SCREENING PELAKSANAAN PROTOKOL KESEHATAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LOMBOK TIMUR

Authors

  • Eko Winarti Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri
  • Yudied Agung Mirasa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri
  • Adelita Setiawan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Surabaya
  • Dhiana Setyorini Politeknik Kesehatan Departemen Kesehatan Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30737/jaim.v5i2.2449

Keywords:

Kata kunci, COVID-19, Penyuluhan, Protokol kesehatan, Sekolah dasar.

Abstract

Pemerintah Kabupaten Lombok Timur mengambil suatu kebijakan untuk membuka sekolah secara bertahap khususnya pada daerah kecamatan dengan zona hijau termasuk SDN Sukaraja 02 sejak 16 November 2020. Namun, penerapan protokol kesehatan seperti perilaku PHBS termasuk pemakaian APD, cuci tangan, pengaturan jaga jarak, dan fasilitas untuk cuci tangan masih kurang penerapannya. Maka, diperlukan langkah strategis melalui pengabdian masyarakat berbasis penyuluhan kepada guru dan peserta didik. Pengabdian masyarakat ini dilakukan pada 18 sampai 21 November 2021, meliputi beberapa tahapan antara lain studi pendahuluan, observasi sarana prasarana pendukung penerapan protokol kesehatan, observasi perilaku penerapan protokol kesehatan, identifikasi permasalahan, penyuluhan kesehatan, dan penyuluhan terkait penerapan protokol kesehatan dalam masa pandemik COVID-19 di lingkungan sekolah. Hasil dari program ini menunjukkan selama masa penerapan tatap muka proses belajar mengajar, belum ditemukan kasus yang terkonfirmasi positif COVID-19. Kemudian dilakukan diskusi dan koordinasi serta memberikan rekomendasi kepada Dinas kesehatan Lombok timur, Puskesmas Sukaraja dan Kepala sekolah SDN Sukaraja 02 terkait penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah. Tahapan penyuluhan kesehatan merupakan langkah aplikatif untuk peserta didik, sehingga mampu mencuci tangan dengan benar dan menggunakan masker, yang pada dasarnya komunikasi dan penyuluhan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat pendidikan untuk melaksanakan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran penularan COVID-19.

 

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Ardi Sulata, M., & Aziz Hakim, A. (2020). Gambaran Perkuliahan Daring Mahasiswa Ilmu Keolahragaan UNESA Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8(3).

Atmojo, J. T. et al. (2020) ‘Penggunaan Masker Dalam Pencegahan dan Penanganan Covid- 19: Rasionalitas, Efektivitas, Dan Isu Terkini’, Avicenna : Journal of Health Research, 3(2), pp. 84–95. doi: 10.36419/avicenna.v3i2.420.

Cheng, X. (2020). Challenges of'school’s out, but class’s on'to school education: Practical exploration of Chinese schools during the COVID-19 Pandemic. Sci Insigt Edu Front, 5(2), 501-516.

Daniel, J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects, 49(1), 91-96.

Dumford, A. D., & Miller, A. L. (2018). Online learning in higher education: exploring advantages and disadvantages for engagement. Journal of Computing in Higher Education, 30(3), 452-465.

Firman and Rahman, S. R. (2020) ‘Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19’, Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), pp. 81–89. doi: 10.31605/ijes.v2i2.659.

Gurdasani, D., Alwan, N. A., Greenhalgh, T., Hyde, Z., Johnson, L., McKee, M., Michie, S., Prather, K. A., Rasmussen, S. D., & Reicher, S. (2021). School reopening without robust COVID-19 mitigation risks accelerating the pandemic. The lancet, 397(10280), 1177-1178.

Hasanah, A. et al. (2020) ‘Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19’, Jurnal Pendidikan, 1(1), pp. 4–8. Available at: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/e print/30565.

Kementerian Kesehatan RI (2020) Cuci Tangan Kunci Bunuh Virus Covid-19, Kementerian Kesehatan RI. Available at: https://www.kemkes.go.id/art icle/view/20050700001/cuci- tangan-kunci-bunuh-virus- covid-19.html.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020a) ‘Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19’. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pp. 1–14.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020b) Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran Dan Tahun Akademik Baru Di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid- 19), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Available at: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/panduan- penyelenggaraan-pembelajaran-pada-tahun-ajaran-dan-tahun-akademik-baru-di-masa-covid19.

Liu, J. et al. (2020) ‘Community Transmission of Severe Acute Respiratory’, Emerging Infectious Diseases, 26(6), pp. 1320–1323.

Li, W., Liao, J., Li, Q., Baskota, M., Wang, X., Tang, Y., Zhou, Q., Wang, X., Luo, X., & Ma, Y. (2020). Public health education for parents during the outbreak of COVID-19: a rapid review. Annals of translational medicine, 8(10).

Makur, A. P., Jehadus, E., Fedi, S., Jelatu, S., Murni, V., & Raga, P. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1-12.

Rias, Y. A., Rosyad, Y. S., Chipojola, R., Wiratama, B. S., Safitri, C. I., Weng, S. F., Yang, C. Y., & Tsai, H. T. (2020). Effects of Spirituality, Knowledge, Attitudes, and Practices toward Anxiety Regarding COVID-19 among the General Population in INDONESIA: A Cross-Sectional Study. Journal of Clinical Medicine, 9(12), 3798.

Sulata, M. A. and Hakim, A. A. (2020) ‘Gambaran Perkuliahan Daring Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Unesa Di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Kesehatan Olahraga, 8(3), pp. 147–156.

Theopilus, Y. et al. (2020) ‘Analisis Risiko Produk Alat Pelindung Diri (APD) Pencegah Penularan COVID-19 untuk Pekerja Informal di Indonesia’, Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 9(2), pp. 115–134. doi:10.26593/jrsi.v9i2.4002.115-134.

World Health Organization (2020a) ‘Infection Prevention and Control of Epidemic- and Pandemic-prone Acute Respiratoty Infections in Health Care’, World Health Organization, pp. 1–156. doi: 10.1002/9781118584538.ieba 0303.

World Health Organization (2020b) ‘Transmisi SARS-CoV-2: implikasi terhadap kewaspadaan pencegahan infeksi’, World Health Organization, pp. 1–10.

Yudi Firmansyah and Fani Kardina (2020) ‘Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah Dan Peserta Didik’, Buana Ilmu, 4(2), pp. 99–112. doi: 10.36805/bi.v4i2.1107. dilihat 12 Mei 2021.

Downloads

Additional Files

PlumX Metrics

Published

04/27/2022

How to Cite

Winarti, E., Mirasa, Y. A., Setiawan, A., & Setyorini, D. (2022). SCREENING PELAKSANAAN PROTOKOL KESEHATAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LOMBOK TIMUR. Jurnal Abdi Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.30737/jaim.v5i2.2449