EDUKASI DAN PENDAMPINGAN ALTERNATIF INVESTASI GENERASI Z SEBAGAI FUTURE INVESTOR
DOI:
https://doi.org/10.30737/janka.v1i2.3261Abstract
Tren dan prospek investasi di kalangan generasi Z semakin merangkak naik, akan tetapi faktanya di lapangan masih banyak Gen Z yang mengalami keraguan dalam memulai investasi dan bingung dalam menentukan produk investasi yang tepat serta aman. Padahal Gen Z akan menjadi future investor yang menjadi penggerak dan penerus dalam dunia investasi. Oleh karena itu, Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan suatu edukasi pada Gen Z mengenai dasar investasi serta alternatif investasi terutama investasi yang memiliki risiko rendah seperti Surat Berharga Negara (SBN) yang meliputi SBR, ORI maupun Sukuk sehingga diharapkan para Gen Z memiliki pemahaman yang baik mengenai investasi serta mengetahui alternatif investasi yang memiliki risiko rendah di tengah pandemi COVID-19. Dari hasil post-test didapat kesimpulan bahwa sebanyak 71 peserta tertarik berinvestasi di SBN sebanyak 97,2% dan 62% diantaranya berkeinginan menempatkan investasi pada ORI, 22,5% diantaranya tertarik pada investasi Sukuk dan sisanya sebesar 15,5% tertarik berinvestasi pada SBR. Berdasarkan hasil test, diperoleh data bahwa kegiatan edukasi ini berhasil meningkatkan pengetahuan atas investasi sebesar 90%.References
Aristantia, S. E. (2020). Pesona Sukuk Ritel Seri 13 (SR013) sebagai Alternatif Investasi
di Masa Pandemi Covid-19. El-Qist : Journal of Islamic Economics and Business
(JIEB), 10(2), 133–145. https://doi.org/10.15642/elqist.2020.10.2.133-145
Fadilah, M. N., Indriwan, N., Khoirunnisa, N., & Mulyantini, S. (2022). Review Faktor
Penentu Keputusan Investasi pada Generasi Z dan Millenial. 2(1), 17–29.
http://journal.politeknik-pratama.ac.id/index.php/IMK page17
Rachmawati, A., & Alhazami, L. (n.d.). Strategi Pemulihan Ekonomi Pada Bidang
Pariwisata di Era New Normal DKI Jakarta. 4(1), 1–19.
Salkiah, B. (2020). Perubahan Pendidikan Dan Ekonomi Dimasa Pandemi Covid-19.
Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 15(1), 5–24.
Saputra, R. (2020). Analisis Faktor Investasi Pada Mahasiswa Generasi Z Di Bandung.
Jurnal Ilmu Keuangan Dan Perbankan (JIKA), 9(1), 41–57.
https://doi.org/10.34010/jika.v9i1.2679
Widiade, I. K. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Baca-Tulis Berbasis Sekolah Di
Sdn 02 Dan 04 Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal,
(1), 53–60. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i1.55
Wiyanto, H., Reinhard, Y., Cecilia, I., & Anthoni, A. (2021). EDUKASI PENGENALAN
INVESTASI PADA GENERASI Z SMK MUTIARA BANGSA TIGA | Wiyanto |
PROSIDING SERINA. Lppm Untar, 1(No. 1), 1117–1124.
https://journal.untar.ac.id/index.php/PSERINA/article/view/17628