STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS SALESMAN BARU UNTUK DIANGKAT MENJADI PEGAWAI TETAP

Authors

  • Trisna Puspita Sari trisna Universitas Pendidikan Nasional
  • Nilna Muna Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.30737/jaim.v7i1.4971

Keywords:

New Salesman, Strategies, sales divison, Products and services.

Abstract

Setiap perusahaan memiliki budaya yang berbeda. Jika salesman baru tidak cocok dan tidak dapat beradaptasi dengan budaya perusahaan, hal ini dapat mempengaruhi motivasi dan kinerja mereka. Perusahaan hingga saat ini belum menyediakan pelatihan yang memadai atau kurangnya dukungan dari rekan-rekan dan manajemen, mereka mungkin merasa terabaikan, sehingga salesman baru merasa putus asa dan menyerah sebelum diangkat menjadi pegawai tetap. Berikut adalah beberapa strategi yang di terapkan oleh perusahaan PT. Astra International Tbk-Honda Cabang Teuku Umar agar salesman baru bisa segera untuk diangkat menjadi pegawai tetap dalam masa trainingnya selama 3 bulan, sebagai berikut: Selalu menjaga kekompakan team dan motivasi kerja (Hal utama dan paling utama bagi divisi sales adalah terjaganya kekompakan team dan konsistensi dalam menjaga motivasi kerja. Untuk mengatasi permasalahan ini. Strategi-strategi tersebut dapat mencakup perubahan dalam proses perekrutan, peningkatan pelatihan, pendampingan yang lebih baik, penyesuaian target dan insentif, pemantauan kinerja yang lebih efektif, dan serta menciptakan budaya kerja yang mendukung pertumbuhan dan kolaborasi. Dengan pendekatan yang komprehensif, perusahaan dapat meningkatkan kualitas salesman baru dan akhirnya meningkatkan kinerja penjualan secara keseluruhan.

Kata kunci: Salesman Baru, Strategi, PT. Astra International Tbk-Honda Cabang Teuku Umar,  divisi sales, produk dan layanan.

References

Fadhlul Wafi Aria Wirya Admaja. (n.d.).

Dessler, G. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Indonesia: Indeks.

Handoko, H. (2000). Manajemen Personalia & Sumber daya Manusia.

Jappi, B., & Setiawan, R. (2015). STUDI DESKRIPTIF PROGRAM PELATIHAN PADA PT. ASTRAINTERNATIONAL.Tbk-TOYOTA SALES OPERATION CABANG PECINDILAN SURABAYA (Vol. 3, Issue 1).

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Mukhtar.(2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group

Rachmawati, I. K. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. ANDI.

Salmah, N.N.A. (2012). Pengaruh Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Terhadap Kompetensi Karyawan Pada PT. Muba Electric Power Sekayu.

Setiawan, V., & Hidayat, R. (2015). PENGARUH METODE PELATIHAN TERHADAP KOMPETENSI KARYAWAN NDT (Non Destructive Test) PADA PT XYZ. 3(2), 142–149.

Triyono, A. (2012). Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta:ORYZA.

PlumX Metrics

Published

11/30/2023

How to Cite

trisna, T. P. S., & Nilna Muna. (2023). STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS SALESMAN BARU UNTUK DIANGKAT MENJADI PEGAWAI TETAP. Jurnal Abdi Masyarakat, 7(1), 125–133. https://doi.org/10.30737/jaim.v7i1.4971