Peran Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Billagio Skincare Clinic Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i1.7Abstract
Bisnis di bidang perawatan kecantikan dewasa ini telah berkembang pesat seiring dengan kemajuan jaman di indonesia, salah satu perusahaan tersebut adalah Billagio Skincare Clinic Sidoarjo. Namun seiring kemajuan tersebut terjadi fenomena penurunan pendapatan dan meningkatnya komplainpelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk,harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Billagio skincare clinic Sidoarjo. Dalam penelitian ini menggunakan variabel kualitas produk, harga dan kualitas layanan, sedangkan responden penelitian adalah seluruh
pelanggan Billagio Skincare Clinic Sidoarjo dengan metode accicental sampling dan teknik analisis serta pengujian hipotesis menggunakan softwarePartial Least Square (PLS). Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas produk yang baik menimbulkan kepuasan yang tinggi pada pelanggan, namun
harga tidak berpengaruh pada kepuasan pelanggan, sedangkan kualitas pelayanan yang baik berdampak pada pelanggan semakin puas.
Kata Kunci : Kualitas produk, harga, kualitas layanan, kepuasan pelanggan
Downloads
References
Alma, Buchari, 2000, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Penerbit Alfabeta,
Bandung.
Darsono, L. Indahwati, 2010, Hubungan Perceived Service Quality dan Loyalitas; Peran
Trust dan Saticfaction Sebagai Mediator, Jurnal bisnis Perspektif, Vol 2 No.1. hal 4357
Engel, James F ; Roger D Blackwell : Paul W Minniard, 1995, Consumer Behavior, The
Dryden Press, Orlando, Eight Edition, International Edition.
Fajar Laksana, 2008, Manajemen Pemasaran, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Ferdinand, Agusty, 2002, Structural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen,
Edisi 2, Penerbit : BP UNDIP, Semarang.
Ghozali, Imam, 2011, Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial
Least Square PLS, Edisi 3, Badan Penerbit UNDIP, Semarang.
Hasan, Ali, 2006, Marketing, Media Utama, Yogyakarta.
Kotler, Philip and Amstrong, Gary 2008, Prinsip - Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi
Kedelapan, Alih Bahasa oleh Damas Sihombing, MBA., Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip and Amstrong, Gary, 2004. Dasar – Dasar Pemasaran, Jilid 2, Edisi ke-9,
Indeks, Jakarta.
Kotler, Philip, 1997, Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Implementasi &
Kontrol), Prenhalindo, Jakarta.
Malhota, N.K., 2005, Marketing Research (4
th
ed), New Jersey : Pearson Edition. Marhayanie
& sihite, Eka Larasati, 2008, Pengaruh Atribut Produk Terhadap Green
Product Cosmetic (Study Kasus Pada Putri Ayu Marta Tilaar Sun Plaza Medan).
Jurnal Manajemen & Bisnis, No. 1, Hal 10-17.
Mital, Vikas, William T. Ross and Patrick M Baldasare, 1998, “The Asymetric Impact of
Negative and Positive Attribute Level Performance on Overall Satisfaction and
Repurchase Intentionsâ€, Journal of Marketing,, Vol. 62. P.33-47.
Musanto, Trisno, 2004, Jurnal Faktor – Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas,
Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya.
Mulyono & Yoestini, Nugraheni, Kamal, 2003, Analisis Pengaruh Kualitas Produk &
kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Perumahan
Puri Mediterania Semarang). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, No.3, Hal 43-57.
Nurbaity, Arlina dan Marin, Pengaruh Harga (Prince) dan Kualitas Pelayanan (Service
Quality) terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSU Deli Medan, Jurnal Manajemen
Bisnis Vol 2, No. 1, Jan 2009, 21-24, Universitas Sumatera Utara, Medan.
Prasastono, Ndaru, dan Pradapa, Sri Yulianto Fajar, 2012, Kualitas Produk dan Kualitas
Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kentucky Fried Chicken Semarang
Candi, Jurnal Dinamika Kepariwisataan Vol. I, No. 2 Oktober 2012, Universitas
Sikubank, Semarang.
Sideng,Nurlaela, 2013, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen
Pada PT.Putra Sulawesi Sejati Perkasa Gorontalo, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, No.4,
Hal 17-24.
Samuel, Hatane, 2005, “Pengaruh Kepuasaan Konsumen Terhadap Kesetiaan Merekâ€.
Studi Kasus Restoran The prime & Ribs Surabayaâ€. Jurnal Manajemen dan
Kewirausahaan Vol.7, No.1.
Sukmawati, Kartik, 2011, “Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Kepuasan Pelanggan
Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Kereta Api Eksekutif, Jurnal
Manajemen FE – Ing Gunadarma, Jakarta.
Suwarni dan Mayasari, Septina Dwi, 2011, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga
Terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Konsumen, Jurnal Ekonomi Bisnis, Th 16,
No. 1 Maret 2011, FE Universitas Negeri Malang, Malang.
Swasta, Basu, 1991, Manajemen Pemassaran, Analisa Perilaku Konsumen, Edisi Pertama,
Cetakan Ketiga, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy, 1997, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Penerbit Andi Offset, Jakarta.
, Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Penerbit Andi Offset, Jakarta.
, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Penerbit Andi Offset, Jakarta.
Zeithanil, Valarie A., A. Parasuraman and Berry L. Leonard, 2000, Delivering Quality Service
: Balacing Costoer Perception Expectation, Newyork.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 1970 Ana Fitriyatul Bilgies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).