PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN CUCI TANGAN MELALUI METODE CERITA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.30737/jumakes.v1i1.743Abstract
Cuci tangan pakai sabun (CTPS) adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun oleh manusia untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman, pendidikan kesehatan tentang cuci tangan melalui cerita bergambar adalah salah satu pendidikan pada anak prasekolah yang mendukung anak-anak dalam perilaku cuci tangan dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan  kesehatan cuci tangan melalui metode cerita bergambar terhadap keterampilan cuci tangan pakai sabun pada anak usia 5-6 tahun di TK alam hijau daun tahun 2018. Metode penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen dengan rancang bangun one group pretest dan posttest. Tekhnik yang digunakan adalah total sampling diperoleh sampel sebanyak 27 anak prasekolah, instrument yang digunakan adalah lembar observasi berupa checklist. Hasil penelitian dianalisa menggunakan uji Wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan pendidikan kesehatan didapatkan 16 responden (59,3%) yang tidak terampil dalam melakukan cuci tangan pakai sabun. Dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan didapatkan 24 responden (88,9%) terampil dalam melakukan cuci tangan pakai sabun hasil analisis hasil analisis uji Wilcoxon signed rank test diperoleh nilai P:,000 dimana P<0,05 maka ho ditolak dan h1 diterima artinya ada pengaruh pendidikan kesehatan cuci tangan melalui metode cerita bergambar cuci tangan pakai sabun terhadap keterampilan cuci tangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Alam Hijau Daun kota Kediri Tahun 2018. Sebagai saran, metode cerita bergambar cuci tangan adalah salah satu pengetahuan alternative untuk anak prasekolah tentang perilaku cuci tangan pakai sabun sehingga tujuan penelitian tercapai dengan baik.
Â
References
Alimul, A. (2007) metodelogi penelitian kebidanan tekhnik analisa data. Jakarta, salemba medika.
Ambarwati & Sunarsih. (2011 )KDPK Kebidanan Teori dan aplikasi. Yogyakarta: Nuha medika
Aminah, S,. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok A TK Plus Tunas Bangsa Sooko Mojokerto. Program Ilmu Pendidikan UNESA Surabaya. Jurnal Pendidikan. Di akses tahun 2014. . http://www.googlecrhome.com//.
Amung Ma'mun, Yudha. M. Saputra. (2009). Pengembangan Motorik di Taman Kanak-kanak, Jakarta
Ananto, (2006). UKS. Usaha Kesehatan Sekolah dan Madrasah Intidaiyah. Bandung : Yrama widya. Arikunto, S.
Anisa. (2010) proses perkembangan bayi, anak prasekolah. Jakarta : Salemba medika.
Arikunto, S. (2013). Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta : Salemban Medika
Arikunto, S. 2013. Metodelogi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.
Asfandiyar, Andi Yudha. 2007.Cara Pintar Mendongeng, Jakarta: miza
Biechler dan Snowman, 2008 Perkembangan Anak.PT. Remaja Rosdakarya.Bandung.
Conny R. Semiawan. 2010. Modernisasi Dan Reformasi Pelayanan
Dahlan, M, S,. (2010). Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel. Jakarta : Salemba Medika.
Departemen kesehatan republik Indonesia (2007) panduan penyelanggaran hari cuci tangan pakai sabun sedunia (HCTPS) kedua. Jakarta: departemen kesehatan republik Indonesia
Departemen Kesehatan RI.2003. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat 2010.Jakarta:Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan
Ermayanti., 2008. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Terhadap Sikap Dan Perilaku Menjaga Kebersihan Pribadi Pada Siswa Mutawasithah (SMP) Pondok Pesantren Imam Bukhari Surakarta.Skripsi tidak dipublikasikan PSIK Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Hasanah, 2011 Karakteristik Anak Pra Sekolah , Bandung.
Helmawati (2015). Mengenal dan Memahami Paud . Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Hidayat, A.A., 2007 . Riset Keperawatan Dan Teknik Penulisan Ilmiah, Salemba Medika, Jakarta.
Http:// Profil Kesehatan Kota Kediri ,2016 .
http://digilib.unisayogya.ac.id/9/1pengaruh cerita bergambar terhadap perilaku cuci tangan pada anak TK BANTUL /ULFAHVINAYATI_ 2015.yogyakarta
http://id.wikipedia.org diakses tanggal 4 september 2014.
http://www.depkes.go.id/resources/download/profil/PROFIL_KES_PROVINSI_2015/15_Jatim_2015.pdf
http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/lain-lain/Data%20dan
http://www.kaskus.us/showthread diakses tanggal 14 Mei 2014.
Iswanto, Y. 2010. manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: UT
Kumalasari,I. (2012) story telling dalam kemandirian anak. Jakarta, salemba medika.
Milla, M. N. 2009. Rasa Berharga Dan cerita Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. Rineka Cipta, Jakarta.
Notoatmodjo, S., (2012). Metode Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarata.
Notoatmodjo, S., 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.
Robbins, Stephen P dan Coulter The Psychology of Behavioral dan Coulter, Mary, 2005.
Sagala.(2010) keterampilan dalam kesehatan (internet) http//www.org.com [diakses tanggal 15 januari 2015
Saifuddin. 2010. Pelayanan Kesehatan anak Jakarta : Bina Pustaka.
Solehuddin, M (2012). Konsep dasar pendidikan Jakarta: Balai Pustaka. Depdiknas
Sulistyo. 2012. Keperawatan Keluarga Konsep ... Praktik edisi revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta
Sunarsih,(2012), penggunaan air bersih, kebiasaan cuci tangan dan perilaku buang air.
Suyadi (2010). Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini . Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani.
Tazrian, (2011). Cuci tangan pakai sabun kesehatan kompasiana.com/ibu dan anak/2011. Diakses tanggal 1 november 2013.
Vivian, 2010. Asuhan Neonatus Bayi dan Balita. Iswanto, dan Raharja Maharani, N. 2015. Mikrokontroler Teori dan Praktek
Yenni, Ambarwati Adiyati. 2011. Penggunaan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Recall Memory Pada Anak Usia Dini Di Ra Ummu Salamah, Kartasura, Sukoharjo 2010/2011. Surakarta. UMS
Yusuf, (2008) konsep anak pra sekolah [internet] http://konsepanakprasekolah.com>.[diakses tanggal 20 desember 2014]