PKM KERAJINAN “BALI GOOD” PATUNG LIMBAH PANTAI DI DESA BLAHBATUH KABUPATEN GIANYAR

Authors

  • Putu Yudha Asteria Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa
  • I Gusti Ayu Ratih Permata Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa
  • I Gede Nyoman Carlos W Mada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa

DOI:

https://doi.org/10.30737/jaim.v4i1.1339

Abstract


ABSTRACT

The management of "Bali Good Sculpture" has not been done well, in the sense that it is still done
conventionally. Financial bookkeeping is not yet owned so the owner / craftsman does not know
accurately the magnitude of the profits and the amount of costs spent in the production and operational
processes. The marketing pattern of "Bali Good" Beach Waste Sculpture relies on information from its
blog but the information has never been updated. Surely this will have an impact on the information
conveyed on the blog not in accordance with current conventions, both regarding price information,
products or correspondence that can be contacted. The showroom from "Bali Good Patung" still seems
quite narrow and uncomfortable for customers who want to see the display of the statue they have. The
basic contribution of this program is to improve the quality of human resources, increase production
capacity, marketing through the website, turnover and company assets.

Keywords : PKM, Beach Waste Sculpture


ABSTRAK
Pengelolaan “Bali Good Patung†belum dilakukan secara baik, masih dilakukan secara
konvensional. Pembukuan keuangan belum dimiliki sehingga pemilik/pengrajin tidak mengetahui secara
akurat besaran keuntungan yang didapatkan dan besaran biaya yang dihabiskan dalam proses produksi
dan operasional. Tenaga kerja yang dimiliki oleh bapak I Made Darsana sebanyak 8 orang yang berasal
dari orang-orang sekitar rumahnya. Pola pemasaran “Bali Good†Patung Limbah Pantai mengandalkan
informasi dari blog yang dimiliki tetapi informasinya tidak pernah di update oleh pemiliknya karena
keterbatasan kemampuan dan pemahaman dalam mengoperasikannya. Tentunya hal ini akan berdampak
pada informasi yang disampaikan di blog tidak sesuai dengan konsidi kekinian, baik menyangkut
informasi harga, produk ataupun korespondensi yang bisa dihubungi. Showroom dari “Bali Good
Patung†masih terkesan cukup sempit dan kurang nyaman bagi pelanggan yang ingin melihat pajangan
patung yang dimilikiKhalayak sasaran dari program pengabdian masyarakan ini adalah “Bali Good
Patung†yang terletak di Desa Bedulu Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar Provinsi Bali.
Kontribusi dasar dari program ini adalah meningkatkan kapasitas produksi, peningkatan pemasaran
melalui website, peningkatan kualitas SDM, peningkatan omset dan asset perusahaan.
Kata Kunci : PKM, Patung Limbah Pantai

References

Downloads

PlumX Metrics

Published

11/25/2020

How to Cite

Putri, P. Y. A., Dewi, I. G. A. R. P., & Mada, I. G. N. C. W. (2020). PKM KERAJINAN “BALI GOOD” PATUNG LIMBAH PANTAI DI DESA BLAHBATUH KABUPATEN GIANYAR. Jurnal Abdi Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.30737/jaim.v4i1.1339