FAKTOR-FAKTOR PELAYANAN KEBIDANAN YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN

Authors

  • Setiawati Isa Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Fifi Ishak Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Fatma Zakaria Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Thamrin A Kum Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30737/jubitar.v6i2.6685

Abstract

Abstrak

 

Mutu pelayanan kebidanan merupakan faktor penting dalam menentukan tingkat kepuasan pasien. Kepuasan pasien yang tinggi mencerminkan pelayanan yang berkualitas dan berdampak pada peningkatan penggunaan layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pelayanan kebidanan yang mempengaruhi kepuasan pasien di Puskesmas Hulonthalangi. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 100 responden yang diperoleh melalui teknik accidental sampling. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara seluruh dimensi pelayanan kebidanan dengan kepuasan pasien, yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, bukti fisik, dan empati, dengan nilai p-value = 0.000 (<0.05). Penelitian ini menegaskan bahwa kualitas pelayanan yang mencakup aspek profesionalisme, responsivitas, fasilitas fisik, serta perhatian dan empati tenaga kesehatan berpengaruh nyata terhadap kepuasan pasien. Oleh karena itu, peningkatan mutu pelayanan kebidanan perlu menjadi prioritas untuk mencapai pelayanan yang lebih optimal.

 

Kata kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Kebidanan

References

DAFTAR PUSTAKA

Anggrae.ni, L. (2020). Modul Pe.ngantar Praktik Ke.bidanan. 37–49.

Anjayati, S. (2021). Re.vie.w Artike.l: Analisis Kualitas Pe.layanan Te.rhadap Ke.puasan Pasie.n Di Puske.smas Me.nggunakan Me.tode. Se.rvqual. Nursing Care. and He.alth Te.chnology Journal (NCHAT), 1(1), 31–38. https://doi.org/10.56742/nchat.v1i1.7

Arbe.y, M. Q., Purwadhi, & Andriani Rian. (2024). Pe.ngaruh Kualitas Pe.layanan Rawat Jalan Dokte.r Spe.sialis Te.rhadap Ke.puasan Pasie.n Pe.se.rta BPJS Studi Kasus Pada RS E.ko Maulana Ali Kabupate.n Bangka. Cakrawala Re.positori IMWI, 7(1), 3026–3042. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v7i1.597

Ardian, I., Nu’im Haiya, N., & Azizah, I. R. (2021). Kualitas pe.layanan ke.pe.rawatan me.ningkatkan ke.puasan dan loyalitas pasie.n. NURSCOPE.: Jurnal Pe.ne.litian Dan Pe.mikiran Ilmiah Ke.pe.rawatan, 7(2), 86–96.

Bintang, M., Purba, I. E.., Purba, A., Ke.tare.n, O., & Se.mbiring, R. (2022). Faktor−Faktor yang Be.rhubungan de.ngan Ke.puasan Pasie.n Dalam Pe.layanan Ke.bidanan di Puske.smas Martubung. 6.

Damayanti, F. N., De.wi, M. U. K., & Puspitaningrum, D. (2023). Buku Ajar Praktik Ke.bidanan.

De.wi, C., & Nurjannah, A. (2020). Hubungan mode.l 4a (four as) dalam pe.manfaatan layanan ke.se.hatan pasie.n rawat inap pe.se.rta bpjs ke.se.hatan non pbi di RSUD Kabupate.n Pangke.p. Jurnal Promotif Pre.ve.ntif, 3(1), 1–13.

E.ffe.ndi, K. (2020). Tingkat Ke.puasan Pasie.n Te.rhadap Pe.layanan Ke.se.hatan Di Uptd Puske.smas Mutiara Tahun 2019. E.xce.lle.nt Midwife.ry Journal, 3(2), 82–90.

Fitria Siswi, I. M. (2020). Konse.p Pe.layanan Prima.

Hatijar, H., Utama, R. P., & Toyo, D. S. (2021). Hubungan Ke.puasan Klie.n Post Natal Care. Te.rhadap Kualitas Pe.layanan Bidan Di Puske.smas. Jurnal Ilmiah Ke.se.hatan Sandi Husada, 10(2), 585–591. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.654

Jumiatun, J., & Nani, S. A. (2020). Analisis ke.siapan bidan dalam pe.laksanaan pe.layanan ke.bidanan komple.me.nte.r. Jurnal SMART Ke.bidanan, 7(2), 71–75.

Juwa, M. M. M. (2023). Manaje.me.n Asuhan Ke.bidanan Ante.natal de.ngan Ane.mia pada Trime.ste.r I. Jurnal Impre.si Indone.sia, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.58344/jii.v2i1.1794

Maita, L. (2021). Analisis Faktor Inte.rnal Kine.rja Bidan Dalam Pe.layanan Ke.bidanan Be.rke.lanjutan. Jurnal Ke.bidanan Malahayati, 7(3), 359–364. https://doi.org/10.33024/jkm.v7i3.3639

Muhammad, D., Almasyhuri, A., & Se.tiani, L. A. (2020). E.valuasi Tingkat Ke.puasan Pasie.n Te.rhadap Pe.layanan Ke.farmasian Di Rumah Sakit Se.karwangi Cibadak Kabupate.n Sukabumi. Jurnal Ilmiah Ilmu Te.rapan Unive.rsitas Jambi, 4(2), 174–186.

Nirmala, S. A., & Mandiri, A. (2021). Pilihan Je.nis Pe.layanan Bidan pada Masyarakat Urban, Sub-Urban dan Rural. Jurnal Ke.se.hatan Vokasional, 5(4), 232. https://doi.org/10.22146/jke.svo.60289

Philip, R. L., Se.lvia, A., & Haryati, S. D. (2024). Jurnal Ke.se.hatan Unggul Ge.milang KE.PUASAN PASIE.N BE.RSALIN DI PMB ‘ N ’ KOTA BATAM. 8(9), 147–152.

Rodiyatun, Anisak, S., & Sukma, V. Y. (2022). Komunikasi Dan Ke.puasan Pasie.n Pada Pe.layanan Ke.bidanan Saat Pande.mi Di Puske.smas Socah. Jurnal Pe.ne.litian Ke.se.hatan" SUARA FORIKE.S"(Journal of He.alth Re.se.arch" Forike.s Voice."), 13(2), 106–110.

Safira, A. R., & Dhamanti, I. (2021). Infe.ctions Pre.ve.ntion and Control (IPC) Programs in Hospitals. Journal of He.alth Scie.nce. and Pre.ve.ntion, 5(1), 23–32. https://doi.org/10.29080/jhsp.v5i1.396

Sarika. (2023). Hubungan Komunikasi Ve.rbal Dan Non Ve.rbal Bidan De.ngan Ke.puasan Pasie.n Di Ruang Kia / Kb Puske.smas Langsa Timur The. Re.lationship Be.twe.e.n Ve.rbal And Non Ve.rbal Communication With Patie.nts ’ Satisfaction In KIA / KB Langsa E.ast Puske.smas. Journal of He.altcare. Te.chnology and Me.dicine. Vol. 9 No. 2 Oktobe.r 2023 Unive.rsitas Ubudiyah Indone.sia e.-ISSN : 2615-109X, 9(2), 1334–1341.

Se.ran, M. A., A’Yun, S. Q., & Sari, W. A. (2023). Hubungan Mutu Pe.layanan Ke.bidanan De.ngan Tingkatke.puasan Pasie.n Di Puske.smas Oe.poi Dinas Ke.se.hatan Kota Kupang. Prima Wiyata He.alth, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.60050/pwh.v4i1.38

Sopiandy, D., & Silva. (2021). Potre.t Pe.nanganan Pe.layanan Ke.se.hatan Ibu Dan Anak Dalam Masa Pande.mi Covid-19 Di Indone.sia Portrait Of The. Handling Of Mate.rnal And Child He.althse.rvice.s During The. Covid-19 Pande.mic In Indone.sian. Me.dia Publikasi Pe.ne.litian Ke.bidanan, 4(2), 2019–2022.

Tamara, T., & Vip, P. (2021). Faktor-Faktor Yang Me.mpe.ngaruhi Ke.puasan Pasie.n Rawat Inap Te.rhadap Pe.layanan Di Rumah Sakit. Jurnal Ke.se.hatan Dan Masyarakat (Jurnal Ke.Fis), 1(1), 26–31.

Undang-undang RI. (2019). Undang-undang RI No. 4 Tahun 2019 Te.ntang Ke.bidanan. Te.ntang Ke.bidanan, 10, 2–4.

Wardana, L. (2023). Faktor yang Be.rhubungan de.ngan Kine.rja pada Pe.layanan Ante.natal Care. di Puske.smas Dasan Agung Kota Mataram Tahun 2023. 2(Se.pte.mbe.r), 43–51.

Yuliana, & Punama, I. (2021). Manage.me.nt Pe.masaran. Manaje.man Pe.masaran Jasa, 4(2), 96.

Downloads

Published

2025-11-11

Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/ojs.unik-kediri.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68

How to Cite

FAKTOR-FAKTOR PELAYANAN KEBIDANAN YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN. (2025). Jurnal Bidan Pintar, 6(2), 948-959. https://doi.org/10.30737/jubitar.v6i2.6685