STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS SALESMAN BARU UNTUK DIANGKAT MENJADI PEGAWAI TETAP
DOI:
https://doi.org/10.30737/jaim.v7i1.4971Keywords:
New Salesman, Strategies, sales divison, Products and services.Abstract
Setiap perusahaan memiliki budaya yang berbeda. Jika salesman baru tidak cocok dan tidak dapat beradaptasi dengan budaya perusahaan, hal ini dapat mempengaruhi motivasi dan kinerja mereka. Perusahaan hingga saat ini belum menyediakan pelatihan yang memadai atau kurangnya dukungan dari rekan-rekan dan manajemen, mereka mungkin merasa terabaikan, sehingga salesman baru merasa putus asa dan menyerah sebelum diangkat menjadi pegawai tetap. Berikut adalah beberapa strategi yang di terapkan oleh perusahaan PT. Astra International Tbk-Honda Cabang Teuku Umar agar salesman baru bisa segera untuk diangkat menjadi pegawai tetap dalam masa trainingnya selama 3 bulan, sebagai berikut: Selalu menjaga kekompakan team dan motivasi kerja (Hal utama dan paling utama bagi divisi sales adalah terjaganya kekompakan team dan konsistensi dalam menjaga motivasi kerja. Untuk mengatasi permasalahan ini. Strategi-strategi tersebut dapat mencakup perubahan dalam proses perekrutan, peningkatan pelatihan, pendampingan yang lebih baik, penyesuaian target dan insentif, pemantauan kinerja yang lebih efektif, dan serta menciptakan budaya kerja yang mendukung pertumbuhan dan kolaborasi. Dengan pendekatan yang komprehensif, perusahaan dapat meningkatkan kualitas salesman baru dan akhirnya meningkatkan kinerja penjualan secara keseluruhan.
Kata kunci: Salesman Baru, Strategi, PT. Astra International Tbk-Honda Cabang Teuku Umar, divisi sales, produk dan layanan.
References
Fadhlul Wafi Aria Wirya Admaja. (n.d.).
Dessler, G. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Indonesia: Indeks.
Handoko, H. (2000). Manajemen Personalia & Sumber daya Manusia.
Jappi, B., & Setiawan, R. (2015). STUDI DESKRIPTIF PROGRAM PELATIHAN PADA PT. ASTRAINTERNATIONAL.Tbk-TOYOTA SALES OPERATION CABANG PECINDILAN SURABAYA (Vol. 3, Issue 1).
Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Rajagrafindo Persada: Jakarta.
Mukhtar.(2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group
Rachmawati, I. K. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. ANDI.
Salmah, N.N.A. (2012). Pengaruh Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Terhadap Kompetensi Karyawan Pada PT. Muba Electric Power Sekayu.
Setiawan, V., & Hidayat, R. (2015). PENGARUH METODE PELATIHAN TERHADAP KOMPETENSI KARYAWAN NDT (Non Destructive Test) PADA PT XYZ. 3(2), 142–149.
Triyono, A. (2012). Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta:ORYZA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Trisna Puspita Sari trisna, Nilna Muna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with JAIM : Jurnal Abdi Masyarakat agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).