Pengaruh Karakteristik Pemasaran Syariah Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang

Authors

  • Imam Nawawi Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Andrean Permadi Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

DOI:

https://doi.org/10.30737/risk.v3i2.4056

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik pemasaran syariah dan reputasi perusahaan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang. Penelitian ini menggunakan metode uji asumsi klasik, selain itu juga uji F, uji T, serta analisis regresi linier berganda. Penelitian ini memiliki sampel 95 nasabah PT Bank Muamalat Indonesia yang datang ke kantor Cabang Malang. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan : Y = - 1,822 + 0,362X1 + 0,417X2 + 0,05.Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh hasil bahwa Variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang adalah variabel Karakteristik Pemasaran Syariah (X1) dengan kontribusi sebesar 41,3%. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,547, artinya 55% kepuasan nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang yang dipengaruhi oleh variabel Karakteristik Pemasaran Syariah (X1) dan Reputasi Perusahaan (X2), sedangkan sisanya yaitu 45% kepuasan nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Melalui uji F dapat diketahui bahwa seluruh variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen. Pengujian hipotesis menggunakan uji T menunjukkan bahwa dari kedua variabel independen terbukti secara signifikan berpengaruh terhadap variabel dependen.

References

Asnawi, Nur dan Masyhuri. 2011. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: Uin – Maliki Press.

Departeman Agama RI, 2013. Alqur’an dan Terjemahnya. Bandung: Jumanatul Ali Art.

http://www.bankmuamalat.co.id/hubungan-investor/laporan-tahunan

Kartajaya, Hermawan dan Muhammad Syakir Sula. 2016. Syariah Marketing, Bandung: Mizan Pustaka.

Lerbin R. Aritonang R. 2015. Kepuasan Pelanggan Pengukuran dan Penganalisisan dengan SPSS. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Maria, Siti Wardayanti. 2011. Implikasi Shariah Governance Terhadap Reputasi dan Kepercayaan Bank Syariah. Semarang: Jurnal walisongo

Nur Riyanto, 2020. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

Rivai, Veitzal, 2012. Islamic Marketing.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suci Utari, Desi, 2015. Pengaruh Reputasi Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Jasa Asuransi, Jurnal: Jom FISIP Volume 2 No. 2 – Oktober

Suharso dan Ana Retnoningsih. 2015. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-11-30

How to Cite

Nawawi, I., & Permadi, A. (2022). Pengaruh Karakteristik Pemasaran Syariah Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang. RISK : Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 3(2), 25–38. https://doi.org/10.30737/risk.v3i2.4056

Issue

Section

Articles