ANALISIS KINERJA PARKIR SEPANJANG JALAN WALIKOTA MUSTAJAB SURABAYA

Authors

  • Damarta Anugrah Yulmida Universitas Narotama
  • Sri Wiwoho Mudjanarko Universitas Narotama
  • M Iksan Setiawan Universitas Narotama
  • Arthur Daniel Limantara Universitas Kadiri http://orcid.org/0000-0001-5720-7713

DOI:

https://doi.org/10.30737/ukarst.v1i1.81

Abstract

Jumlah kendaraan yang meningkat di kota Surabaya membutuhkan lahan parkir yang mencukupi. Sepanjang ruas jalan protokol banyak dijumpai kendaraan parkir di tepi jalan. Larangan parkir masih dijumpai kendaraan parkir. Hal ini menunjukkan kebutuhan parkir sangat tinggi. Jalan Walikota Mustajab Surabaya menjadi salah satu objek penelitian parkir. Kemacetan yang terjadi di sepanjang jalan tersebut sangat menganggu aktifitas lalu lintas. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis kinerja parkir di ruas Jalan Walikota Mustajab Surabaya.Tujuan dari studi ini adalah untuk mendapatkan solusi yang dapat ditawarkan untuk menanggulangi kejenuhan di ruas Jalan Walikota Mustajab Surabaya. Metode yang mengunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) dan PedomanTeknik Direktorat Jendral Perhubungan Darat. Data yang dibutuhkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer berupa pengamatan  data lapangan yang terdiri  dari data jumlah kendaraan parkir, durasi parkir dan volume lalu lintas, sedangkan data sekunder didapatkan dari peta ruas Jalan Walikota Mustajab Surabaya. Hasil analisis studi diperoleh ruas jalan Walikota Mustajab telah mengalami kejenuhan dengan nilai derajat kejenuhan sebesar 1,31. Alternatif penanganan adalah membuat Off Street Parking, yang nilai derajat kejenuhannya berkurang sampai 0,85. Setelah diberlakukan Off Street Parking  derajat kejenuhan  menjadi berkurang. Selain itu dari segi karakteristik parkir pada ruas – ruas Jalan Walikota Mustajab diperoleh hasil volume parkir sebesar 544 mobil, dimana kapasitas parkir mencapai 58 Satuan Ruang Parkir. Akumulasi parkir terbesar  didapatkan nilai sebesar 29 mobil dan durasi parkir terlama adalah 60 menit dengan nilai 22.30% pada ruas Jalan Walikota Mustajab. Pada jalan Walikota Mustajab ini sistem tarif parkir masih menggunakan sistem tarif tetap dengan harga Rp.1500,- untuk sepeda motor dan Rp.3000,- untuk mobil. Disarankan memperbanyak penyediaan fasilitas  Off Street Parking seperti lahan kosong parkir Bangi Kopi Tiam yang memiliki pa­­­­njang 32 meter dan lebar 22 meter.

 

Kata kunci : Kinerja parkir, MKJI, kapasitas jalan

References

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia

Direktorat Jendral Perhubungan Darat, 1996, Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, Lampiran Keputusan Dirjen Perhubungan Darat Fasilitas Parkir, Jakarta.

Direktorat Jendral Perhubungan Darat, 1998, Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir, Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota, Jakarta.

Hobbs, FD., Perencanaan Teknik Lalu-Lintas, edisi kedua. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Khisty, Jotin C, Lall, Kent B, Dasar- dasar Rekayasa Transportasi, jilid 2, Erlangga, Jakarta.

Munawar, Ahmad, 2005 Analisis Kebutuhan Parkir di Lingkungan Kampus UGM. Yogyakarta : Makalah Pada Simposium III FSTPT UGM.

Ofyar Z. Tamin, 2003, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Penerbit ITB.

Pignataro, 1973, Traffig Engineering–Theory and Practice, Prentice Hall, Inc. Traffic Planning And Design.

Sulistio, Harnen, Sri Wiwoho Mudjanarko, 2011, Scenario Of Parking Distribution With Intelligent Transportation Systems, International Journal of Academic Research 3.2.

Supriono, Joko, Sri Wiwoho Mudjanarko, 2016, Evaluasi Kinerja Parkir Di Rsu Haji Surabaya, E-Jurnal Spirit Pro Patria 1.2.

Warpani, P. Suwardjoko, 2002, Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Bandung , Penerbit ITB.

Downloads

PlumX Metrics

How to Cite

Yulmida, D. A., Mudjanarko, S. W., Setiawan, M. I., & Limantara, A. D. (2018). ANALISIS KINERJA PARKIR SEPANJANG JALAN WALIKOTA MUSTAJAB SURABAYA. UKaRsT, 1(1), 11–18. https://doi.org/10.30737/ukarst.v1i1.81

Issue

Section

Articles