PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP KETRAMPILAN MEMANDIKAN NEONATUS USIA 0 – 14 HARI PADA IBU NIFAS

Authors

  • Putri Wahyu wigati universitas kadiri
  • Dewi Kartikasari Universitas Kadiri
  • Yunita Puspita
  • Rudi Tri Prasetyo

DOI:

https://doi.org/10.30737/jubitar.v4i2.5253

Abstract

Memandikan bayi memiliki tantangan tersendiri bagi para orang tua terutama bila mereka baru pertama kali memiliki bayi. Mandi selain membersihkan tubuh bayi juga merupakan saat yang tepat untuk mencurahkan kasih sayang orang tua kepada anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ketrampilan dan sikap ibu nifas tentang memandikan bayi usia 0-14 hari di Kelurahan Pojok Kota Kediri Tahun 2023.

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional, besar sampel 23 orang dengan metode pengambilan sampel total sampling. Penelitian ini dilakukan selama bulan September 2023. Instrument dalam penelitian ini berupa kuesioner pendidikan kesehatan dan ketrampilan ibu nifas.

 Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas ibu nifas cukup mengerti tentang pendidikan kesehatan serta cukup terampil dalam memandikan bayinya. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar tenaga kesehatan lebih meningkatkan konseling dan penatalaksanaan kepada ibu nifas tentang memandikan bayi usia 0-14 hari.

 

Kata Kunci: Pendidikan kesehatan, Ketrampilan, Memandikan bayi

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-12-21

How to Cite

wigati, P. W., Kartikasari, D., Puspita, Y., & Tri Prasetyo, R. (2023). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP KETRAMPILAN MEMANDIKAN NEONATUS USIA 0 – 14 HARI PADA IBU NIFAS. Jurnal Bidan Pintar, 4(2). https://doi.org/10.30737/jubitar.v4i2.5253