KUALITAS PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DI UPTD PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR KABUPATEN KEDIRI

Authors

  • Aditya Prajna Varistha Program Studi Magister Administrasi Publik

DOI:

https://doi.org/10.30737/interaksi.v2i1.6036

Keywords:

Pengujian Kendaraan Bermotor, Kabupaten Kediri, Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor pada Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan kendaraan bermotor pada Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri secara umum dinyatakan sudah baik dilihat dari aspek berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati.Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan memiliki faktor penghambat yaitu kurangnya kesadaran pemilik kendaraan untuk melaksanakan uji, kurang maksimalnya pendaftaran online, masih kurangnya sosialisasi akan pentingnya uji kendaraan dan belum maksimalnya integrasi dengan sistem Kementrian Perhubungan Republik Indonesia.

References

Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Amalia, A. R., Rzak, A. R. & Taufik, A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor di Dinas Perhubungan Kabupaten Pangkep, Volume 3, Nomor 2, 395 - 409, April 2022, https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index

Badan Pusat Statistika Kediri. (2023). Kediri Dalam Angka. Kediri: BPS Kediri.

Bungin, B. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT Raja Grafindo.

Creswell, John W. (2016). Pendekatan Metode kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Erlambang, N. (2019). Implementasi Kebijakan Pengujian Kendaraan Bermotor di Kota Kediri Oleh: Nanda Erlambang Nim 176030102111008 Universitas Brawijaya Pascasarjana 2019.

Ezmir. (2016). Metodologi penelitian kualitatif: Analisis data (Ed. 1, Cet). Rajawali Pers.

Harahap, A. F. (2021). Implementasi Pelayanan Online pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Rokan Ilir Oleh: Alfian Fikri Harahap Nim 177121029 Universitas Islam Riau Pascasarjana 2021.

Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Hurit, Kamilus (2017). Pengertian Transportasi. NASPA Journal, 42(4), 1

Jones, Charles O. (2012). Pengantar Kebijakan Publik. Jakarta: Gadjah Mada University Press

J.S. Badudu, Sutan Muhammad Zain. (2021). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 63 Tahun 1993 Tentang persyaratan ambang batas laik jalan kendaraan bermotor, kereta gandeng, kereta tempelan serta komponen-komponennya.

Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara No. 63 tahun 2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Kotler, P. A. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. In CEUR Workshop Proceedings. Sage Publications.

Moleong, L. J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Pasolong, Harbani. (2019). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 19 Tahun 2021 Tentang Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor

Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan.

Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: 1743/AJ.502/DJRD/2020 tentang Pedoman Teknis Lulus Uji Berkala Kendaraan Bermotor secara Elektronik.

Peraturan Daerah Kabupaten Kediri Nomor 2 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Di Kabupaten Kediri.

Peraturan Daerah Kabupaten Kediri Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor.

Peraturan Bupati Kabupaten Kediri Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penerapan Hari Kerja, Jam Kerja dan Apel Kerja Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri.

Peraturan Bupati Kediri Nomor 4 Tahun 2018 tentang Pembentukan Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengujian Kendaraan Bermotor pada Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri.

Rohani, I. & Putera, RE. (2023). Analisi Kualitas Pelayanan Publik di Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Pariaman.

Safuan, F. (2021). Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Transportasi Tentang Pengujian Kendaraan Bermotor di Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung. Jurnal MODERAT, Volume &, Nomor 3 https://ojs.unigal.ac.id?index.php/modrat

Saputra, D., Arbain, T., & Syafari, M. R. (2021). Kualitas Pelayanan Uji Berkala Kendaraan Bermotor Pada Upt. Pengujian Kendaraan Bermotor (Pkb) Di Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis, Vol. 5, No. 1, hal. 30-48, http://jurnal.stiatabalong.ac.id/index.php/PubBis

Setiawan, I. W., Widiati, I. A. P., & Suryani, L. P. (2022). Pelaksanaan Sistem Uji Kendaraan Bermotor dalam Mencegah Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Denpasar. Jurnal Analogi Hukum, 4(1), 71-75 https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/analogihukum

Setyowati, D. l., Firdaus, A. R. & Rohmah N. (2018). Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Samarinda. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, Vol.7, No. 3.

Syaifuddin, T. A. (2020). Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Di Dinas Perhubungan Kabupaten Sukoharjo. JI@P Vol. 9 No. 2, ISSN. 2355-4223, hal. 96-102

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

PlumX Metrics

Published

2025-02-26