Penerapan Lean Manufacturing Untuk Meminimasi Waste Delay Pada Workstation Curing di PT Bridgestone Tire Indonesia

Yulinda Uswatun Kasanah(1*), Pratya Poeri Suryadhini(2), Murni Astuti(3),

(1) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom
(2) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom
(3) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom
(*) Corresponding Author

Abstract


Lean Manufacturing merupakan metode yang digunakan untuk meningkatkkan produktivitas dan pengurangan biaya dengan cara meminimasi pemborosan dalam proses produksi. Penelitian ini menjelaskan penggunaan Lean Manufacturing dengan tool Single Minutes Exchange Of Dies (SMED) pada lantai produksi PSR di PT XYZ, yang bergerak dalam bidang Automotive Manufacture berupa pembuatan ban mobil. Tahap penelitian diawali dengan melakukan analisis waste dengan Mapping tools dilanjutkan dengan mengidentifikasi penyebab pemborosan pada workstation curing. Tahap Selanjutnya adalah menganalisis tahapan proses setup mesin curing yang terdiri dari setup benda kerja, setup mold, setup curing, dan setup finishing. Berdasarkan hasil pengamatan, jumlah waktu setup keadaan awal adalah 194,05 menit. Perbaikan yang dilakukan adalah dengan mengkonversi aktivitas internal setup menjadi eksternal setup, pengurangan aktivitas perpindahan operator, eliminasi adjusment, dan menerapkan operasi paralel yaitu dengan menggunakan 2 operator. Sehingga total waktu setup yang dapat direduksi adalah 127,41 menit.


Kata kunci: Lean manufacture, SMED, Waktu setup, Workstation curing


Full Text:

PDF

References


Shingo. (1985). A Revolution in Manufacturing : The SMED System. Cambridge: Productivity Press.

Womack, J. P., Jones, D. T. (1996). Lean Thinking: Banish Waste and Create Wealth in your Corporation. London: Thomson Learning.

Novita Tanzil, R. (2015). Usulan Perbaikan Waktu Setup Dalam Meminimasi Keterlambatan Penyelesaian Order Pada Komponen Isolating Cock Dengan Metode SMED di PT Pindad (Persero).

Satwikaningrum, D. (2010). Perbaikan Waktu Setup dengan Menggunakan SMED (Studi kasus PT Buana Aneka Piranti). Tugas Akhir Universitas Sebelasmaret.

Setyawan, D. T. (2013). Minimasi Waste Untuk Perbaikan Proses Produksi Kantong Kemasan dengan Pendekatan Lean manufacturing.


Article Metrics

Abstract view : 36 times
PDF - 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Flag Counter