EVALUASI KINERJA PEGAWAI BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (BPKAD) TAHUN 2022 DI KABUPATEN NGANJUK

Authors

  • Dessy Arik Wahyuningtyas Program Studi Magister Administrasi Publik

DOI:

https://doi.org/10.30737/interaksi.v1i3.5921

Keywords:

Evaluasi, Kinerja, Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja BPKAD Kabupaten Nganjuk di Tahun 2022. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, peneliti berusaha untuk mengevaluasi kinerja dengan menggunakan indikator pengukuruan kinerja dari Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja BPKAD Kabupaten Nganjuk di Tahun 2022 telah baik dan sesuai dengan Peraturan Pemerintah yang berlaku, khususnya Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019. Kinerja BPKAD Kabupaten Nganjuk objektif dan terukur dengan e-kinerja yang dijalankan setiap bulan, akuntabel dengan pengimplementasian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP). Partisipatif ditunjukkan oleh pimpinan yang selalu memberikan kesempatan kepada staf untuk memberikan masukan, saran maupun kritikan dalam setiap rapat dan ransparan dalam berkinerja ditunjukkan dengan komunikasi yang efektif dan terbuka antara pimpinan dan staf dalam pendelegasian dan pelaporan tugas. Faktor pendukung dari kinerja BPKAD Kabupaten Nganjuk adalah sarana dan prasarana yang memadai, banyaknya kegiatan pelatihan dan pengembangan, serta budaya organisasi yang positif. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat kinerja BPKAD Kabupaten Nganjuk adalah pembagian tugas yang belum sesuai dengan latar belakang, pegawai yang belum menguasi IT, dan tingkat kedisiplinan yang masih kurang

References

Basri, S., & Saman, A. (2020). Kinerja Pegawai Pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(1), 71.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Deni, M., Bangsawan, A., Mawarni, I., & Afini, V. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan Departemen Mutu Checker dry PT. Aneka Bumi Pratama (ABP) Palembang. JURNAL EKOBIS Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 53–66.

Dwiyanto, A. (2021). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. UGM PRESS.

Fakhruzy, A. (2020). PERANAN HUKUM PAJAK DALAM UPAYA MEWUJUDKAN TUJUAN NEGARA. Transparansi Hukum, 3(2).

Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Akademi Manajemen Perusahaan YKPN, Yogyakarta.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications.

Sabir, R., Mustanir, A., Yasin, A., & Sofyan, W. (2022). Akuntabilitas pemerintah dalam pengelolaan anggaran dana desa talawe. PRAJA, 10(1), 49–54.

Samsara, L. (2021). Manajemen Kinerja dalam Kerangka Flexible Working Arrangement: Pengalaman dari pelaksanaan WFH, Cascading Target Kinerja Harian. Jejaring Administrasi Publik, 13(1), 1–17.

Herdilah, H., Septiliani, N. A., Septimia, L., & Rodiyah, S. (2023). Paradigma BaruSumber Daya Manusia Dalam Konteks Global. Jurnal Syntax Admiration, 4(1), 60- 83.

Iptian, R., Zamroni, Z., & Efendi, R. (2020). The Effect of Work Discipline and Compensation on Employee Performance. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 145-152.

Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 Tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil.

Rajab, Abdul. 2022. Implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2019 Tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Subulussalam. Tesis. Program Studi Magister Ilmu Administrasi Publik Program Pascasarjana Universitas Medan Area. Medan.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Undang-Undang. (1999). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-pokok Kepegawaian.

Wijaya, D. W. E., & Fauji, D. A. S. (2021). Determinan Kinerja Karyawan Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Nganjuk. Journal of Law, Administration, and Social Science, 1(2), 84-94.

PlumX Metrics

Published

2024-08-30