Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Tugas Pokok Guru (Studi Pada Ma Al Muttaquun Wates)
DOI:
https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i1.2Abstract
Pada kenyataannya pelaksanaan tugas pokok guru di MAAl Muttaquun Wates Kediriadalah baik.
a. Terjadinya peningkatan kinerja guru.yang ditunjukkan dengan peningkatan
jumlah rata-rata NEM lulusan siswa 2008/2009, dan 2009/2010.
b. Keberhasilan peserta EBTA/EBTANAS pada tahun pelajaran 2008/2009 sampai
dengan 2010/2011.
c. Keberhasilan penjaringan UMPTN dan PMDK pada tahun pelajaran 2008/2009
sampai dengan 2010/2011.
d. Keberhasilan pelaksanaan kegiatan esktrakurikuler.
Ditemukan sejumlah faktor dalam pelaksanaan tugas pokok guru di MA Al
Muttaquun Wates Kediri.
a. Belum lengkapnya sarana dan prasarana di MA Al Muttaquun Wates Kediri.
b. Para guru mengalami kesulitan dalam menemukan metode-metode mengajar
yang tepat bagi para siswa.
c. Para guru mengalami kesulitan dalam membimbing kegiatan belajar siswa.
d. Para guru mengalami kesulitan untuk menanamkan motivasi pada diri siswa.
e. Para guru merasa kekurangan waktu untuk melaksanakan tugas yang telah
direncanakan.
Hasil penelitian yang sudah di lakukan menunjukkan data bahwa faktor-faktor sarana
dan prasarana, metode mengajar,kesulitan membimbing,kesilitan menanamkan
motivasi .kesediaan waktu mempengaruhi tugas pokok guru di MA Al Muttaquun
Wates
Kata kunci : Pelaksanaan tugas guru.
Downloads
References
eputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 84 Tahun 1993 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan angka Kreditnya
Ali Muhammad. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung; Angkasa,1987.
Arikunto,Suharsimi.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta;Bumi Aksara,1992..
Burhanudin,Yusak.Administrasi Pendidikan Bandung;CV Putaka Setia,1998
Djamarah,Syaiful Bahri dan zain,Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.Surabaya;Usaha Nasional,1994.
Handoko Hani T.DR.MBA,tahun 1995.Manajemen Edisi 2,BPFE Yogyakarta.
Indra Fachrudi,Soekarno.Bagaimana Memimpin Sekolah yang Efisian.Bogor;Ghalia Indonesia,2006
Imron,Ali.Pembinaan Guru di Indonesia,Jakarta;Pustaka Jaya,1995
Kusnandar,Guru Profesional Implementasi kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)dan Sukses dalam Sertifikasi Guru,Jakarta,PT.Raya Grafindo Persada,2007
Keputusan Menteri Negara Perdayaan aparatur Negara Nomor 84 Tahun 1993.
Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Kepala Badan Administrasi Negara Nomor 0433/p/1993
Lazaruth,Soewadji. Kepala Sekolah dan Tanggung jawabnya. Yogyakarta; Kanisius,1984
Mulyana,E.Standar Kopetensi dan Sertifikasi Guru,Bandung,PT.Remaja Rosdakarya,2007.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan Undang-Undang Nomor 14Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Usman,Moh.User.Menjadi Guru Profesional.Bandung; Remaja Rosda Karya,1990
Wahjosumidjo.Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta;PT Raja Grafindo Persada,1999.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Desi Kristanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).