ANALISIS BAHAYA DENGAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT AND RISK CONTROL (HIRARC) DI LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN DAN PENULARAN COVID-19

Authors

  • Leyla Nurlita Fardiah Program Studi Teknik Kimia, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Bayu Santoso Program Studi Teknik Kimia, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Haqi Fauzan Ahmad Program Studi Teknik Kimia, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Fakhri Mauladiansyah Program Studi Teknik Kimia, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Ghilman Baihaqi Program Studi Teknik Kimia, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Zidan Ziaul Islam Program Studi Teknik Kimia, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Salafudin Salafudin Program Studi Teknik Kimia, Institut Teknologi Nasional Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30737/jatiunik.v4i1.959

Keywords:

Covid-19, HIRARC, School

Abstract

Right now the world is facing the Covid-19 outbreak virus, not least in Indonesia. This outbreak has been a pandemic since its inception at the end of 2019. The whole world is struggling to fight this pandemic, as well as in Indonesia where every struggle is increasing so much. All public places are temporarily closed to prevent the spread of the Covid-19 virus. The school became one of the public places that was temporarily closed in order to prevent the spread of the Covid-19 virus in the school environment. There are many causes for the transmission of the Covid-19 virus and the losses that can result from the Covid-19 virus. Therefore the purpose of this study is to be able to use hazards, risks and risk control using the Danger Identification, Risk Assessment and Risk Control (HIRARC) methods in the school environment. Risk identification is done by descriptive research methods, namely the results of research data and related journals available. The results of the study can be known about the activities that exist in the school environment that are needed for distribution and transmission of the Covid-19 virus. There are 14 main activities with 34 potential hazards, expected 13 activities with a high risk category and 1 activity with a high risk category. To be able to control the danger, use protection, wear a mask, always wash your hands using soap and running water and always be ready for hand sanitizer.

 

Saat ini dunia sedang dihadapkan dengan wabah virus Covid-19, tak terkecuali di Indonesia. Wabah tersebut sudah menjadi pandemi sejak awal kemunculannya di akhir tahun 2019. Seluruh dunia sedang berjuang untuk melawan pandemi tersebut, begitu juga di Indonesia yang setiap harinya mengalami kenaikan yang begitu besar. Semua tempat umum di tutup untuk sementara untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Sekolah menjadi salah satu tempat umum yang ditutup untuk sementara guna untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di lingkungan sekolah. Terdapat banyak sekali penyebab penularan virus covid

dan kerugian yang didapat dari virus Covid-19. Karena tujuan dari penelitian ini untuk dapat mengidentifikasi bahaya, penilaian risiko dan pengendalian risiko dengan menggunakan metode Hazard Identification, Risk Assessment and Risk Control (HIRARC) di lingkungan sekolah. Identifikasi risiko dilaksanakan dengan metode penelitian deskriptif yaitu hasil riset data dan jurnal-jurnal terkait yang tersedia. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat kegiatan-kegiatan yang terdapat di lingkungan sekolah yang berpotensi untuk terjadinya penyebaran dan penularan virus Covid-19. Terdapat 14 kegiatan utama dengan 34 potensi bahaya, diantaranya 13 kegiatan dengan kategori risiko ekstrim dan 1 kegiatan dengan kategori risiko tinggi. Untuk dapat mengendalikan bahaya terdapat beberapa alternatif diantaranya melakukan kegiatan belajar mengajar secara online dan mematuhi seluruh protokol kesehatan seperti menjaga jarak (Physical Distancing dan Sosial Distancing), menggunakan masker, selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir juga selalu membawa hand sanitizer.

References

S. Anand et al., “Prevalence of SARS-CoV-2 antibodies in a large nationwide sample of patients on dialysis in the USA: a cross-sectional study,†Lancet, Oct. 2020.

M. A. Shereen, S. Khan, A. Kazmi, N. Bashir, and R. Siddique, “COVID-19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses,†J. Adv. Res., vol. 24, pp. 91–98, 2020.

T. M. Abd El-Aziz and J. D. Stockand, “Recent progress and challenges in drug development against COVID-19 coronavirus (SARS-CoV-2) - an update on the status,†Infect. Genet. Evol., vol. 83, no. April, p. 104327, 2020.

F. E. B. Setyawan and R. Lestari, “Challenges of Stay-At-Home Policy Implementation During the Coronavirus (Covid-19) Pandemic in Indonesia,†J. Adm. Kesehat. Indones., vol. 8, no. 2, p. 15, 2020.

A. R. A. H. Hamid, “Social responsibility of medical journal: A concern for covid-19 pandemic,†Med. J. Indones., vol. 29, no. 1, pp. 1–3, 2020.

Y.-C. Wu, C.-S. Chen, and Y.-J. Chan, “The outbreak of COVID-19: An overview,†J. Chinese Med. Assoc., vol. 83, no. 3, 2020.

D. K. Chu et al., “Physical distancing, face masks, and eye protection to prevent person-to-person transmission of SARS-CoV-2 and COVID-19: a systematic review and meta-analysis,†Lancet, vol. 395, no. 10242, pp. 1973–1987, Jun. 2020.

A. Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19,†BIODIK, 2020.

D. Jamaluddin, T. Ratnasih, H. Gunawan, and E. Paujiah, “Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi,†Karya Tulis Ilm. UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 2020.

W. A. F. Dewi, “Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar,†EDUKATIF J. ILMU Pendidik., 2020.

S. R. B. Waode Azfari Azis, Laode Yusman Muriman, “ANALISIS FAKTOR RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA PETANI PENYADAP POHON AREN ATAU ARENGA PINNATA MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESSMENT AND RISK CONTROL Mhd.,†J. Penelit. Perawat Prof., vol. 1, no. November, pp. 89–94, 2019.

S. Rahayuningsih and J. A. Pradana, “Identifikasi Penerapan Dan Pemahaman Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Dengan Metode Hazard And Operability Study (Hazop) Pada UMKM Eka Jaya,†JATI UNIK J. Ilm. Tek. dan Manaj. Ind., vol. 2, no. 1, p. 20, 2019.

W. Wijaya, S. Rahayuningsih, and A. Komari, “TINGKAT PERILAKU AMAN TENAGA KERJA BAGIAN JAHIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANTECEDENT BEHAVIOR CONSEQUENCE DI PT. GLOW,†JATI UNIK J. Ilm. Tek. dan Manaj. Ind., vol. 1, no. 1, pp. 34–43, 2019.

T. Ihsan, B. V. Mayolan, S. M. Yardi, and T. Edwin, “Analisis penerapan recordable incident rate dalam sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja di pt semen padang,†J. Kesehat. Masy. Andala, pp. 3–9, 2019.

D. S. Purnama, “Analisia Penerapan Metode Hirarc (Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control) Dan Hazops (Hazard and Operability Study) Dalam Kegiatan Identifikasi Potensi Bahaya Dan Resiko Pada Proses Unloading Unit Di Pt. Toyota Astra Motor,†J. PASTI, vol. IX, no. 3, pp. 311–319, 2017.

A. Primasari, H. Denny, and E. Ekawati, “Penerapan Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (Hirarc) Sebagai Pengendalian Potensi Kecelakaan Kerja Di Bagian Produksi Body Bus Pt. X Magelang,†J. Kesehat. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 284–292, 2016.

R. Janius, K. Abdan, and Z. A. Zulkaflli, “Development of a disaster action plan for hospitals in Malaysia pertaining to critical engineering infrastructure risk analysis,†Int. J. Disaster Risk Reduct., vol. 21, pp. 168–175, 2017.

M. N. Bin Muhamad, R. Mohammad, N. Othman, and Z. A. Kadir, “Risk assessment of abrasive blasting environment in pressure vessel fabrication plants,†J. Environ. Treat. Tech., vol. 8, no. 1, pp. 455–470, 2020.

A. Y. Ambarani and A. R. Tualeka, “Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA) Pada Proses Fabrikasi Plate Tanki 42-T-501A PT. Pertamina (Persero) RU VI Balongan,†Indones. J. Occup. Saf. Heal., vol. 5, no. 2, p. 192, 2017.

A. Y. Tripariyanto, “Penerapan Metode HIRA dan Fishbone Diagram Pada Praktek Siswa SMK Yang Menimbulkan Risiko Kecelakaan Kerja Pada Bengkel Ototronik SMK, jurnal JATI UNIK, 2020, Vol.3, No.2,Hal :74-86,†vol. 3, no. 2, pp. 74–86, 2020.

I. W. G. E. Triswandana and N. K. Armaeni, “Penilaian Risiko K3 Konstruksi Dengan Metode Hirarc,†vol. 4, no. 1, pp. 2581–2157, 2020.

A. Kurniawan, M. Santoso, and M. R. Dhani, “Identifikasi Bahaya pada Pekerjaan Maintenance Kapal Menggunakan Metode HIRARC dan FTA Dengan Pendekatan Fuzzy di Industri Kapal,†Kesehat. dan Keselam. Kerja, no. 2581, pp. 182–186, 2017.

S. Syahrum., “Metodologi Penelitian Kuantitatif,†KOMUNIKASI PENELITIAN KUANTITATIF Program Studi Jurnalistik & Humas. 2014.

Whidmurni, “Penelitian Kuantitatif,†Pemaparan Metod. Kuantitatif, 2017.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-10-30

How to Cite

Fardiah, L. N., Santoso, B., Ahmad, H. F., Mauladiansyah, F., Baihaqi, G., Islam, Z. Z., & Salafudin, S. (2020). ANALISIS BAHAYA DENGAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT AND RISK CONTROL (HIRARC) DI LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN DAN PENULARAN COVID-19. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 4(1), 40–51. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v4i1.959

Issue

Section

Articles