Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan Food And Beverage

Authors

  • Nikmatul Jannah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gempol
  • Fidyah Arini Kusuma Wardhani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gempol

DOI:

https://doi.org/10.30737/jakob.v1i1.2940

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas. Variabel independen digunakan adalah Corporate Social Responsibility yang diproksikan sosial dan lingkungan dan variable dependen adalah profitabilitas yang diukur dengan ROA. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perusahaan Makanan dan Minuman sebanyak 10 dalam periode 2016-2018. Uji analisisnya menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh signifikan. terhadap profitabilitas perusahaan Food and Beverage

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nikmatul Jannah, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gempol

Akuntansi

Fidyah Arini Kusuma Wardhani, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gempol

Akuntansi

References

Amar. (2018). Implementasi Program CSR dan Pengaruhnya Terhadap Citra Perusahaan

(Studi Kasus Program CSR PT Vale Indonesia, Tbk pada Proyek Penyediaan Air

Bersih). Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 1(4), 1–9.

Apridawati, N. D., & Hermanto, S. B. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility ,

Profitabilitas , Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal

Ilmu Dan Riset Akuntansi, Volume 9(2460–0585).

Kurnianingsih, H. T. (2013). Pengaruh Profitabilitas Dan Size Perusahaan Terhadap

Corporate Social Responsibility. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 13(1), 1–14.

Nurjanah, Salam, N. E., & Awza, R. (2013). Pengelolaan Corporate Social Responsibility

(CSR) Dalam Membangun Citra Perusahaan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 73–82.

Probosiwi, R. (2016). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Peningkatan Kesejahteraan

Masyarakat (Corporate Social Responsibility in Public Welfare Enhancement). SOCIA:

Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(2). https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12256

Rindawati, M., & Asyik, N. (2013). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan

kepemilikan publik terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR).

Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 4(6), 2–5.

Rukmana, E., Hendri, E., & Rismansyah, R. (2020). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran

Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Media Akuntansi (Mediasi),

(1), 1. https://doi.org/10.31851/jmediasi.v3i1.5216

wahyuandari, W. (2015). Pengaruh Tingkat Profitabilitas Perusahaan Terhadap

Pengungkapan CSR Perusahaan. Jurnal Universitas Tulungagung Bonorowo, 2(2).

Wulandari, S., & Zulhaimi, H. (2017). Pengaruh Profitabilitas terhadap Corporate Social

Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur dan Jasa yang Terdaftar di Bursa Efek

Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 1477–1488

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-07-02

How to Cite

Jannah, N., & Wardhani, F. A. K. (2022). Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan Food And Beverage. Jurnal Akuntansi Sektor Publik, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.30737/jakob.v1i1.2940

Issue

Section

Articles