HUBUNGAN STATUS GIZI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA PRASEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.30737/jubitar.v6i2.6804Abstract
Abstrak
Pertumbuhan dan perkembangan anak yang baik ditentukan oleh asupan gizi yang seimbang, kualitas maupun kuantitasnya, mencakup air, karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral untuk memperoleh tenaga yang cukup. Kecukupan gizi yang baik dapat membantu pertumbuhan anak menjadi optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui hubungan status gizi dengan perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, menggunakan teknik total sampling didapatkan 42 anak usia 4-5 tahun. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan pemeriksaan SDIDTK, kemudian data diolah dan dianalisa dengan uji statistik Sperman’s rank. Hasil penelitian menunjukkan p value : 0.000 lebih kecil dari α = 0,05 artinya ada hubungan status gizi terhadap perkembangan motorik kasar anak usia prasekolah. Diharapkan orang tua dapat memperhatikan kecukupan gizi anak dan memberikan stimulasi berdasar usia anak sehingga pertumbuhan dan perkembangan motorik kasar anak dapat berkembang optimal. Selain itu tenaga kesehatan dapat melakukan pemantauan rutin status gizi dan perkembangan anak secara berkala.
Kata kunci : status gizi, motorik kasar, anak usia prasekolah
References
DAFTAR PUSTAKA
Almatsier, S. (2019). Prinsip dasar Ilmu Gizi. PT Gramedia Pustaka Utama.
Alwi, M. (2018). Meningkatkan potensi psikomotorik siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Primary, 6(1), 23–27.
Ariani, P. (2017). Ilmu Gizi (1st ed.). Nuha Medika.
Dinkes Jatim. (2023). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2023. https://dinkes.jatimprov.go.id/userfile/dokumen/PROFIL KESEHATAN PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2023.pdf
Endarwati, S. Komariyah, S. (2017). Hubungan Status Gizi dan Perkembangan Anak Usia 1-3 tahun di Kelurahan Campurejo Kec. Mojoroto Kota Kediri. Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32831/jik.v6i1.157
Herni, F. & T. dkk. (2023). Hubungan Status Gizi dengan Perkembangan anak usia 3-5 tahun. Malahayati Nursing Journal, 5(8), 2559–2567. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/105322547/Download_20Artikel-libre.pdf?1693181245=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DHubungan_Status_Gizi_dengan_Perkembangan.pdf&Expires=1756915885&Signature=XkxhR7pBgytKUNHrYPdVrHSJecl49tcz3cIFYTCLAx
Kemenkes RI. (2021). Buku Saku Hasil Studi Status Gizi Indonesia. SSGI.
Luh Putu Sri Yuliastuti, Ana Lestari, E. G. K. (2024). Hubungan Pendidikan dan Pekerjaan ibu dengan status gizi anak prasekolah. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(2), 999–1006. https://sg.docworkspace.com/d/sIAiA36TxAejfk7wG
Marimbi, H. (2018). Tumbuh Kembang, Status Gizi dan Imunisasi Dasar pada balita. Nuha Medika.
Musfirah, N. & R. dkk. (2022). Hubungan status gizi terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Bontoramba. PAUD Agapedi, 4(1), 1–10. https://eprints.unm.ac.id/34154/1/ARTIKEL.pdf
Sunardi & Sunaryo. (2019). Intervensi Dini Anak berkebutuhan Khusus. Depdiknas.
WHO. (2020). Improving Early Childhood Development.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Susiani Endarwati, Novitalia Novitalia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/ojs.unik-kediri.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68
