Pengaruh promosi, saluran distribusi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk Valve PT Valmatic Indonesia

Muhammad Agung Anggoro(1), May Chel(2*), Bambang Purnomo(3),

(1) Universitas Prima Medan
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


This research was conducted at PT Valmatic, Indonesia, which is engaged in the distributor of valve products. This research was conducted to test and analyze the effect of promotion, distribution channels, and service quality on the purchase decision of valve products at PT Valmatic Indonesia. This research uses a quantitative, descriptive, and explanatory approach. The population of this study was 161 customers of PT. Valmatic Indonesia. To calculate the sample, the Slovin formula is used with a simple random sampling technique of 115 respondents and 30 respondents out of the sample for testing the validity and reliability. The data analysis method used is multiple linear regression analysis. The results showed that both simultaneously and partially promotion, distribution channels, and service quality had a positive and significant effect on the decision to purchase valve products at PT Valmatic Indonesia. Based on the coefficient of determination test, it can be seen the effect of the studied variables is 37, and the remaining% is influenced by other variables not examined that is equal to 62.4%.

 

Penelitian ini diadakan di PT Valmatic Indonesia yang bergerak di bidang distributor produk valve. Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh promosi, saluran distribusi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk valve pada PT Valmatic Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, deskriptif kuantitatif dan explanatory. Populasi penelitian ini adalah 161 pelanggan PT. Valmatic Indonesia. Untuk menghitung sampel digunakan rumus Slovin dengan teknik simple random sampling sebanyak 115 responden dan 30 responden diluar dari sampel untuk pengujian validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan baik secara simultan maupun secara parsial promosi, saluran distribusi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk valve pada PT Valmatic Indonesia. Berdasarkan uji koefisien determinasi dapat diketahui besarnya pengaruh variabel yang diteliti adalah sebesar 37,% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti yaitu sebesar 62,4%.


Keywords


Promotion; Distribution Channels; Service Quality; Purchasing Decisions

References


Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2014. Manajemen Pemasaran. Ed. 1, Jakarta: PT Grafindo Persada.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, A. 2014. Marketing Dan Kasus-kasus Pilihan. Jakarta: PT Buku Seru.

Morrisan. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Cetakan Kesatu.

Jakarta: Kencana.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sanusi, Anwar. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis : Disertai Contoh Proposal Penelitian Bidang Ilmu Ekonomi Dan Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi. Yogyakarta:

CV. Andi Offset.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung :

PT Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Cetakan ke-1. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Torang, Syamsir. 2016. Organisasi & Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi). Bandung: CV. Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jimek.v3i1.656

Article Metrics

Abstract view : 68 times

Refbacks



Copyright (c) 2020 JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Indexed in : 

Flag Counter