Hubungan antara Umur dan Riwayat Hipertensi dengan Kejadian Preeklampsia Pada Ibu Hamil di RSUD Paniai Kabupaten Paniai Papua Tengah

Authors

  • Norva Liling Tumonglo Program Studi Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kadiri
  • Khofidhotur Rofiah Program Studi Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kadiri
  • Erike Yunicha Viridula Program Studi Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kadiri

Abstract

 Pre-eklampsia merupakan suatu kondisi spesifik kehamilan di mana hipertensi terjadi setelah
minggu ke- 20 pada wanita yang sebelumnya memiliki tekanan darah normal. Kejadian preeklamsia dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu umur dan riwayat hipertensi. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara umur dan riwayat hipertensi dengan kejadian preeklamsia pada ibu hamil di RSUD Paniai Kabupaten Paniai Papua Tengah. Desain penelitian ini adalah jenis Expost Facto mengungkap fakta (tanpa perlakuan).

Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil di RSUD Paniai Kabupaten Paniai. Teknik sampling menggunakan Simple Random Sampling dengan sampel 133 responden. Instrumen penelitian menggunakan lembar pengumpul data. Hasil dianalisis menggunakan uji korelasi spearman rank. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dari total 133 responden didapatkan sebagian besar responden sebesar 72 (54,1%) responden umur 20-35 tahun juga tidak mengalami preeklamsia dan sebagian besar 100 (75,2%) responden tidak ada riwayat preeklamsia juga tidak mengalami preeklamsia, hampir seluruhnya (79,7%) responden tidak mengalami preeklamsia yaitu 106 responden.

Hasil uji statistic didapatkan adanya hubungan antara umur dengan kejadian preeklamsia (p value 0,002  kurang dari alfa = 0,05) dan ada hubungan antara riwayat hipertensi dengan kejadian preeklamsia (p value 0,000 kurang dari alfa  = 0,05). Peneliti menyarankan ibu hamil untuk meningkatkan pengetahuan tentang kehamilan dan rutin memeriksakan kehamilan pada petugas pelayanan kesehatan serta mengetahui tanda bahaya kehamilan yang dapat menyebabkan komplikasi pada ibu dan janin.

References

Gultom, L. (2020) Asuhan Kebidanan Kehamilan. Sidoarjo: Zifatama Jawara. Hatini, E. E. (2018) Asuhan Kebidanan Kehamilan. Malang: Wineka Media.

Kemenkes Republik Indonesia (2019) ‘Profil Kesehatan Indonesia 2019’.

Purwaningtyas, M. L. and Prameswari, G. N. (2017) ‘Higeia Journal of Public Health’, Higeia Journal of Public Health Research and Development, 1(3), pp. 84–94.

Wagiyo (2016) Asuhan Keperawatan,Antenatal, Intranatal,BBL Pato dan Fisio. Yogyakarta: Andi Offset.

Dinas Komunikasi dan Informatika Provisi Jawa Timur, (2018). Angka kematian Ibu dan Bayi Di Jawa Timur. Bersumber dari [Internet]. http://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah 16 Maret, 2018

Hidayat, A.(2017). Metode Penelitian Kebidanan dan Taknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika

Kusmiyati. (2019). Perawatan Ibu Hamil (Asuhan Ibu Hamil) Cetakan Keempat. Yogyakarta: Fitramay

Pattimura, N. A., & Ilyas, W (2023). HUBUNGAN USIA DAN RIWAYAT HIPERTENSI DENGAN KEJADIAN PREEKLAMPSIA PADA IBU HAMIL TRIMESTER I DAN II DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KASSI-KASSI MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Keperawatan Dan Kebidanan Holistic Care, 6(2), 83–87.

SDKI. (2018) Sambutan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Bersumber : [Internet ] hhtp//dinkes Jatim Prov

Silvana, R., Indri Ramayanti, kurniawan, & Alifah Dimar Ramadhina. (2023). Hubungan Antara Usia Ibu, Status Gravida, dan Riwayat Hipertensi dengan Terjadinya Preeklampsia. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4), 1370–1375.

Sujiyatini. (2019). Asuhan Patologi Kebidanan. Jakarta : Nuha Medika

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sastromasmoro, Ismael (1995). Dasar- dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta: Binarupa Aksara.

Yulia, R. (2023). Riwayat Hipertensi Berhubungan dengan Preeklampsia pada Ibu Hamil. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(2), 819-824.

Profil Kesehatan Indonesia. (2019) Kematian Ibu. Bersumber dari [Internet]: http://www.docstoc.com

PlumX Metrics

Published

2024-03-27

How to Cite

Liling Tumonglo, N., Rofiah, K., & Yunicha Viridula, E. (2024). Hubungan antara Umur dan Riwayat Hipertensi dengan Kejadian Preeklampsia Pada Ibu Hamil di RSUD Paniai Kabupaten Paniai Papua Tengah. Jurnal Mahasiswa Kesehatan, 5(2), 153–162. Retrieved from https://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jumakes/article/view/5559

Issue

Section

Articles