Keputusan Pembelian Minuman Yakult Ditinjau Dari Distribusi, Diferensiasi, Gaya Hidup, Dan Kualitas Produk

Elisa Sulistia Permata Citra(1*), Rachmawati Kusasih Ida Ayu Kade(2),

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this study was to examine the effect of distribution, differentiation, lifestyle, and product quality on the purchase decision for Yakult drinks in Solo City. The population used in this study is consumers of Yakult fermented milk in Solo. The data used in this study are primary data obtained from questionnaires. The number of samples taken were 97 respondents. The technique used in sampling is the Non Random Sampling technique with multiple linear regression analysis and hypothesis testing consists of the t test, the coefficient of determination (). The results of this study indicate that the Distribution variable (X1) and the Differentiation variable (X2) do not significantly influence the purchasing decisions of Yakult brand fermented milk in Solo City, Lifestyle (X3) and Product Quality (X4) significantly influence the purchase decision of the Yakult brand fermented milk in Solo city.

 

 


Keywords


Distribution, Differentation, Lifestyle, Product Quality, Buying Decision.

Full Text:

PDF

References


Andrian., (2018), “Dampak Promosi, Brand Awareness dan Pemilihan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Obat Sakit Kepala”, Jurnal Riset Manajemen dan bisnis (JRMB), Vol. 3, No. 2, Juni 2018. hal. 165 – 174.

Assauri, Sofyan., (2010). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep Dan Strategi, Cetakan Kedelapan. Jakarta, PT. Raja Grafindo.

Chandra, Felita dan Fransisca Desiana Pranatasari., (2018), “Pengaruh Gaya Hidup Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Health Enterprise”, Jurnal Manajemen dan Start Up Bisnis, Vol. 3, No. 2, hal. 260-269.

Cleopatra, Maria., (2015), “Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika”, Jurnal Formatif , 5(2): 168-181, 2015.

Dewi, N.S dan Rokh E.P, (2018), “Performa Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Dan Gaya Hidup Dalam Mempengaruhi Proses Keputusan Pembelian Minuman Isotonik (Studi Konsumen Minuman Isotonikdi Kota Semarang)”, Prosiding SENDI_U, ISBN: 978-979-3649-99-3.

Fasridon, (2018), “Pengaruh Kebijakan Harga, Promosi, dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Produk Coca-Cola di Kota Padang”, Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi, Vol. 07, No. 2. Hal. 53-60.

Kotler, P. dan G Armstrong, (2008). Prinsip – Prinsip Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Jakarta, Salemba Empat.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2012), Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta, Erlangga.

Maharani, Nina. (2015), “Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Iphone di Bandung”, Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), Vol. 12, No. 1.

Mandey, Silvya L., (2009), “Pengaruh Faktor Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen”, Jurnal Manajemen, Vol. 6. No. 1.

Mowen, J. C. dan Minor, M. (2008), Perilaku Konsumen. Jakarta, PT. Erlangga.

Nugroho, R.A, (2013), “Pengaruh Strategi Distibusi Produk, Merek, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Staria F150: Hyper Underbone:, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 9, No. 9 (2013).

Oktaviani, Nichy., (2018), “Pengaruh Diferensiasi, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Upi “Yptk” Padang)”, Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 03, No, 02, tahun 2018.

Ong, Ian A dan Sugiono Sugiharto, (2013), “Analisi Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya”, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 1, No. 2. hal. 1-11.

Pandensolang, D.J dan Hendra, N. Tawas, (2015), “Pengaruh Diferensiasi, Kualitas Produk, dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Coca-Cola Pada PT. Bangun Wenang Beverges Company di Manado”, Jurnal EMBA, Vol. 3 No. 3 Sep. 2015. hal. 1113-1124.

Ratela , Gerry D dan Rita Taroreh (2016), “Analisis Strategi Diferensiasi, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Kopi Coffee Island”, Jurnal EMBA, Vol. 4, No. 1, hal. 460-471

Riduwan dan Akdon.. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Data Statistik. Bandung, Alfabeta.

Rukhani Ita W, (2020), “Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Internet TRI”, Jurnal Manajemen, Vol. 1, No. 2.

Sabrina, N. A. P, Elpawati, Achmad T.N, (2018) “Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut Di Jakarta Barat”, Jurnal Agribisnis, Vol. 12, No. 2, Desember 2018, [148 - 156 ] ISSN : 1979-0058.

Salindeho, H. A, (2014) “Pengaruh Distribusi dan Harga Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT. Fastrata Buana, Tbk”, Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 3, No. 9.

Sangadji, E. M. dan Sopiah., (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta, Andi Offset.

Sari, R. P. K dan Ida Aryati R.W, (2019), “Pengaruh Brand Image, Gaya Hidup, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Cafe Tiga Tjeret Di Surakarta”, Edunomika, Vol. 3, No. 1 (Februari 2019)

Satria, Edia., (2015), “Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Blackberry Di Kota Sungai Penuh Jambi”, Jurnal Sosial dan Humaniora, Vol. 1, No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jimek.v3i2.1071

Article Metrics

Abstract view : 661 times
PDF - 298 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Indexed in : 

Flag Counter