Analisis Kualitas Pelayanan, Promosi Penjualan Dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Sunter Sumber Sinergi Medan

Muhammad Agung Anggoro(1*), Jefry Juvin(2), Winnie Chaisar(3), Gita Monica br Ginting(4), Tom Widodo Halim(5), Jennifer Usman Erey(6),

(1) Universitas Prima Indonesia Medan
(2) Universitas Prima Indonesia Medan
(3) Universitas Prima Indonesia Medan
(4) Universitas Prima Indonesia Medan
(5) Universitas Prima Indonesia Medan
(6) Universitas Prima Indonesia Medan
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this study was to examine the effect of service quality, sales promotion, and personal selling on customer satisfaction at PT Sunter Sumber Sinergi. Customers who are dissatisfied due to poor service delivery, promotions that do not attract the interest or enthusiasm of its customers, and personal selling that is rarely carried out by companies, the research approach used by researchers is a quantitative approach, in this study, researchers used company data, namely customers ( agent) who has joined PT. Sunter Sumber Sinergi amounted to 351 people as a population and a sample of 216 people. Results Hypothesis testing is carried out by the method of simultaneous testing (F test) that F arithmetic> F table (61,649> 2.26) and a significant probability of 0,000 <0.05, that with simultaneous testing methods of service quality, sales promotion and personal selling have a positive effect and significant to customer satisfaction PT Sunter Sumber Sinergi Medan. Results Hypothesis testing is done by the partial testing method (t-test) that t arithmetic> t table, shows the quality of service (6,046> 1.65309) with a significant 0,000 <0.05, promotion sales (2.251> 1.65309) with a significant 0.026 <0.05, personal selling (5.411> 1.65309) with a significant 0.000 <0.05) a positive and significant effect on customer satisfaction of PT Sunter Sumber Sinergi. The results of the coefficient of determination test obtained adjusted R Square results of 0.503 (50.3%) of the dependent variable variations, namely customer satisfaction, which can be explained by the variation of the independent variables, namely service quality, promotion selling, and personal selling. In comparison, the remaining 0.497 (49.7%) comes from other variables not examined. The conclusion obtained from this study is the quality of service, sales promotion, and personal selling, significantly influence customer satisfaction.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, promosi penjualan,dan personal selling terhadap kepuasan pelanggan pada PT Sunter Sumber Sinergi. Pelanggan yang tidak puas disebabkan dengan pemberian pelayanan yang buruk, promosi yang tidak menarik minat atau semangat pelanggan nya, serta personal selling yang jarang dilakukan oleh perusahaan, Pendekatan penelitian yang dipakai peneliti adalah pendekatan kuantitatif, dalam penelitian ini, peneliti menggunakan data perusahaan yaitu pelanggan ( agent ) yang telah bergabung dengan PT. Sunter Sumber Sinergi berjumlah 351 orang sebagai populasi dan sampel berjumlah 216 orang. Hasil Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan metode pengujian simultan (uji F) bahwa F hitung > F tabel (61,649 > 2,26 ) dan probabilitas signifikan 0,000 < 0,05,  bahwa dengan metode pengujian simultan kualitas pelayanan, promosi penjualan dan personal selling berpengaruf positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT Sunter Sumber Sinergi Medan.Hasil Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan metode pengujian parsial (uji t) bahwa t hitung > t tabel, menunjukan kualitas pelayanan (6,046 > 1,65309) dengan signifikan 0,000 < 0,05, promosi penjualan (2,251 > 1,65309) dengan signifikan 0,026 < 0,05, personal selling (5,411 > 1,65309) dengan signifikan 0,000 < 0,05) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan PT Sunter Sumber Sinergi.Hasil uji koefisien determinasi diperoleh hasil adjusted R Square sebesar 0,503 (50,3%) dari variasi variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan yang dapat dijelaskan oleh variasi variabel bebas yaitu kualitas pelayanan, promosi penjualan dan personal selling, sedangkan sisanya sebesar 0,497 (49,7%) berasal dari variabel lain yang tidak diteliti. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan, promosi penjualan dan personal selling, berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan.


Keywords


social media; brand awareness; purchase decision

References


Abdurrahman. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung : CV. Alfabeta.

Daryanto dan Setyobudi, Ismanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta : Gava Media

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete. Edisi Kedelapan. Semarang : Badan Penerbit - Undip

Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Sangadji, Etta Mamang, dan Sopiah. 2016.Perilaku Konsumen. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta

Sunyoto, Danang. 2012. Dasar – Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : CAPS (Center Of Academic Publishing Service).

Sunyoto, Danang. 2015. Perilaku Konsumen Dan Pemasaran. Yogyakarta : CAPS ( Center Of Academic Publishing Service).

Tjiptono, Fandy. 2011. Service Management. Edisi Kedua. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta : CV. Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.30737/jimek.v3i1.682

Article Metrics

Abstract view : 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Indexed in : 

Flag Counter