Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan Food And Beverage
DOI:
https://doi.org/10.30737/jakob.v1i1.2940Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas. Variabel independen digunakan adalah Corporate Social Responsibility yang diproksikan sosial dan lingkungan dan variable dependen adalah profitabilitas yang diukur dengan ROA. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perusahaan Makanan dan Minuman sebanyak 10 dalam periode 2016-2018. Uji analisisnya menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh signifikan. terhadap profitabilitas perusahaan Food and BeverageDownloads
References
Amar. (2018). Implementasi Program CSR dan Pengaruhnya Terhadap Citra Perusahaan
(Studi Kasus Program CSR PT Vale Indonesia, Tbk pada Proyek Penyediaan Air
Bersih). Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 1(4), 1–9.
Apridawati, N. D., & Hermanto, S. B. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility ,
Profitabilitas , Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal
Ilmu Dan Riset Akuntansi, Volume 9(2460–0585).
Kurnianingsih, H. T. (2013). Pengaruh Profitabilitas Dan Size Perusahaan Terhadap
Corporate Social Responsibility. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 13(1), 1–14.
Nurjanah, Salam, N. E., & Awza, R. (2013). Pengelolaan Corporate Social Responsibility
(CSR) Dalam Membangun Citra Perusahaan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 73–82.
Probosiwi, R. (2016). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Peningkatan Kesejahteraan
Masyarakat (Corporate Social Responsibility in Public Welfare Enhancement). SOCIA:
Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(2). https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12256
Rindawati, M., & Asyik, N. (2013). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan
kepemilikan publik terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR).
Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 4(6), 2–5.
Rukmana, E., Hendri, E., & Rismansyah, R. (2020). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran
Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Media Akuntansi (Mediasi),
(1), 1. https://doi.org/10.31851/jmediasi.v3i1.5216
wahyuandari, W. (2015). Pengaruh Tingkat Profitabilitas Perusahaan Terhadap
Pengungkapan CSR Perusahaan. Jurnal Universitas Tulungagung Bonorowo, 2(2).
Wulandari, S., & Zulhaimi, H. (2017). Pengaruh Profitabilitas terhadap Corporate Social
Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur dan Jasa yang Terdaftar di Bursa Efek
Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 1477–1488