Pengaruh Karakteristik Pemasaran Syariah Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang
DOI:
https://doi.org/10.30737/risk.v3i2.4056Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik pemasaran syariah dan reputasi perusahaan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang. Penelitian ini menggunakan metode uji asumsi klasik, selain itu juga uji F, uji T, serta analisis regresi linier berganda. Penelitian ini memiliki sampel 95 nasabah PT Bank Muamalat Indonesia yang datang ke kantor Cabang Malang. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan : Y = - 1,822 + 0,362X1 + 0,417X2 + 0,05.Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh hasil bahwa Variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang adalah variabel Karakteristik Pemasaran Syariah (X1) dengan kontribusi sebesar 41,3%. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,547, artinya 55% kepuasan nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang yang dipengaruhi oleh variabel Karakteristik Pemasaran Syariah (X1) dan Reputasi Perusahaan (X2), sedangkan sisanya yaitu 45% kepuasan nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Melalui uji F dapat diketahui bahwa seluruh variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen. Pengujian hipotesis menggunakan uji T menunjukkan bahwa dari kedua variabel independen terbukti secara signifikan berpengaruh terhadap variabel dependen.
References
Asnawi, Nur dan Masyhuri. 2011. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: Uin – Maliki Press.
Departeman Agama RI, 2013. Alqur’an dan Terjemahnya. Bandung: Jumanatul Ali Art.
http://www.bankmuamalat.co.id/hubungan-investor/laporan-tahunan
Kartajaya, Hermawan dan Muhammad Syakir Sula. 2016. Syariah Marketing, Bandung: Mizan Pustaka.
Lerbin R. Aritonang R. 2015. Kepuasan Pelanggan Pengukuran dan Penganalisisan dengan SPSS. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Maria, Siti Wardayanti. 2011. Implikasi Shariah Governance Terhadap Reputasi dan Kepercayaan Bank Syariah. Semarang: Jurnal walisongo
Nur Riyanto, 2020. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
Rivai, Veitzal, 2012. Islamic Marketing.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Suci Utari, Desi, 2015. Pengaruh Reputasi Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Jasa Asuransi, Jurnal: Jom FISIP Volume 2 No. 2 – Oktober
Suharso dan Ana Retnoningsih. 2015. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Imam Nawawi, Andrean Permadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with RISK : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).