PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA PRASEKOLAH PENGGUNA GADGET DI DESA DAN DI KOTA DI KABUPATEN PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.30737/nsj.v7i2.5016Abstract
Penggunaan gadget secara berlebih pada anak-anak dapat menjadikan anak tidak peduli terhadap lingkungan, sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi kemampuan dalam empati, mengekspresikan emosi dengan tepat, mengelola emosi, dan semua itu merupakan aspek dari kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Kecerdasan Emosional Anak Usia Prasekolah Pengguna Gadget di Desa dan di Kota. Desain penelitian yang digunakan adalah rancangan non eksperimen dengan cross-sectional. Populasi pada penelitian ini 110 siswa usia prasekolah yang terdiri dari 50 anak berasal dari desa dan 60 anak berasal kota. Teknik sampling yang digunakan Total sampling dengan jumlah sampel 110. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Likert terdiri dari 34 pernyataan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik Uji Mann-Whitney Hasil penelitian menunjukkan 88,3% responden di kota memiliki kecerdasan emosional dengan kategori baik, sedangkan di desa hanya 8,0% responden yang memiliki kecerdasan emosional dengan kategori baik. Kesimpulan ada perbedaan signifikan antara kecerdasan emosional anak di desa dan di kota pengguna gadget pada lima indikator, yang berarti ada perbedaan kecerdasan emosional anak usia prasekolah pengguna gadget di desa dan di kota.