HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN KEJADIAN TANTRUM PADA ANAK

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30737/jubitar.v6i2.6801

Abstract

Abstrak

Tantrum merupakan perilaku destruktif yang dilakukan anak dalam mengekspresikan emosi, rasa frustasi, dan kecewa dikarenakan keinginannya tidak terpenuhi. Anak-anak di Indonesia umumnya mengalami tantrum saat berusia 1 tahun dan frekuensinya dapat meningkat dari 23% hingga 83% saat berusia 2 hingga 4 tahun. Akibat yang ditimbulkan anak akan mengalami cedera fisik saat terjadinya ledakan emosi, dan anak tantrum ketika dewasa akan mempunyai kontrol diri yang rendah dan mudah marah. Pengasuhan orang tua dapat memberikan dampak besar dalam kemungkinan anak untuk menjadi tantrum. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan pola asuh dengan kejadian tantrum pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel merupakan total populasi sebanyak 35 responden. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Hasil penelitian dianalisis dengan uji chi square dilanjutkan dengan fisher’s exact dengan hasil (ρ = 0,029 < 0,05) yang berarti ada hubungan antara pola asuh dengan kejadian tantrum pada anak. Hampir seluruhnya anak yang tidak tantrum mendapatkan pola asuh demokratis dan pola asuh campuran (demokratis dan otoriter). Pemberian pola asuh yang sesuai dengan kondisi anak dapat mencegah terjadinya tantrum. Disarankan pada orang tua untuk memberikan pola asuh sesuai dengan kebutuhan anak yang dalam penelitian ini pola asuh demokratis menunjukan hasil emosional anak yang baik.

 

Kata kunci : balita, pola asuh, tantrum

References

DAFTAR PUSTAKA

Alini, A., & Jannah, W. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kejadian Temper Tantrum pada Anak Usia Prasekolah di Kelompok Bermain Permata. Jurnal Ners, 3(2), 1-10.

Asma Fadhilah Hanifah, H., Aisyah, D. S., & Karyawati, L. (2021). Dampak Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 90-104.

Galuh, S.(2022).Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Dan Potensi Tantrum Pada Balita Di Posyandu Melati Karbes Wilayah Kerja Puskesmas Mulyorejo.Kota Malang:Sarjana Terapan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Malang.

Iroe, V.P.(2018).Hubungan Iklim Sekolah Dengan Perilaku Temper Tantrum Pada Anak Pra Sekolah Usia 24 Samapi 48 Bulan Di Pos Paud Kelurahan Jatimulyo.Kota Malang: Sarjana Terapan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Malang.

Istiqomah, N., Sutomo, R., & Hartini, S. (2020). Hubungan pola asuh ibu dengan perilaku pada anak sekolah dasar. Sari Pediatri, 21(5), 302-9.

Mandasari, M.R.(2022).Hubungan Jenis Pola Asuh Terhadap Kejadian Sibling Rivalry Pada Anak Usia Sekolah.Kota Malang:Sarajana Terapan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Malang.

Rohman Dwi Hanura, A. F. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kejadian Temper Tantrum Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di Paud Pelangi II Desa Kepel Kec. Kare Kab Madiun. Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun.

Ramlis, R., & Sutrisna, M. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Prasekolah (Usia 3-6 Tahun) Di Paud It Auladuna 1 Kota Bengkulu. Journal Of Nursing And Public Health, 10(1), 112-120.

Sipada, S. V., Ake, J., & Rakinaung, N. E. (2020). Hubungan Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Usia Anak Prasekolah Di Desa Matanga Kabupaten Banggai Laut Sulawesi Tengah (Doctoral Dissertation, Universitas Katolik De La Salle).

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157-170.

Suryani, D., Yuniarni, D., & Miranda, D. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(1).

Salameh, A. K. B., Malak, M. Z., Al-Amer, R. M., Al Omari, O. S., El-Hneiti, M., & Sharour, L. M. A. (2021). Assessment of temper tantrums behaviour among preschool children in Jordan. Journal of Pediatric Nursing, 59, e106-e111.

Sugiyono. (2021). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683-696.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Windarti, N. A., Chasanah, N., & Purwanto, F. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Pengembangan Ilmu Dan Praktik Kesehatan, 1(3), 17-26.

Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan sosial emosional anak usia pra sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221-228.

Zuhroh, D. F., & Kamilah, K. (2021). Hubungan Karakteristik Anak dan Ibu Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah. Indonesian Journal of Professional Nursing, 1(2), 24-33.

Downloads

Published

2025-11-11

Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/ojs.unik-kediri.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68

How to Cite

HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN KEJADIAN TANTRUM PADA ANAK. (2025). Jurnal Bidan Pintar, 6(2), 980-990. https://doi.org/10.30737/jubitar.v6i2.6801