rata 73,57%, dan Marshall quotient (MQ) nilai rata-rata 314 kg / mm

Kata Kunci: Aspal Beton, Metode Marshall, Bunga Pinus


References

AASHTO. 1990. Standard Specifications For Transportation Materials And Methods of Sampling and Testing. Part I. "Specifications". Fifteenth Edition. Washington,D.C

AASHTO. 1990. Standard Specifications For Transportation Materials And Methods of Sampling and Testing. Part II. "Tests".Fifteenth Edition.Washington,D.C

ASTM D 1559-76 atau AASHTO T-245-90, Rancangan Campuran Berdasarkan Metode Marshall.

Departemen Pekerjaan Umum. 1987. Petunjuk Pelaksanaan Lapis Aspal Beton (Laston) Untuk Jalan Raya.

Departemen Pekerjaan Umum. 1999. Pedoman Perencanaan Campuran Beraspal Panas Dengan Pendekatan Kepadatan Mutlak Jakarta: PT. Mediatama Saptakarya (PT. Medisa).

Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia. 2010. Spesifikasi Umum Divisi 6 hal 38

Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia. 2010. Spesifikasi Umum Divisi 6 Perkerasan Aspal

Purwadi, Didik. 2009. Pedoman Penulisan Laporan Kerja Praktik.Semarang: Program Diploma III Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.

Rancangan Spesifikasi Umum Bidang Jalan dan Jembatan, Divisi VI Perkerasan Beraspal, Dep. PU, Edisi April 2007

SNI 06-2489-1991. Prosedur Pengujian dengan Metode Marshall

Limantara, A. D., Candra, A. I., & Mudjanarko, S. W. (2017). Manajemen Data Lalu Lintas Kendaraan Berbasis Sistem Internet Cerdas Ujicoba Implementasi Di Laboratorium Universitas Kadiri. Prosiding Semnastek.

Jaya, R. P., Hassan, N. A., Mahmud, M. Z. H., Aziz, M. M. A., Hamzah, M. O., & Wan, C. N. C. (2014). Effect of aggregate shape on the properties of asphaltic concrete AC14. Jurnal Teknologi, 71(3).

Sugiyanto, G. (2017). Marshall test characteristics of asphalt concrete mixture with scrapped tire rubber as a fine aggregate. Jurnal Teknologi, 79(2).

Idham, M. K., & Hainin, M. R. (2015). The effect of incorporating reclaimed asphalt pavement on the performance of hot mix asphalt mixtures. Jurnal Teknologi, 77(32), 117-123.

Norhafizah, M., & Hainin, M. R. (2016). The effect of coconut shell on engineering properties of porous asphalt mixture. Jurnal Teknologi, 78(7-2).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-03-16

How to Cite

Gunarto, A., & Candra, A. I. (2019). PENELITIAN CAMPURAN ASPAL BETON DENGAN MENGGUNAKAN FILLER BUNGA PINUS. UKaRsT, 3(1), 46–55. https://doi.org/10.30737/ukarst.v3i1.351

Issue

Section

Articles