Efektivtas Dan Efisiensi Implementasi Balance Scorecard Pada Rumah Sakit Umum Daerah (Sudy Literatur)
DOI:
https://doi.org/10.30737/jakob.v1i2.3833Abstract
Abstrak
Diterapkan pengukuran dengan menggunakan metode balance scorecard adalah bentuk upaya menilai kinerja organisasi nirlaba dalam hal untuk meningkatkan kinerjanya. Kinerja organisasi merupakan suatu proses yang dilakukan oleh suatu entitas dalam suatu periode yang mengacu pada standar yang telah ditetapkan untuk dapat melihat kinerja yang ingin dicapai dalam sebuah entitas. Riset ini bertujuan untuk melihat efektivitas dan efisiensi dalam penerapan balance scorecard pada Rumah Sakit Umum Daerah. Metode yang digunakan yaitu metode study literature dan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Hesford et al (2007) yaitu, metode charting the field. Data dalam penelitian ini yaitu dari 17 jurnal penelitian nasional maupun internasional. Hasil dari penelitian ini menunujukan hasil yang efektif yaitu dengan melihat penerapannya pada Rumah Sakit yang mana dapat membantuk tingkat pengukuran kinerja rumah sakit umum daerah. Kemudian, dengan pendekatan Balanced Scorecard informasi yang dihasilkan lebih menyeluruh dan dapat dipercaya untuk menerjemahkan Visi dan Misi pihak Rumah Sakit.
Â
Kata kunci : Pengukuran kinerja dan Balance scorecard.Downloads
References
Dewi, M. W. (2015). Pengaruh perilaku kepemimpinan transformasional terhadap penilaian
kinerja ditinjau dari perspektif learning and growth dalam Balance Scorecard di
Rumah Sakit Umum Daerah Karanganyar. Jurnal Akuntansi dan Pajak. 15(02).
Hamid, N. (2018). Factor analysis for Balanced Scorecard as measuring competitive
advantage of infrastructure assets of owned-state ports in Indonesia : Pelindo IV.
Makassar,: International Journal of Law and Management.
Hamid, N. (2018). The relationship between Balanced Scorecard perspective and competitive
advantage of infrastructure assets of state-owned port in Indonesia: Pelindo IV.
Makassar: Journal of Management Development.
Handayani, N. (2021). Perkembangan Balance Scorecard di Indonesia. Jurnal Al-Iqtishad ,
Vol. 17 No. 2.
Hilton, R. W., & Platt, D. E. (2014). Managerial Accounting : Creating Value in a Dynamic
Business Environment, Eleventh Edition, Mc Graw Hill Education. New York: 816
hlm.
Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (1993). Putting the Balanced Scorecard to Work. Harvard
Business Review.
Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (1992). The Balanced Scorecard – measures that drive
performance. Harvard Business Review.
Mahmudi. (2010). Manajemen kerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Mahsun, M., S, F., & A. P., H. (2007). Akuntansi Sektor Publik. Edisi Kedua. Yogyakarta:
BPFE.
Moeheriono. (2010). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Cetakan Kedua.
Salemba Empat.
Mulyadi. (2001). Balanced Scorecard Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatgandaan
Kinerja Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.
Nofelia, V. (2018). AUDIT SISTEM INFORMASI INSTLASAI RAWAT INAP
BERDASARKAN PRESPEKTIF PELANGGAN BALANCED SCORECARD
MENGGUNAKAN STANDAR COBIT 4.1 (Studi Kasus: Rumah Sakit Umum Daerah
Abdul Moeloek). Bandar Lampung: Universitas Mitra Indonesia.
Ratnadi, N. M., & dkk. (2020). Respon manajemen rumah sakit dalam menerapkan gaya
kepemimpinan transformasional di RSUD Dr. Zainoel Abidin. Jurnal Internasional .
Rizky, C. M., & Ngumar, S. (2015). Penerapan Audit Manajemen Kinerja PT. Superindo
Utama Surabaya Menggunakan Balance Scorecard. Jurnal Ilmu & Riset Akuntans ,
Vol. 4 No. 9 (2015).
Wijono, D. (1999). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Surabaya: Universitas Airlangga
Press.
Yuwono, S., Sukarno, E., & Ichsan, M. (2003). Petunjuk praktis penyusunan balanced
scorecard : menuju organisasi yang berfokus pada strategi. Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama